宇宙海賊の日記

April 13, 2011

仮面ライダーW RETURNS: 仮面ライダーアクセル -a review-

仮面ライダーW RETURNS: 仮面ライダーアクセルMengikuti jejak kesuksesan Samurai Sentai Shinkenger yang memperoleh sebuah V-Cinema pada tahun 2010, beberapa bulan setelah seri televisinya selesai ditayangkan oleh TV Asahi, giliran Kamen Rider W yang mendapatkan kesempatan untuk dibuatkan V-Cinema-nya. Tidak tanggung-tanggung, “Kamen Rider W” memperoleh jatah 2 judul V-Cinema sekaligus. Untuk pertama kalinya, seri Heisei Kamen Rider dibuatkan V-Cinema yang hanya dirilis dalam format DVD dan Blu-Ray. V-Cinema “Kamen Rider W RETURNS” dibuat untuk merayakan ulang tahun seri Kamen Rider yang ke-40 yang kebetulan jatuh pada tahun 2011 ini. Kedua V-Cinema ini merupakan spin-off dari versi layar kaca dan layar lebar yang telah ditayangkan dan diputar tahun kemarin.

V-Cinema yang pertama berjudul “Kamen Rider W RETURNS: Kamen Rider Accel”. Sesuai dengan judulnya, V-Cinema pertama ini akan berfokus pada karakter Kamen Rider Accel. DVD dan Blu-Ray untuk V-Cinema ini akan beredar pada tanggal 21 April 2011 sedangkan versi rental-nya sudah bisa disewa sejak tanggal 8 April 2011. V-Cinema kedua, “Kamen Rider W RETURNS: Kamen Rider Eternal“, rencananya akan diedarkan bulan Juli mendatang.

“Kamen Rider W RETURNS: Kamen Rider Accel” merupakan sekuel langsung dari film layar lebar, “仮面ライダー×仮面ライダー オーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE” (Kamen Rider x Kamen Rider OOO & Double feat. Skull MOVIE Taisen CORE), yang diputar pada bulan Desember 2010. Dalam video ini, kita akan memperoleh kesempatan untuk melihat bagaimana kehidupan Terui Ryu (diperankan oleh Kinomoto Minehiro) dan Narumi Akiko (diperankan oleh Yamamoto Hikaru) setelah mereka menikah.

Kisah dibuka dengan aksi pencopetan yang dilakukan oleh sekelompok pencopet di kota Fuuto. Para pencopet yang terdiri dari empat orang – yang masing-masing berperan sebagai Eye yang menentukan target, Mouth yang memulai kontak fisik dan verbal dengan korban dan sekaligus memecahkan perhatian korban, Hand yang melakukan pencopetan, dan Leg yang menerima barang dari Hand dan kabur – tersebut tertangkap tangan sedang melakukan pencopetan oleh Terui Ryu yang sedang berpatroli. Keempatnya kabur. Akan tetapi, mereka dihadang oleh sekelompok tentara bertopeng yang langsung menyerang mereka. Eye dan Mouth tewas sedangkan Leg kabur. Tinggal Hand yang bersiap-siap menunggu dihabisi oleh para tentara bertopeng. Akan tetapi, Ryu muncul dan berubah wujud menjadi Kamen Rider Accel. Accel mengalahkan semua tentara bertopeng namun Hand melarikan diri setelah sebelumnya berkata kalau semua polisi adalah pembunuh. Apa maksud kata-kata Hand?

Keesokan harinya, Ryu – yang sedang menikmati hari libur bersama istrinya, Akiko – mendapat panggilan mendadak. Setibanya ia di kantor polisi Fuuto, ia dihadapkan pada beberapa orang polisi yang bermaksud menemukan kelompok pencopet yang kabur dari Ryu. Bersama dengan salah seorang polisi bernama Ohno Yukihiro, Ryu berhasil menemukan Katsuragi Aoi (Hand, diperankan oleh Taki Yukari). Aoi berusaha kabur namun Ryu berhasil menangkap dan memborgolnya. Aoi pun menggunakan daya tariknya dan meminta Ryu untuk melepaskannya. Usahanya, tentu saja, gagal. Pada saat itulah, Aoi diam-diam mengambil Accel Memory milik Ryu dari balik jaketnya. Pasukan tentara bertopeng kembali muncul di hadapan Ryu dan Aoi. Tanpa Accel Memory, Ryu tidak dapat berubah wujud. Ia dan Aoi terpaksa kabur. Setelah berusaha keras untuk lolos dari sergapan tentara bertopeng, mereka kini dihadang oleh Commander Dopant yang memimpin pasukan One Dopant Army yang berwujud tentara bertopeng. Commander Dopant menembak Jinno Mikio, bawahan Ryu, yang muncul di tempat tersebut dengan menggunakan pistol Ryu. Setelah itu, ia meletakkan sebuah bom di tubuh Aoi. Rupanya, Aoi pernah mencopet sesuatu dari Commander Dopant dan ia ingin agar benda tersebut dikembalikan kepadanya. Bom diatur untuk meledak 2 jam kemudian. Sial bagi Ryu, Ohno melihat Jinno yang tumbang bersimbah darah setelah Commander Dopant pergi. Pada saat bersamaan, Ryu curiga kalau Ohno adalah Commander Dopant karena kemunculannya di sana persis setelah Commander Dopant pergi.

Berita pelarian Ryu dan Aoi membuat Akiko, Shoutarou (diperankan oleh Kiriyama Renn), dan Philip (diperankan oleh Suda Masaki) kaget. Akiko terpukul, apalagi ketika melihat Ryu kabur bersama seorang wanita cantik. Ia pun mulai berpikir untuk menceraikan Ryu.

Aoi berusaha menemukan benda yang dicopetnya dari wujud manusia Commander Dopant. Sial bagi Aoi, benda tersebut telah diserahkan oleh Leg kepada seseorang yang mengatur gerak-gerik mereka. Tidak ada cara lain bagi Ryu dan Aoi untuk mendapatkan kembali benda tersebut selain dengan menggunakan kekerasan. Rupanya, benda yang diincar oleh Commander Dopant tersebut adalah sebuah alat yang disebut Gaia Memory Enhancement Adapter atau ガイアメモリ強化アダプター(Gaia Memory Kyouka Adaptor) yang dapat meningkatkan kekuatan Gaia Memory sampai tiga kali lipat. Setelah memperoleh Gaia Memory Enhancement Adapter tersebut, Ryu dan Aoi pergi ke tempat yang telah ditunjukkan oleh Commander Dopant. Dua orang polisi, Ohno Yukihiro dan atasannya, Sagami Hiroshi (diperankan oleh Tanaka Minoru), muncul di sana. Rahasia tentang siapa Commander Dopant pun terkuak setelah Aoi menyadari kalau salah satu dari kedua orang polisi tersebut adalah pembunuh ayahnya yang juga seorang pencopet. Siapakah sebenarnya Commander Dopant? Kenapa ia memutuskan untuk menjadi Commander Dopant dan menyerang para penjahat? Bagaimanakah pula akhir dari hari yang panjang bagi Ryu ini? Dapatkah ia mempertahankan pernikahannya dengan Akiko dan sekaligus menyelamatkan Akiko yang ditawan oleh Commander Dopant?

Dengan durasi yang mencapai hampir 70 menit (atau setara dengan 3 episode seri televisi), cerita dalam V-Cinema ini mengalir dengan lancar dan cepat serta penuh dengan aksi individual Ryu. Berbekal pengalaman menjadi sutradara dan sutradara aksi seri Power Rangers selama bertahun-tahun di Amerika, sutradara Sakamoto Kouichi memasukkan cukup banyak porsi adegan perkelahian tangan kosong dalam V-Cinema ini. Saking banyaknya porsi perkelahian tangan kosong dalam V-Cinema ini sempat membuat saya mengernyitkan kening… kok rasanya seperti nonton film kung-fu atau film bela diri instead of a Kamen Rider series ya? Saya menangkap kesan yang sama ketika menonton Kaizoku Sentai Gokaiger episode 5 beberapa minggu yang lalu. Rupanya, Sakamoto Kouichi punya kecenderungan untuk memasukkan lebih banyak adegan aksi ala Amerika dalam episode-episode serta film dan video yang disutradarainya. Not a bad thing, though, asalkan porsinya jangan berlebihan. Setidaknya dalam V-Cinema ini porsinya pas, tidak kurang dan tidak juga lebih. Untuk fans yang menggemari adegan-adegan perkelahian dan pertempuran, video ini tampaknya cocok untuk dinikmati… yah, meski adegan pertempuran di bagian penutup ceritanya malah terkesan terlalu singkat buat saya.

Seperti biasa, cerita yang ditulis oleh penulis skenario Hasegawa Keiichi juga cukup enak untuk diikuti meski bagian tentang siapa sebenarnya Commander Dopant cukup mudah untuk ditebak. Saya masih lebih suka dengan skenario “Kamen Rider W” episode 11 dan 12 tentang Virus Dopant yang ditulis oleh Hasegawa Keiichi karena kedua episode tersebut memiliki faktor kejutan yang lebih besar. Untuk V-Cinema ini, maaf sekali, faktor kejutannya hampir tidak ada. Untungnya masih tertolong oleh faktor cerita yang enak diikuti.

Dan rasanya tidak ada video atau film lebar Kamen Rider tanpa form baru untuk karakter utama. Dalam V-Cinema ini, Kamen Rider Accel menggunakan Gaia Memory Enhancement Adapter untuk berubah wujud menjadi Kamen Rider Accel Booster yang berwarna dominan kuning emas dan memiliki booster di bagian punggung yang memberikan kemampuan kepada Accel Booster untuk terbang. Jujur, saya bukan penggemar ide Kamen Rider yang bisa terbang, tapi keberadaan booster tersebut membuat ide flying Kamen Rider ini jadi lebih acceptable untuk saya.

Image song Kamen Rider Accel, Leave all Behind, yang dibawakan oleh Wilma-Sidr digunakan sebagai lagu pembuka video ini. Potongan klipnya diambil dari berbagai adegan yang ada di seri televisi plus beberapa adegan baru. Pilihan yang bagus, mengingat “Leave all Behind” termasuk jarang dipakai di seri televisinya dulu. Ini jadi seperti ‘penebusan dosa’ deh buat saya.😛

Sebagai seseorang yang sudah menanti-nantikan rilisnya V-Cinema ini, saya harus mengatakan kalau saya cukup puas menyaksikan V-Cinema pertama untuk “Kamen Rider W” ini. Terlepas dari berbagai faktor yang menjadi kelemahan minor, saya masih tetap menikmati film ini. Mungkin tidak berlebihan kalau saya memberikan skor 8/10 untuk video ini.

PS: Ada yang bisa menjelaskan kenapa Commander Dopant masih tetap di wujud setelah ia menggunakan Gaia Memory Enhancement Adapter meski alat tersebut sudah berpindah tangan ke Accel dan digunakan untuk berubah wujud menjadi Accel Booster?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: