宇宙海賊の日記

May 13, 2011

電磁戦隊メガレンジャーVSカーレンジャー – review –

V-Cinema: Denji Sentai Megaranger vs Carranger
Tanggal edar: 13 Maret 1998
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Tasaki Ryuuta
Musik: Oku Keiichi dan Sahashi Toshihiko

“Denji Sentai Megaranger vs Carranger” merupakan V-Cinema ketiga yang dirilis untuk seri Super Sentai. Seperti yang sudah ditunjukkan oleh judulnya, V-Cinema ini mempertemukan Megaranger dengan Carranger.

Kisah dibuka dengan kemunculan sebuah benda misterius yang berbentuk seperti kulit kerang tertutup di ruang angkasa. Benda tersebut datang ke bumi dan kisah selanjutnya sudah bisa ditebak. Di dalam kulit kerang tersebut terdapat sesosok uchuu yousei yang berbentuk (boneka) naga kecil bernama Picot yang dapat mengabulkan 5 permintaan untuk setiap planet yang disinggahinya. Kedatangan Picot di bumi rupanya diikuti oleh Helmedor.

Helmedor, yang berasal dari Uchuu Bousouzoku, bermaksud membuat sebuah lintasan balapan sepeda motor jagat raya dengan menggunakan kekuatan Picot. Karena Picot pertama kali ditemukan oleh Megaranger, rebut-rebutan pun terjadi. Picot pun ‘dipaksa’ untuk mengabulkan 4 keinginan dari berbagai pihak yang mengetahui maupun tidak mengetahui kekuatan yang dimilikinya. Ketika hanya tinggal 1 permintaan terakhir yang tersisa, siapakah yang akan mengucapkan permintaan terakhirnya? Megaranger yang ingin ikut berfoto dalam album kelulusan di sekolah mereka, Carranger yang ingin mewujudkan sebuah kendaraan yang bisa melintasi jagat raya demi menemui teman-teman mereka yang tersebar di berbagai penjuru galaksi, Helmedor, atau malah Nejirejia yang ikut-ikutan memburu Picot setelah mengetahui kekuatannya? (Dan jelas, ini sangat gampang ditebak kok.)

V-Cinema ini, jujur, tidak terlalu istimewa dan memberikan kesan yang mendalam untuk saya, meski ceritanya bisa dianggap cukup menghibur. Mungkin karena saya sudah terbiasa menonton V-Cinema yang diproduksi belakangan yang memiliki plot yang lebih bombastis serta kejutan yang lebih wah, V-Cinema yang satu ini jadi terkesan rada datar. Satu-satunya ‘tambahan’ yang ada hanyalah Mega Tector yang digunakan oleh Megaranger. Sisanya tidak berbeda dengan apa yang sudah ditampilkan di seri televisi. Bahkan untuk adegan-adegan pertempuran yang seharusnya dibuat lebih istimewa dibandingkan biasanya pun terkesan datar dan tak jauh berbeda dengan seri televisi. Ini sungguh mengecewakan.

Hanya ada beberapa kejutan dan kegilaan kecil yang bisa ditemukan dalam V-Cinema ini, di antaranya adalah kemunculan para Carranger dalam balutan seragam sekolah… yang sungguh merupakan bencana. Sungguh nggak pantas banget mereka mengenakan seragam anak SMA. Lalu, ada pula cameo kotak bekal yang berasal dari Kitchen Gainamo milik Souchou Gainamo yang dulunya merupakan musuh Carranger (dan pada akhir ceritanya malah bertobat dan meneruskan usaha restoran yang dibukanya). Selain itu, yang sedikit istimewa, adalah digunakannya lagu pembuka “Denji Sentai Megaranger” versi bahasa Inggris pada bagian pertempuran terakhir. Ini sedikit mengejutkan untuk saya.

Secara pribadi, saya sangat bersyukur durasi V-Cinema ini hanya sekitar 46 menit saja. Nggak tahu deh apa yang akan terjadi kalau durasinya 2 kali lipat angka itu. Mungkin saya akan menyaksikannya sambil terkantuk-kantuk. Jelas ini bukan merupakan V-Cinema yang saya rekomendasikan untuk ditonton berkali-kali. You watch it once and then you forget it. As simple as that. Dan kalau saya ‘dipaksa’ untuk memberikan skor untuk V-Cinema ini, saya rasa saya hanya rela memberikan sebuah B- saja.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: