宇宙海賊の日記

May 16, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第13話 道を教えて – review –

Episode 13 “Michi wo Oshiete” (道を教えて)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Sakamoto Taro

Satu lagi episode filler sebelum kelima orang bajak laut memperoleh kekuatan maha besar pasukan Super Sentai pendahulu mereka. Kali ini, giliran Ahim yang menjadi sorotan.

Akhir-akhir ini, Ahim sering turun seorang diri ke kota untuk berjalan-jalan. Pada suatu hari, pada saat ia sedang berjalan-jalan, ia bertemu dengan seorang pria yang menanyakan jalan kepadanya. Dengan senang hati, Ahim bersedia menunjukkan jalan. Sayangnya, pria tersebut rupanya bermaksud menculik Ahim untuk memperoleh uang tebusan. Situasi yang sempat tegang langsung cair begitu Ahim tahu kalau senjata yang digunakan sang penculik adalah pistol mainan. Setelah mendengar kisah dari si penculik, hati Ahim pun luluh. Ia menghubungi rekan-rekannya dan berpura-pura diculik agar sang penculik bisa memperoleh uang tebusan. Gilanya, uang tebusan yang diminta Ahim 10 kali lipat dari yang diminta sang penculik! Marvelous dan yang lainnya mengira kalau Ahim benar-benar diculik. Dari bagian ini saja, sudah terbaca kalau cerita episode ini bakalan jadi cerita komedi. Hanya saja kadar kehancurannya masih belum terasa.

Di lain pihak, Zangyack mendeteksi jatuhnya mineral Puwazooru di bumi. Konon, mineral tersebut adalah mineral berbahaya yang bisa menjadi racun bagi manusia. Zangyack ingin menggunakannya untuk menguasai bumi. Zaggai diutus untuk mengambil Puwazooru yang – ini jelas faktor kebetulan yang amat dipaksakan – ternyata dipungut oleh penculik Ahim.

Zaggai berhasil menemukan Ahim dan penculiknya namun keduanya berhasil lolos. Serangan Zaggai menyebabkan kalung Ahim putus dan jatuh di dalam gudang. Marvelous dan yang lainnya tiba di gudang tersebut dan menemukan kalung itu. Mereka jadi semakin yakin kalau Zangyack yang berada di balik penculikan Ahim. Kesalahpahaman ini menjadi semakin panjang dan panjang ketika Gokaiger berhasil menemukan Zaggai yang hendak menyerang Ahim dan penculiknya. Tak punya pilihan lain, Ahim terpaksa meneruskan kebohongannya. Akibatnya, Zaggai dan pasukannya dijadikan bulan-bulanan oleh Gokaiger.

Tadinya saya sempat berharap kalau Zaggai bisa membantu mengurangi kadar komedi dalam episode ini, tapi nggak tahunya Zaggai malah membuat kesalahpahaman semakin menjadi-jadi karena… ia tidak bisa membela diri. Salahkan Marvelous yang terlalu berdarah panas dan tidak memberikan Zaggai kesempatan untuk menjelaskan apa yang terjadi!

Secara keseluruhan, episode ini adalah episode yang biasa-biasa saja. Tidak jelek dan tidak juga bagus. Tapi saya cukup menikmati episode ini. Oh, bukan karena faktor Ahim maupun faktor komedinya, melainkan karena faktor Marvelous. Sumpah mati, adegan-adegan bagian Marvelous di episode ini terasa luar biasa. Apalagi ketika dia mendesak salah satu Gormin ke tembok dengan kakinya sambil menodongkan senjata di wajah si Gormin malang dan menyeringai. Oh my God, Marvelous, you have captured my heart in an instant!😄 Mungkin lebih tepatnya bisa dikatakan kalau episode ini ‘tertolong’ berkat kecakepan Marvelous. *subjektif, tentu saja*

Sayang, hanya ada satu perubahan wujud kolektif kelima orang bajak laut menjadi tim Super Sentai pendahulu mereka. Kali ini, (lagi-lagi) mereka berubah wujud menjadi Gingaman. Episode ini akhirnya ditutup dengan sebuah anti-klimaks. Don memberitahu semuanya kalau Puwazooru bukanlah mineral yang berbahaya kalau sampai bereaksi dengan air laut. Dia melemparkan mineral tersebut ke air laut dan masalah terselesaikan. Hanya begitu saja. *langsung cengo secengo-cengonya* Busyet dah… untungnya adegan pengejaran Puwazooru-nya tidak dibuat lebay banget. Rasanya jadi tidak sabar menunggu episode 14 yang bakal menampilkan Jinnai Kyosuke dari Gekisou Sentai Carranger. Setidaknya, itu bukan episode filler.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: