宇宙海賊の日記

May 17, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第10話 トランプ勝負 – review –

Episode 10 “Trump Shoubu” (トランプ勝負)
Skenario: Shimoyama Kento
Sutradara: Katou Hiroyuki

Satu lagi episode filler sebelum memasuki bagian pencarian atas kekuatan dari tim Super Sentai pendahulu kelima orang bajak laut ruang angkasa. Kali ini, dua karakter yang mendapat sorotan utama adalah Joe dan Luka.

Kelima orang bajak laut sedang menikmati saat-saat tenang mereka dengan bermain kartu di Gokai Galleon. Pada saat itu, pasukan kapal tempur Zangyack muncul. Gokaiger pun terlibat dalam pertempuran menghadapi pasukan tersebut dengan menggunakan Magi Gokai-Ou. Di tengah pertempuran, Joe menyadari keberadaan sebuah kapal tempur berwarna hijau di tengah-tengah kumpulan kapal tempur Zangyack. Ia meminta rekan-rekannya untuk menghentikan serangan. Kapal tempur berwarna hijau tersebut adalah bagian dari armada kapal penghancur Zangyack yang dipersenjatai dengan meriam Gigarolium yang kekuatannya konon dapat menghancurkan sebuah planet.

Joe dan Luka menyusup ke dalam kapal tersebut dengan berubah wujud menjadi Bouken Blue dan Bouken Yellow namun ‘tertangkap basah’ oleh pasukan Sugormin. Keduanya ‘dipaksa’ untuk ikut dalam permainan kartu yang diadakan di kapal tersebut. Dengan menggunakan cara curang, Luka berhasil mengalahkan semua lawan sampai kecurangannya dibongkar oleh Kodou-taichou, Yokubareed. Yokubareed berjanji akan melepaskan Joe dan Luka asalkan mereka bisa mengalahkan dirinya dalam permainan kartu. Akan tetapi, Yokubareed terang-terangan menggunakan cara curang untuk mengalahkan Joe. Berkat kecerdikan Luka, Yokubareed berhasil dikalahkan. Sayang, Yokubareed mengingkari janjinya. Ia menyuruh pasukannya untuk menghabisi keduanya.

Pada saat bersamaan, Marvelous, Don, dan Ahim muncul. Rupanya, Joe dan Luka hanya berperan sebagai umpan saja. Marvelous dan dua orang lainnya yang datang untuk mencuri Gigarolium. Dengan menggunakan cara curang, Luka sengaja mengumpulkan semua pasukan yang ada di kapal di tempat perjudian sehingga ketiganya bisa beraksi dengan tenang. Rencana berjalan lancar. Gigarolium berhasil direbut dan Gokaiger berhasil mengalahkan Yokubareed serta meledakkan kapal tempur berwarna hijau dengan menggunakan bom yang dipasang oleh Don.

Dari episode filler ini, ada beberapa fakta yang bisa diketahui. Satu, Marvelous mungkin adalah salah satu pemimpin tim Super Sentai terkeren (IMO, of course) tapi dia lemah dalam urusan permainan kartu. Tak sekalipun dia menang dalam permainan kartu menghadapi kru-krunya. Adegan terperangahnya Marvelous setiap kali melihat kartu teman-temannya = so priceless.

Kedua, Luka mungkin bisa dinobatkan sebagai salah satu karakter wanita tercerdik (atau tercurang?) dalam sejarah seri Super Sentai. Dia tipe karakter yang siap untuk menipu siapa saja demi mendapatkan sesuatu, termasuk rekannya sendiri. Seperti apa yang sudah dikatakan Joe, bahkan ia pun tidak dapat mengalahkan Luka dalam permainan kartu kalau Luka sudah serius.

Card vs card. Yokubareed menyerang dengan menggunakan kartu dan sebagai tandingannya, Gokaiger berubah menjadi J.A.K.Q. Dengekitai untuk menghadapinya. Meski serangan dari J.A.K.Q. Dengekitai tidak berwujud serangan kartu, tetapi motif dari tim ini adalah kartu. Hmmm… mungkin hanya dipakai untuk menegaskan kalau kartu itu harus dilawan dengan kartu? Entahlah…

Bukan episode yang luar biasa, tapi cukup menghibur dan sekaligus memberikan gambaran lebih jauh tentang para bajak laut. Ya itu, tentang Marvelous yang selalu mati kutu kalau bermain kartu meski pada awalnya ia selalu menyangka kalau kartunya yang paling bagus. Poor Marvelous.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: