宇宙海賊の日記

May 19, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第9話 獅子、走る – review –

Episode 9 “Shishi, kakeru” (獅子、走る)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Katou Hiroyuki

Satu lagi episode yang ‘digunakan’ sebagai tribute episode. Kali ini, giliran Hyakujuu Sentai Gaoranger (2001) yang menjadi sorotan.

Melanjutkan cerita dari episode 8, Gokaiger melakukan pencarian atas sebuah pulau yang – konon – terapung di udara. Setelah beberapa kali memutari bumi (dan berkat jasa Ahim yang menyadari keberadaan sebuah awan aneh yang tidak berpindah tempat), Gokaiger akhirnya berhasil menemukan Tenkuujima. Akan tetapi, keberadaan pulau tersebut juga terdeteksi oleh Zangyack yang kini telah mengetahui maksud kemunculan para bajak laut luar angkasa di bumi.

Kedua belah pihak sama-sama mendarat di Tenkuujima dan bersiap-siap memperebutkan kekuatan besar yang ada di sana. Pertempuran antara kedua belah pihak tak terelakkan. Di tengah-tengah pertempuran, Gao Lion muncul dan melemparkan Gokaiger dan pasukan Zangyack yang dipimpin oleh Kodou-taichou, Bowser, keluar dari Tenkuujima.

Gokaiger berhasil mendarat dengan selamat di bumi meski kaki Ahim terluka karena serangan Bowser. Di bumi, mereka bertemu dengan Shishi Kakeru, seorang dokter hewan. Kakeru berkata kalau Gokaiger tidak akan bisa memperoleh kekuatan dari Gao Lion. Marvelous, Joe, dan Luka tidak ambil pusing dengan hal tersebut. Sebagai bajak laut, mereka akan mendapatkan apa yang ingin mereka dapatkan, tak peduli apapun pendapat orang tentang mereka.

Kakeru menawarkan diri untuk merawat kaki Ahim. Setelah Kakeru membuka jati dirinya sebagai Gao Red, Don memohon kepada Takeru agar mereka diizinkan meminjam kekuatan Gao Lion. Sayangnya, menurut Kakeru, hanya Gao Lion sendiri yang bisa memutuskan hal tersebut. Don dan Ahim pun ‘mati-matian’ membela Marvelous dan yang lainnya di hadapan Kakeru.

Pada saat bersamaan, Bowser muncul di kota dengan membawa misi baru. Marvelous, Joe, dan Luka segera terlibat dalam pertarungan melawan pasukan Zangyack. Kali ini, dengan mata kepala sendiri, Kakeru melihat bagaimana ketiganya bertarung demi melindungi penduduk kota meski dengan cara yang ‘kasar’.

Gao Lion akhirnya memutuskan untuk menjadi kekuatan baru bagi Gokaiger sehingga mereka dapat menggabungkan Gao Lion dengan Gokai-Ou untuk membentuk Gao Gokai-Ou.

Kesan saya terhadap episode ini bisa dikatakan tidak terlalu mendalam. Entah kenapa, kesan tribute episode-nya tidak sekuat episode 3 dan 5. Tapi ada beberapa hal yang membuat episode 9 ini cukup menarik. Pertama, pertempuran antara Gokaiger dengan pasukan Zangyack di Tenkuujima. Kelimanya berubah wujud menjadi Kousoku Sentai Turboranger dan menyerang dengan menggunakan salah satu signature attack dari Turboranger, Combination Attack. Combination Attack ala Gokaiger ini lebih ‘garang’ dan ‘meyakinkan’ ketimbang versi aslinya meski kaki Don gemetaran waktu harus menopang Ahim dan Luka di atas bahunya. *LOL*

Kedua, Gokaiger berubah wujud menjadi Chojin Sentai Jetman pada waktu mereka jatuh dari Tenkuujima. Pilihan yang bagus untuk menyelamatkan diri. Hanya saja, jujur, adegan seperti ini sepertinya lebih cocok untuk ‘disimpan’ saja sampai tribute episode untuk Jetman dibuat. Ini hanya pendapat pribadi saja ya.

Ketiga, perubahan wujud Gokaiger menjadi Hyakujuu Sentai Gaoranger dan serangan Haja Hyakujuuken digunakan untuk menyerang Bowser dan Sugormin. Kesan tribute episode terasa paling kental pada saat mereka berubah wujud menjadi Gaoranger dan menggunakan serangan ini. Apalagi BGM yang digunakan adalah BGM ‘berisik’-nya Gaoranger.

Keempat, Gao Gokai-Ou. Formasi baru ini terasa lebih ‘menggigit’ dibandingkan Magi Gokai-Ou yang muncul di episode 3, meski mungkin formasi ini sekilas terasa mengingatkan saya akan Gao Kentaurus yang muncul di seri asli “Hyakujuu Sentai Gaoranger”. Sayang, hissatsu-waza dari Gao Gokai-Ou ini sama sekali tidak menarik. Saya kecewa dengan wujud serangan Gokai Animal Heart ini.😮

Secara keseluruhan, episode ini cukup menghibur meski tidak sebaik ekspektasi awal saya. Kalau mau dikonversi ke skor, mungkin skor yang paling pantas adalah B.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: