宇宙海賊の日記

May 22, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第5話 ジャッジメント・パイレーツ – review –

Episode 5 “JUDGEMENT PIRATES” (ジャッジメント・パイレーツ)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Sakamoto Kouichi

Akhirnya, episode-nya Captain Marvelous. Dan, entah kenapa, saya sudah bisa membaca tanda-tanda kalau review ini bakalan bias… bias banget, malah.

Kali ini, kelima orang bajak laut pergi ke kantor polisi setelah mereka mendengar hasil otakara navigate yang dilakukan Navi. Navi berkata kalau petunjuk berikutnya untuk memperoleh harta karun terbesar di seluruh antariksa ada di kantor polisi. Di kantor polisi, Gokaiger bertemu dengan salah satu polisi ruang angkasa yang terkenal, Reimon Marika, yang datang ke bumi untuk menangkapi para bajak laut. Gara-gara Gokaiger selalu menghalangi upaya Zangyack untuk menguasai bumi, hadiah yang ditawarkan untuk kelimanya melonjak. Dengan polos – atau malah bego? – Marvelous mengikuti kata-kata Marika untuk mengeluarkan tangannya sebagai tanda kunjungan pertama kali ke kantor polisi! Dengan mudah, Marika memborgol tangan Marvelous. Empat orang yang lain segera kabur sementara Marvelous akhirnya berhasil kabur.

Marvelous tertangkap oleh atasan Marika, Doggie Kruger. Mobirates miliknya disita. Di lain pihak, Zangyack berusaha menghancurkan berbagai kota di bawah tanah dengan menggunakan misil bawah tanah. Tempat peluncuran misil bawah tanah – kebetulan sekali – ada di gudang tempat Marvelous dan Doggie berada. Doggie terluka dalam pertempuran menghadapi Kodou-taichou, Buramudo, namun ia kembali lagi untuk bertarung setelah ia dan Marvelous berhasil meloloskan diri. Kali ini, giliran Marvelous menolong Doggie.

Doggie akhirnya melepaskan Marvelous meski, seperti biasa, dengan arogan Marvelous berpesan agar Doggie tidak menyesali keputusan untuk membebaskan dirinya. Ketika waktu yang tersisa tinggal 1 menit, Marvelous muncul di hadapan Buramudo dan berhasil menghentikan peluncuran misil bawah tanah. Selanjutnya, Gokaiger berhasil memperoleh kekuatan maha besar kedua dari Tokusou Sentai Dekaranger dan sekaligus memperoleh formasi baru untuk Gokai-Ou: Deka Gokai-Ou.

Episode 5 berhasil menggabungkan unsur humor ringan dan keseriusan ala “Tokusou Sentai Dekaranger” dengan menarik. Pertama, bagaimana Marvelous dengan polosnya menyerahkan tangannya untuk diborgol Marika. Bagian ini menggelikan. Apalagi ekspresi bingung Marvelous ketika bertanya, “Apa ini?”. Priceless!

Kedua, seigi atau keadilan. Meski ada ‘keadilan’ dalam versi yang berbeda antara Doggie sebagai anggota kepolisian dan Marvelous sebagai seorang bajak laut, Doggie melihat adanya ‘keadilan’ di dalam diri Marvelous meski ‘keadilan’ tersebut adalah demi mempertahankan harga diri bajak laut. Selain itu, mungkin juga Doggie bisa melihat kesungguhan Marvelous dalam menghadapi Zangyack.

Ketiga, guest characters. Kali ini, Arakawa Naruhisa membawa kembali 3 karakter dari “Tokusou Sentai Dekaranger” ke Gokaiger. Ada Reimon ‘Jasmine‘ Marika, Doggie Kruger, dan Akaza ‘Ban’ Banban. Sejauh ini, inilah episode yang paling banyak memunculkan kembali karakter dari seri pendahulu. Kontinuitas cerita tetap terjaga dengan kemunculan ketiga karakter tersebut.

Karena episode 5 disutradarai oleh oh-you-know-who Sakamoto Kouichi, adegan pertarungan pun dibuat dengan apik. Pertempuran Gokai Red melawan pasukan Zangyack di dalam gudang sebelum misil bawah tanah diluncurkan = epic. Baru sekali ini saya melihat cara bertarung yang liar dari seorang Marvelous.
Selain menggarap adegan pertempuran dalam ‘ukuran manusia’ yang menarik, adegan pertempuran melawan Buramudo raksasa juga dibuat berbeda. Dengan adanya kemajuan teknologi, adegan pertempuran ‘raksasa’ digarap secara lebih baik. Lebih menarik lagi, pertempuran di tengah kota di malam hari. Efek lampu mobil polisi dari Pat Striker jadi terasa lebih dramatis di tengah gelapnya malam.

Sampai akhir pun, ekspresinya Marvelous tetap oh-so-gorgeous. Bagi saya, ini adalah salah satu episode tribute terbaik yang sudah dibuat sampai sejauh ini. Biased? Of course, I am 200% biased thanks to Captain Marvelous. Susah untuk objektif kalau sudah masuk ke episode tentang Captain Marvelous. *jujur*

Skor saya untuk episode ini: A.

PS: Oh, dan rupanya pihak TOEI berani menambahkan beberapa ‘fitur’ dari seri yang sudah mengalami proses Amerikanisasi (jelas istilah ini tak ada di dalam kamus). Pada saat keempat orang bajak laut bertarung sebagai Go-onger, ada serangan mereka yang tak ada di seri aslinya tapi ada di improvisasi versi Amerika. Tentu saja ini jadi tambahan yang menarik untuk Gokaiger kan?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: