宇宙海賊の日記

May 23, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第14話 いまも交通安全 – review –

Episode 14 “Ima mo Koutsuu Anzen” (いまも交通安全)
Skenario: Urasawa Yoshio
Sutradara: Sakamoto Taro

Saya hanya punya satu pendapat setelah menyaksikan episode 14 ini: sampah sesampah-sampahnya. Benar-benar tidak penting bagi kontinuitas cerita Kaizoku Sentai Gokaiger. Kecewa sih enggak, hanya kepengen menimpuk penulis skenario dan produsernya saja kok. -_-;;;

Jadi, inti ceritanya seperti ini: Zaggai, Kodou-taichou, yang dikalahkan oleh Gokaiger di episode 13 memberikan laporan terakhirnya kepada para atasannya sebelum ia tewas. Menurutnya, pada saat ia hendak menyeberang jalan dan melanggar lampu merah, seorang pria bumi menegurnya. Setelah melihat tampang si pria bumi – yang, pastinya KEBETULAN SAJA, ternyata adalah Jinnai Kyousuke dari Gekisou Sentai CarrangerInsarn, mad scientist-nya Zangyack malah jatuh cinta. Halah, selera rendah banget, Mbak. Itu lebih cocok disebut saru-otoko. Cakepan juga si Marvelous kemana-mana.

Kesengsem berat dengan tampang jelek itu (maaf, tak bisa berhenti mencela), Insarn memerintahkan sahabatnya sejak kecil, Jealoushitto, untuk menangkap Kyousuke. Di lain pihak, pada saat kelima orang bajak laut sedang tidur siang (bersama Navi – oh, jadi burung robot juga bisa bermimpi ya?), mereka dibangunkan oleh hasil otakara navigate dadakan dari Navi. Isinya kurang lebih “patuhilah aturan lalu-lintas”. Nah lho, sudah tercium aroma gejenya kan?

Jadi, kelima orang bajak laut (yang polos dan bego) itu turun ke bumi dan mencoba melakukan hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan berlalu-lintas. Akhirnya, mereka bertemu dengan Kyousuke yang dikejar-kejar Jealoushitto dan pasukan Gormin. Setelah melihat kelima orang bajak laut bertarung dalam wujud Gokaiger, Kyousuke menemukan ide untuk mengeksploitasi (buset, bahasanya canggih booooo…) kelimanya demi mengajarkan keselamatan berlalu-lintas kepada anak-anak. Tadinya, ia menggunakan cara yang amat sangat tradisional dan membosankan untuk mengajari anak-anak tapi gagal total. Untuk itu, ia menyogok kelimanya dengan minuman. Selain itu, ia juga memberitahu mereka kalau ia akan memberitahukan rahasia kekuatan maha besar Carranger kepada mereka asalkan mereka mau membantunya.

Mendengar kata ‘syarat’ tersebut, kelimanya kontan kabur dan berkata kalau mereka lebih memilih mencari anggota Carranger yang lain. Malang bagi Don – halah, sebenarnya juga nggak perlu dikasihani, soalnya dia bingung sendiri mau lari ke kanan atau kiri dan berdiri lamaaaaaaaaaaaa banget di tempat, makanya bisa tertangkap Kyousuke – dia ‘tertangkap’ Kyousuke. Pada waktu itulah, Jealoushitto yang cemburu setelah tahu Insarn jatuh cinta pada Kyousuke muncul dan menyerang Kyousuke. Dengan tak berdosa, Kyousuke menjadikan Don sebagai tameng hidup. So, that’s what you call a former Red Racer, huh?

Insarn akhirnya turun ke bumi untuk menghentikan Jealoushitto tapi situasi malah jadi tambah kacau. Bagaimana nggak kacau kalau Insarn malah berusaha menyelamatkan Kyousuke tapi dengan gerakan ala tarian balet? *cengo* Don malah dibiarkan sibuk sendiri menghindari serangan Jealoushitto.

Adegan super bodoh berikutnya: Insarn membentak kelima orang bajak laut dan menyuruh mereka segera berubah wujud agar bisa menyelamatkan ia dan Kyousuke dari Jealoushitto. Hah? Nggak salah tuh? Tapi karena episode ini adalah episode parodi, segala hal bisa saja terjadi. Jadi, kelimanya lalu berubah wujud menjadi… Kousoku Sentai Turboranger yang ternyata adalah pilihan salah. Kenapa salah? Karena Kyousuke ingin mereka berubah menjadi Carranger instead of Turboranger. Geje kan? Oh, jelas.

Adegan berikutnya jauh lebih hancur: kelima orang Gokaiger beraksi dengan menggunakan skateboard, sepatu roda, sepeda, dan sepeda roda satu ala pemain sirkus untuk menyerang Jealoushitto. Brilian, adegan yang sungguh bikin terpana. Nggak bisa lebih hancur lagi ya?

Tak lupa pula dimasukkan adegan rada dewasa: Insarn yang mencoba mencium bibir Kyousuke secara paksa. *bengong* Mbak, target penonton kan anak-anak, bukan 13 tahun ke atas. Ditayangkan di Indonesia langsung kena cekal baru tahu rasa loe.

Waruzu Giru yang melihat adegan geje di bumi antara Insarn, Kyousuke, dan Jealoushitto akhirnya bete dan memutuskan untuk mengubah Jealoushitto menjadi monster raksasa tanpa harus dikalahkan terlebih dulu. Masalah selesai di sini dan cerita mengalir sebagaimana mestinya? Oh, tentu saja TIDAK.

Kyousuke malah mengajari Insarn dan Jealoushitto cara untuk mengungkapkan perasaan cinta kedua belah pihak. Akhirnya, terdengarlah seruan “I LOVE YOU” berulang kali yang bikin sakit kepala. Setelah memperoleh ciuman jarak jauh dari Insarn, si Jealoushitto malah mengamuk. Lha, itu semangat menghancurkan atau ngamuk sih?

Demi mempersingkat cerita, akhirnya setelah di-bak-buk-bak-buk, Jealoushitto kalah. Habis itu, dia dilemparkan kembali ke luar angkasa dan menabrak Gigant Horse. Dia lalu menjadi satu-satunya Kodou-taichou yang masih hidup setelah berurusan dengan Gokaiger dan Gokai-Ou. Meski begitu, Insarn berkata kepada Gormin agar pria tak berguna itu dibuang saja.

Dan pada akhirnya, kelima orang bajak laut terpaksa ambil bagian dalam pementasan keselamatan berlalu-lintasnya Kyousuke dan sekaligus sadar kalau kekuatan besar dari Carranger adalah… NOTHING. Just, NOTHING. Dari segala macam upaya keras untuk memperoleh kekuatan dahsyat tim pendahulu mereka, upaya kali ini sia-sia saja. Nggak ada serangan baru yang keren, nggak ada formasi mecha baru… yang ada hanya kekacauan tanpa henti hanya karena selera Mbak Insarn yang jelek.

Pointless episode, pointless story, and even some parts of the music are pointless. Episode ini kalau dibuang dari serinya juga pasti nggak akan mempengaruhi kontinuitas cerita. Nggak ada malah bagus deh, menyelamatkan seri ini dari kehancuran yang nggak perlu. Halah…
Dan kasihan Sakurai Takahiro, direkrut hanya untuk menyuarakan Jealoushitto yang geje dan nyaris nggak bisa apa-apa.

My score for this dumb episode: D-

PS: Jadi tak sabar menunggu kemunculan Vasco di episode 15. Jangan kecewakan saya lagi ya, TOEI.😛

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: