宇宙海賊の日記

May 24, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第4話 何のための仲間 – review –

Episode 4 “Nani no Tame no Nakama” (何のための仲間)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Watanabe Katsuya

Seperti halnya episode 3 yang berfokus pada dua karakter: Don Dogoier dan Captain Marvelous, episode 4 berfokus pada karakter Joe Gibken dan Ahim de Famille.

Dalam episode 4 dikisahkan tentang kekalahan Joe dari Kodou-taichou, Zodomas, yang dikirimkan oleh Uchuu Teikoku Zangyack. Setelah kalah dalam pertempuran menghadapi Zodomas, Joe memutuskan untuk berlatih pedang seorang diri di tengah hutan bambu. Ahim, yang merupakan anggota terbaru Gokaiger, masih belum bisa menerima keputusan Joe untuk berlatih seorang diri. Bagi Ahim, apa gunanya rekan bagi Joe kalau dia malah pergi berlatih sendiri dan meninggalkan rekan-rekannya menunggu.

Dibandingkan dengan episode 3 yang seharusnya lebih berfokus pada karakter Don namun ujung-ujungnya jadi tumpang tindih dengan Marvelous – yang, sumpah mati, bikin ide pairing Marvelous x Don muncul ke permukaan dalam sekejap mata (soalnya sampai episode 2 berakhir, sama sekali belum dapat pencerahan langit soal pasangan male x male ini) – fokus episode ini terasa lebih kental. Karakter Ahim tidak ditampilkan secara berlebihan sehingga tidak sampai mengganggu karakterisasi Joe. Tapi ya sudahlah, saya juga nggak akan pernah bilang kalau episode 3 mengecewakan kok. *pasang senyum iblis sejahat-jahatnya*

Selain memperkenalkan karakter Joe Gibken lebih jauh lagi, episode 4 juga semakin menegaskan kepiawaian Joe dalam bertarung dengan menggunakan pedang. Meski terasa berlebihan, cara Joe bertarung dengan menggunakan lima bilah pedang sekaligus di episode ini terasa menarik… hanya saja, dengan memakai logika, bagaimana pula caranya memegang lima pedang di tengah pertempuran nyata? Dua pedang saja sudah repot kok.

Hal-hal lain yang menarik di episode 4 adalah bagian pembuka yang sedikit kocak. Dengan menggunakan berbagai Ranger Key yang mereka miliki, Gokaiger mencoba untuk mengaktifkan kekuatan tim Super Sentai pendahulu mereka. Sayangnya, gagal total. Rupanya mereka memang harus meng-unlock kekuatan tersebut sebelum dapat dipergunakan secara leluasa. Bagian ini terasa heboh karena uji cobanya disaksikan oleh orang-orang yang sudah siap sedia dengan kamera HP. Ealah, sampai segitunya.😛

Trivia lain yang menarik adalah papan neon di pusat perbelanjaan yang dikunjungi oleh Ahim dan Joe. Di papan tersebut dengan sengaja dipasang tulisan-tulisan tentang kedai atau tempat yang sebenarnya berasal dari seri Super Sentai pendahulu seri ini. Mau tahu apa saja mereka?
中華食堂 山海閣:ダイレンジャー
恐竜や:アバレンジャー
Scrtc:ゲキレンジャー
一貫献上 金の寿司:シンケンジャー 源太、遂に!?(´▽`)о
TOMORROW RESEARCH:タイムレンジャー
芋長:カーレンジャー
忍 crepe:カクレンジャー
GAME リリバビタ:メガレンジャー
スナック・ゴン:ゴレンジャー

Restoran Cina “山海閣” berasal dari seri Gosei Sentai Dairanger (1993)
Kyouryuuya berasal dari seri Bakuryuu Sentai Abaranger (2003)
SCRTC berasal dari seri Juuken Sentai Gekiranger (2007)
Ikkan-kenjou Gin no Sushi dari seri Samurai Sentai Shinkenger (2009) – eh, akhirnya Umemori Genta punya kedai sendiri di pusat perbelanjaan?
TOMORROW RESEARCH dari seri Mirai Sentai Timeranger (2000)
Imocho dari seri Gekisou Sentai Carranger (1996)
Nin crepe dari seri Ninja Sentai Kakuranger (1994)
GAME RIRIBABITA dari seri Denji Sentai Megaranger (1997)
Snack Gon dari seri Himitsu Sentai Goranger (1975)

Dengan cara ini, kesan kalau seri Super Sentai dari tahun 1975 sampai 2011 terjadi di dunia yang sama dan bukannya dunia paralel jadi tetap terasa. Cara yang bagus juga untuk referensi ke seri-seri pendahulu.🙂 Sayang, cara yang sama tidak digunakan di seri Kamen Rider Decade yang diproduksi 2 tahun yang lalu.

My score for this episode: A-

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: