宇宙海賊の日記

May 25, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第3話 勇気を魔法に変えて~マージ・マジ・ゴー・ゴーカイ~ – review –

Episode 3 “Yuuki wo Mahou ni Kaete ~Maagi Magi Goo Gokai~” (勇気を魔法に変えて~マージ・マジ・ゴー・ゴーカイ~)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Watanabe Katsuya

Akhirnya, kekuatan maha besar dari salah satu tim Super Sentai pendahulu kelima orang bajak laut berhasil di-unlock di episode ini. Giliran pertama jatuh kepada Mahou Sentai Magiranger (2005). Yang agak mengejutkan, mungkin, adalah fakta kalau Don, yang bisa dikatakan sebagai anggota terlemah Gokaiger, yang memperoleh kesempatan pertama untuk memperoleh kekuatan dari pendahulu mereka.

Gokai Galleon terpaksa mendarat darurat di sebuah pulau tak berpenghuni setelah diserang salah satu kapal tempur Zangyack pada saat mereka sedang terbang menembus kabut. Di pulau tersebut, mereka bertemu dengan pasukan Zangyack yang dipimpin oleh Kodou-taichou, Salamandam, yang diberi tugas untuk menghancurkan bumi dengan membuat gunung-gunung berapi meletus. Serangan Salamandam menyebabkan Gokaiger terpecah menjadi dua kelompok: Don ‘berpasangan’ dengan Captain Marvelous dan Joe, Luka, serta Ahim yang terlempar ke arah lain.

Sementara Joe, Luka, dan Ahim kembali bertempur melawan Salamandam dan pasukannya, Marvelous dan Don bertemu dengan pria muda berjubah hitam yang telah memperhatikan Gokai Galleon di akhir episode 2. Pria muda berjubah hitam tersebut meminta Marvelous dan Don untuk mengejarnya. Marvelous, yang kentara banget berdarah panas dan punya hobi bertualang, memutuskan untuk melakukan pengejaran, diikuti oleh Don yang tak punya pilihan lain selain mengejar sang kapten. Petualangan ala Indiana Jones di dalam hutan belantara dan gua pun dimulai. Ternyata, petualangan di pulau tak berpenghuni tersebut memberikan kekuatan maha besar pertama bagi kelima orang bajak laut.

Tampil sebagai bintang tamu dalam episode 3 ini adalah aktor Hashimoto Atsushi yang pada tahun 2005-2006 memerankan karakter Ozu Kai. Ialah karakter pertama yang muncul dan memberikan ‘bimbingan’ kepada Gokaiger agar mereka dapat memperoleh kekuatan yang konon merupakan harta karun terbesar di seantero antariksa.

Episode 3 berfokus pada karakter Don, ahli komputer dan mesin (dan belakangan baru diketahui kalau ia juga menempati posisi koki) di Gokai Galleon. Dibandingkan rekan-rekannya, Don adalah karakter yang cenderung pacifist dan penakut. Dalam berbagai situasi, ia lebih sering memilih untuk bersembunyi di balik tubuh Marvelous, Joe, ataupun Luka. (Dan sejauh ini, sepertinya hanya Marvelous saja yang tidak terlalu keberatan dengan kebiasaan Don… kalau Joe dan Luka malah tidak akan segan-segan untuk menyodok perut Don pada saat ia sedang bersembunyi di balik tubuh mereka, terutama Luka.)
Sifat rada pesimis dan penakut Don digambarkan jelas ketika Marvelous memutuskan untuk mengejar Kai. Don menghentikan Marvelous dan berkata kalau mereka sebaiknya tidak mengejarnya karena mereka tidak tahu siapa dia. Apa yang dilakukan Marvelous? Hanya tersenyum manis dan langsung berlari meninggalkan Don…😛

Meski terlihat payah dan tak bisa diandalkan, Don adalah tipe yang bisa berbuat nekad senekad-nekadnya (sesuai dengan ukuran keberanian dirinya, tentu saja) kalau ia dihadapkan pada situasi yang mengancam keselamatan teman-temannya. Terbukti ketika Marvelous terpaksa bergelantungan dengan pedangnya pada dinding tebing setelah diserang oleh Salamandam yang muncul mendadak dan sebuah batu besar siap jatuh untuk menimpanya, Don nekad menggunakan sebuah bambu untuk melakukan lompatan demi melepaskan tembakan ke arah batu tersebut. Bukannya menuruti perintah sang kapten untuk ‘menangkap’ Kai, ia maalh memilih menyelamatkan Marvelous. Dan berkat ‘keberanian’ yang ditunjukkannya, kelima orang bajak laut berhak memperoleh kekuatan sihir dari Mahou Sentai Magiranger.

Konsep tentang kekuatan tim Super Sentai pendahulu Gokaiger pun menjadi sedikit jelas setelah menyaksikan episode 3. Kelima orang bajak laut bisa saja berubah menjadi tim Super Sentai yang kekuatannya belum mereka unlock di tengah pertempuran, namun mereka tidak bisa menggunakan serangannya secara maksimal. Wujud serangan setelah mereka meng-unlock kekuatan tersebut bisa berbeda dengan wujud dari serangan versi aslinya. Selain itu, terkadang masih ada ‘bonus’ berupa upgrade pada Gokai-Ou.

Kali ini, setelah berhasil meng-unlock kekuatan Magiranger, Gokaiger dapat menggabungkan Magi Dragon dengan Gokai-Ou untuk membentuk Magi Gokai-Ou. Selain jadi memiliki serangan berkekuatan sihir, Magi Gokai-Ou juga dapat terbang.

Episode 3, jujur, berhasil memberikan gambaran tentang kisah episode-episode yang akan datang ketika Gokaiger berhasil meng-unlock kekuatan besar lainnya. Dan selain berhasil menjawab rasa penasaran saya tentang bagaimana cara dan bagaimana pula hasil proses unlock kekuatan Super Sentai lainnya, episode ini juga sukses melahirkan pairing male x male *pura-pura batuk* Marvelous x Don buat saya. *jujur sejujur-jujurnya* Adegan Don tersenyum di hadapan Marvelous waktu mereka berada di tengah pengejaran atas Kai… yaelah, omaigat, so gay. Cukup satu adegan itu dan ide fanfic pun berhamburan keluar. Dan chemistry-chemistry tak penting di antara keduanya pun mendadak jadi terasa luar biasa setelah adegan tersebut diperlihatkan. Ya ya ya, me and my dirty mind…

My score for this episode would be an A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: