宇宙海賊の日記

May 26, 2011

仮面ライダー×仮面ライダーオーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE – review –

Filed under: movie — Tags: , , , , , , — uchuukaizoku @ 00:52

仮面ライダー×仮面ライダーオーズ&ダブル feat.スカル MOVIE大戦CORE (Kamen Rider x Kamen Rider OOO & W feat. Skull MOVIE Taisen CORE)
Skenario: Sanjo Riku (仮面ライダースカル メッセージforダブル – Kamen Rider Skull: Message for Double & MOVIE大戦CORE) & Inoue Toshiki (仮面ライダーオーズ ノブナガの欲望 – Kamen Rider OOO: Nobunaga no Yokubou – supervisi/support skenario: Kobayashi Yasuko)
Sutradara: Tasaki Ryuta

“Kamen Rider x Kamen Rider OOO & W feat. Skull MOVIE Taisen CORE” (selanjutnya akan disebut “MOVIE Taisen CORE”) adalah film layar lebar yang kembali mempertemukan Kamen Rider W dengan Kamen Rider OOO setelah keduanya dipertemukan dalam film layar lebar Kamen Rider W Forever: A to Z Unmei no Gaia Memory. Film layar lebar ini diputar di Jepang pada tanggal 18 Desember 2010, empat bulan lebih setelah pemutaran “A to Z Unmei no Gaia Memory”. Sama seperti movie ‘keroyokan’ antara Kamen Rider Decade dengan Kamen Rider W yang diputar setahun sebelumnya, film layar lebar ini dibagi menjadi tiga segmen terpisah. Segmen untuk masing-masing seri dipegang oleh penulis skenario yang berbeda dan (seharusnya) segmen terakhir merupakan hasil kolaborasi keduanya. Ah, ini juga nggak penting untuk dibahas kan?

Kamen Rider Skull: Message for Double
“Message for Double” merupakan segmen pertama dari “MOVIE Taisen CORE”. Dalam segmen ini, dikisahkan tentang kemunculan Pteranodon Yummy jantan di kota Fuuto. Adegan perubahan wujud Shoutarou dan Philip langsung mengawali segmen ini. Rupanya, Pteranodon Yummy muncul di hari yang sama dengan pernikahan Ryu dan Akiko. Shoutarou dan Philip kaget sekaget-kagetnya ketika Ryu datang untuk menghadapi Pteranodon Yummy tanpa berubah wujud. Ternyata, alat perubah wujud dan Gaia Memory-nya disita oleh Akiko yang sudah muak berhadapan dengan Kamen Rider.

Entah kenapa, Pteranodon Yummy tertarik pada Kamen Rider Skull. Jadi, ketika ia mendengar Akiko menyebut nama Skull, ia menggunakan Memory Memory untuk menggali semua ingatan tentang Skull. Akiko pun ‘terlempar’ ke tahun 1999, ke masa ketika Narumi Soukichi masih hidup dan tinggal di Fuuto. Pada masa itu, Soukichi menjalankan bisnis kantor detektifnya bersama dengan seorang teman bernama Matsui Seiichirou.

Pada tahun 1999 tersebut, Gaia Memory milik organisasi Museum sudah diperjualbelikan meski masih belum segencar dengan penjualan di tahun 2009. Dengan menggunakan kekuatan Gaia Memory, seseorang berubah menjadi Spider Dopant dan mengancam seorang penyanyi terkenal bernama Melissa. Melissa pun meminta perlindungan dari Soukichi dan jatuh cinta pada pria yang telah memiliki keturunan itu. Selain Spider Dopant, lawan lain yang harus dihadapi oleh Soukichi adalah Bat Dopant yang merupakan wujud Dopant dari Komori Eren, sang penjual Gaia Memory.

Sosok di balik perubahan wujud Soukichi menjadi Kamen Rider Skull – tentu saja – adalah Sonozaki Fumine, ibu dari Philip. Di dalam garasi tersembunyi di balik kantor detektif Narumi, ia mengembangkan kendaraan Skull Garry. Soukichi selalu melarang Matsui untuk masuk ke dalam garasi tersebut dengan mengatakan kalau tempat tersebut berhantu.

Jadi, siapa sebenarnya Spider Dopant yang mengancam nyawa Melissa? Bagaimana pula perubahan wujud perdana Soukichi menjadi Skull?

Lewat segmen ini, kita berkesempatan melihat kelahiran Skull dan mengetahui berbagai hal yang menjadi benang merah yang menyambungkan segmen ini dengan seri televisi dan bahkan sampai ke V-Cinema yang dirilis bulan April kemarin.

Kamen Rider OOO: Nobunaga no Yokubou
Kougami Foundation berhasil menemukan mumi Oda Nobunaga, salah satu penguasa paling ambisius yang pernah menguasai Jepang beratus-ratus tahun yang lalu. Dengan menggunakan kekuatan Cell Medal, Kougami Foundation membangkitkan kembali Oda Nobunaga sebagai homunculus. Sayangnya, Oda Nobunaga berhasil kabur dari laboratorium.

Pada saat bersamaan, muncul sesosok monster berpedang yang membunuh orang-orang secara acak. Meski demikian, ia selalu meninggalkan tanda berupa kertas berlogo di tempat kejadian. Tanda-tanda tersebut adalah tanda keluarga dari orang-orang yang telah membunuh Oda Nobunaga beratus-ratus tahun yang lalu…

Hino Eiji berhasil menemukan Oda Nobunaga dan membawanya pulang. Dalam waktu yang relatif singkat, Nobunaga berhasil meningkatkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan dunia modern. Ia berhasil menguasai komputer dalam waktu singkat dan kemudian mengambil alih sebuah perusahaan. Sama seperti Nobunaga yang asli, ia bermaksud menguasai dunia. Bahkan ia secara terang-terangan berani menentang Kougami Foundation.

Ternyata – ini sebenarnya tidak mengejutkan kok – monster berpedang yang membunuhi orang-orang adalah Nobunaga. Target berikutnya adalah Akechi Yoshino, keturunan dari Akechi Mitsuhide. Akan tetapi, Nobunaga kelihatannya tertarik kepada wanita yang pandai menari balet itu. Meski demikian, ulah Nobunaga menyebabkan kaki Yoshino terluka. Hal tersebut dimanfaatkan oleh salah satu Greeed yang memasukkan sekeping medali ke dalam sepatu Yoshino yang kemudian melahirkan Pteranodon Yummy betina. Di lain pihak, Pteranodon Yummy jantan yang muncul di segmen pertama juga muncul di sini.

Ketika Eiji akhirnya tahu kalau Nobunaga-lah yang telah membunuh orang-orang, ia tak punya pilihan lain selain mengalahkannya dalam wujud SaGorZo Combo. Apakah semuanya selesai begitu saja?

MOVIE Taisen CORE
Keanehan terjadi. Tiga keping Core Medal berwarna hitam plus Memory Memory yang dibawa Pteranodon Yummy jantan bersatu dengan kekuatan magma dari inti bumi. Penggabungan semua itu melahirkan Kamen Rider Core yang memiliki memori dari berbagai Kamen Rider yang pernah muncul di masa lalu. Dengan menggunakan kekuatan inti bumi, Kamen Rider Core memiliki daya hancur luar biasa sampai akhirnya ia dikalahkan oleh Kamen Rider W dan Kamen Rider OOO. Konklusi dari segmen pertama dan segmen kedua ada di segmen ketiga ini.

Secara pribadi, saya menganggap segmen pertama dari “MOVIE Taisen CORE” adalah segmen yang terbaik – yang, sayangnya, dibuat terlalu pendek dan sebenarnya lebih pantas dijadikan film terpisah – dari tiga segmen yang ada dalam film layar lebar ini. Dalam segmen pertama yang cenderung gelap dan kelam ini, Soukichi dan Skull benar-benar menjadi pusat perhatian. Rahasia kelahiran Skull diungkap habis dalam segmen ini, lengkap dengan berbagai drama yang menyentuh. Segmen pertama ini, menurut saya, berinti pada Skull dan unrequited love yang melahirkan monster di dalam diri manusia.

Untuk membuat cerita menjadi lebih dramatis dan tragis, Spider Dopant digambarkan memiliki kemampuan untuk memasukkan bom hidup berbentuk laba-laba kecil ke dalam tubuh manusia. Bom laba-laba akan berpindah ke tubuh manusia lain jika manusia pembawanya mencintai orang yang disentuhnya. Setelah itu, tubuh orang yang dicintai sang pembawa bom laba-laba akan terbungkus benang laba-laba dan meledak. Bagi saya, adegan terjadinya puluhan ledakan di Fuuto setelah Spider Dopant melepaskan bom laba-laba hidup dalam jumlah besar merupakan salah satu adegan paling tragis. Karena cinta, seseorang terbunuh… itulah ‘hukuman’ yang diberikan oleh Spider Dopant yang cintanya kepada Melissa bertepuk sebelah tangan.

Secara kemampuan, dua Dopant generasi pertama yang muncul dalam segmen pertama ini bisa dikatakan memiliki kemampuan yang menarik. Bat Dopant memiliki kemampuan untuk menggerakkan mesin dengan menggunakan suaranya.

Ada 2 adegan dalam segmen ini yang saya anggap mengharukan. Adegan pertama adalah adegan ketika Skull Crystal (yang belum sempurna wujudnya) harus mati-matian menahan beban dari kendaraan berat yang dikendalikan oleh Bat Dopant. Pada saat itulah, telepon dari Akiko kecil yang tinggal di Osaka masuk. Sambil berusaha menahan beban berat yang menindih tubuhnya, Soukichi berjanji kepada Akiko kalau ia akan hadir pada hari pernikahan Akiko. Akiko dewasa sendiri memperhatikan adegan itu dari kejauhan.
Adegan kedua adalah adegan ketika Soukichi berhadapan dengan Spider Dopant. Di hadapan Spider Dopant, ia menghitung sendiri dosa-dosa yang telah dilakukannya yang menyebabkan seseorang berubah menjadi Spider Dopant.

Selain menampilkan Akiko kecil dan Shroud yang merupakan sahabat baik Soukichi sejak kecil, segmen ini juga menampilkan Shoutarou muda dan Marina (gadis yang berubah wujud menjadi T-Rex Dopant di episode 2). Aksi Soukichi di masa lalu rupanya menjadi inspirasi bagi Shoutarou muda untuk menjadi seorang detektif di masa depan.

Sebagai bonus, kita juga berkesempatan melihat adegan pertempuran antara Skull dan Skull Garry dengan Bat Dopant yang mengendalikan sebuah mobil tangki. Konklusi dari adegan ini… luar biasa!

Oh, satu lagi. Maximum Drive-nya Skull waktu mengalahkan Spider Dopant = luar biasa. Skull membentuk bola energi berbentuk tengkorak raksasa berwarna ungu dari dadanya. Setelah memasukkan Skull Memory ke dalam Maximum Slot, Skull lalu menendang kumpulan energi tersebut ke arah lawan. Great scene!😀

Segmen kedua tentang Oda Nobunaga bisa dikatakan cukup mengecewakan. Nyaris tidak ada yang istimewa dari segmen kedua ini. Hanya saja, saya harus mengakui kalau pemilihan Oda Nobunaga sebagai karakter yang memiliki desire luar biasa adalah pilihan yang tepat.

Plot untuk segmen kedua ini, IMO, terasa terlalu encer dan mengalir terlalu cepat. Sebagai akibatnya, beberapa bagian dari cerita jadi terasa melompat-lompat meski tidak terlalu mengganggu. Yang paling patut disayangkan adalah tidak adanya benang merah antara segmen kedua ini dengan seri televisinya. Bagian inilah yang membuat segmen kedua seperti lepas dari susunan cerita yang sudah ada (dan yang akan muncul belakangan) di seri televisinya. Beberapa bagian yang terasa mengganjal bagi saya di segmen kedua (dan ketiga) ini antara lain adalah:
1. Siapakah Giru, Greeed kelompok dinosaurus yang membuat kedua Pteranodon Yummy lahir? Mezool, Kazari, Uva, dan Gamel tahu tentang Giru. Keberadaan Giru di segmen ini membuat orang berpikir kalau memang ada Greeed kelompok dinosaurus di seri televisi, akan tetapi pada kenyataannya… tidak ada. Yang ada hanyalah Doctor Maki yang memasukkan lima keping medali kelompok hewan fantasi dan sudah punah dan menjadi Greeed meski wujudnya masih saja manusia.
2. Kamen Rider Birth digambarkan sebagai karakter yang fresh from the oven dalam movie ini, seakan-akan tidak memiliki hubungan dengan Birth yang muncul di seri televisinya. Dengan memperhatikan faktor Gotou Shintarou yang berubah menjadi Birth untuk menghadapi Pteranodon Yummy, tidak ada alasan bagi Gotou untuk merasa tidak sanggup menggunakan Birth System di seri televisi.
3. Core Medal kelompok burung yang diberikan oleh Ankh kepada Eiji pada saat OOO harus bertarung menghadapi Kamen Rider Core. Kalau mau mengikuti alur di seri televisinya, Ankh hanya punya satu keping Core Medal merah pada awalnya. Keping kedua diperoleh setelah ia menipu Kazari dan keping ketiga diberikan kepada Eiji oleh Kougami Kousei melalui Satonaka.

Berkat semua hal yang mengganjal tersebut, saya jadi berkesimpulan kalau segmen kedua yang berhubungan dengan Kamen Rider OOO ini sama sekali tidak berhubungan dengan seri televisinya. Bahkan Ankh dan keempat Greeed lainnya pun mendapat porsi yang sangat sedikit. Relasi antara Eiji dan Nobunaga yang mendapatkan porsi lebih dalam segmen ini.

Yang membuat segmen kedua ini sedikit menarik adalah… eng ing eng, Eiji yang ‘mendadak’ saja dipercaya oleh Ankh untuk membawa-bawa sebuah file yang berisi Core Medal. Apakah karena Ankh sedang pergi mencari Core Medal lain makanya Eiji diberi kesempatan membawa sendiri Core Medal-nya? Yah, juga bukan hal yang penting sih, soalnya nggak terlalu berpengaruh pada cerita. Hanya saja, alangkah lebih praktisnya kalau Eiji dipercaya untuk membawa sendiri medali-medali yang dibutuhkannya.

Segmen ketiga? Hmmm… how to say it? Segmen ketiga ini sudah masuk ke segmen absurd sih kalau buat saya. Kalau sudah menonton segmen ini, bawaan sudah nggak mikir lagi. Just enjoy it. OOO dan W ketemu Core, mereka berantem, Core kalah. Dan begitulah akhirnya. Hanya saja, sedikit lebay sih… masa’ si Eiji yang bertarung dalam wujud TaJaDor Combo bisa terlempar dari Jepang ke Brazil setelah bertarung sama Core? Ini mah EDAN!! Buat fans yang nonton movie ini, TaJaDor Combo muncul jauh lebih duluan daripada di seri televisinya dan begitu pula dengan Birth.

Penutup segmen ketiga adalah pernikahan Ryu dan Akiko. Apa yang terjadi dalam waktu sedemikian singkat tampaknya telah membuka mata Akiko tentang Kamen Rider. Dan masih ada satu lagi adegan menyentuh yang dimunculkan di sini. Untuk adegan ini, saya harus memberikan dua jempol kepada Sanjo Riku. Jadi, dikisahkan kalau Melissa datang menggantikan Soukichi yang sudah meninggal dunia untuk menemani Akiko. Kepada Akiko, Melissa mengulang kembali pesan Soukichi kepada dirinya. Rupanya, 10 tahun yang lalu, Soukichi meminta Melissa menggantikan dirinya menemui Akiko karena ia takut bom laba-laba di dalam dirinya akan meledak. Karena yang paling dicintainya di dunia adalah Akiko dan bukannya orang lain… rasanya agak mengejutkan waktu tahu bom laba-laba tidak hancur meski Spider Dopant telah dikalahkan, tapi bagian yang satu ini memang terasa sangat menggigit bagi saya.

Rasanya tidak adil kalau harus membandingkan cerita yang dibangun dengan penuh kontinuitas sebagai prekuel dari sebuah seri televisi dengan cerita yang dibangun lepas dari susunan cerita aslinya, apalagi kalau sampai harus memberikan skor. I will just keep the scores for myself. Yang bisa saya tulis di sini hanyalah pendapat pribadi saya tentang ketiga segmen yang ada.

Saran saya untuk yang belum menonton film ini? Watch it and enjoy it. Jangan terlalu dipikirkan berbagai kelemahan yang ada, nanti malah mengganggu kenikmatan menontonnya. Untuk sebuah hiburan, film ini menarik. Hanya saja, kalau mau dikorek-korek kelemahannya, bakalan dapat banyak.

PS: Ada yang tahu apa perannya si Pteranodon Yummy jantan? Munculnya darimana sih? Lalu dia dapat Memory Memory darimana pula? Tiga pertanyaan ini dibiarkan menggantung sampai akhir. Geje nih kedua penulis skenarionya. Masalah lain dikelarin tapi yang satu ini dibiarkan menggantung. I demand a good explanation regarding these issues, writers!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: