宇宙海賊の日記

May 27, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第2話 この星の価値 – review –

Episode 2 “Kono Hoshi no Kachi” (この星の価値)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Nakazawa Shoujirou

Sesuai dengan judulnya, episode 2 mengajak kita untuk mencoba memandang apa nilai dari planet ini jika dilihat dari sudut pandang para bajak laut yang berasal dari luar angkasa. Apakah memang bumi merupakan sebuah planet yang pantas untuk dilindungi?

Melanjutkan cerita dari episode pertama, kelima orang bajak laut berusaha secepat mungkin menyelesaikan ‘urusan’ mereka di bumi. Mereka ingin secepatnya menemukan harta karun terbesar di seantero antariksa yang konon berada di bumi dan pergi meninggalkan bumi agar tidak bergesekan dengan Uchuu Teikoku Zangyack. Untuk pertama kalinya sejak mereka tiba di bumi, Navi memberikan hasil otakara navigate yang pertama. Petunjuk pertama adalah menemukan seorang pria berpakaian hitam.

Berbekal petunjuk Navi, kelima orang bajak laut turun lagi ke daratan. Sayangnya, terlalu banyak orang berpakaian hitam yang mereka temui. Pada saat mereka bingung, seorang anak sekolah berpakaian hitam berkata kalau ia tahu di mana lokasi harta karun terbesar di seantero antariksa berada. Gokaiger mempercayainya namun ternyata bocah itu mengincar Ranger Key. Ia berhasil mencuri Ranger Key milik Captain Marvelous. Dengan menggunakan Ranger Key, ia bermaksud mengalahkan Zangyack. Bukannya mencegah bocah tersebut untuk bertarung, Marvelous malah memberikan Mobirates-nya agar bocah tersebut bisa berubah wujud menjadi Shinken Red.

Setelah bocah tersebut dikalahkan oleh Kodou-taichou, Bongan, Marvelous pun bertanya tentang nilai dari bumi. Apakah bumi memang begitu berharga dan pantas untuk dilindungi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kelima orang bajak laut memutuskan untuk mencari alasan mereka sendiri. Dan pertempuran untuk melindungi bumi dari Zangyack pun dimulai…

Episode 2 menyimpan beberapa poin penting bagi plot seri ini. Pertama, pertemuan Marvelous dengan Aka Red ketika Marvelous muda dikejar-kejar oleh pasukan Zangyack. Aka Red menyelamatkan Marvelous dari keroyokan pasukan Zangyack dan menyerahkan satu peti berisi Ranger Key dan sekaligus Navi. Dengan berbekal Ranger Key dan Navi, Marvelous memulai perjalanan mengarungi antariksa dan bertemu dengan empat orang lain yang kemudian menemaninya dalam perjalanan untuk menemukan harta karun terbesar di seantero antariksa. Kemunculan Aka Red dalam seri ini sedikit mengejutkan bagi saya, tapi Aka Red jelas menjadi benang merah yang menghubungkan Gokaiger dengan tim-tim pendahulu mereka. Setidaknya Aka Red bisa menghubungkan Gokaiger dengan 30 tim Super Sentai pertama karena Aka Red pertama kali muncul dalam V-Cinema: GoGo Sentai Boukenger vs Super Sentai pada tahun 2007 (dengan mengambil timeline tahun 2006).

Kedua, proses ‘perubahan’ kelima orang bajak laut dari sekedar bajak laut luar angkasa biasa menjadi sekelompok pahlawan muda yang siap melindungi bumi. Meski mereka masih berusaha mencari jawaban untuk pertanyaan tersebut, jauh di dalam hati kelimanya mungkin sudah ada setitik kecil alasan untuk melindungi bumi.

Ketiga, gambaran tentang Legend War. Pasca Legend War, 34 tim Super Sentai kehilangan kekuatan mereka dan bumi memasuki masa damai. Dapat diasumsikan kalau pertemuan Marvelous dengan Aka Red terjadi setelah Legend War. Tidak disebutkan secara pasti tahun terjadinya Legend War, akan tetapi dapat dipastikan kalau perang kolosal tersebut terjadi lebih dari setahun yang lalu. Otomatis, timeline yang dipakai untuk seri ini bukan 2011. Hal ini mengingatkan saya pada Chojin Sentai Jetman yang ditayangkan pada tahun 1991 tapi timeline resminya adalah tahun 199X. Hal yang sama juga terjadi ketika TOEI memproduksi Chouriki Sentai Ohranger pada tahun 1995 tapi timeline-nya adalah tahun 1999.

Untuk pertama kalinya, penggabungan Gokai Galleon dengan empat kendaraan lain untuk membentuk Gokai-Ou diperlihatkan di episode ini. Penggabungan ini sedikit banyak mengingatkan saya akan penggabungan dalam seri Denji Sentai Megaranger (1997) yang dilakukan di luar angkasa. Finishing move dari Gokai-Ou juga sedikit berbeda dengan finishing moves yang digunakan oleh tim-tim pendahulu mereka. Gokai-Ou mengalahkan musuh dengan menggunakan tembakan meriam yang semakin mempertegas ‘aura’ bajak laut dalam seri ini.

Sebagai kejutan kecil, TOEI rupanya menampilkan aktor Hashimoto Atsushi yang pada tahun 2005 tampil sebagai Ozu Kai dalam seri Mahou Sentai Magiranger di akhir episode 2. Ke depannya, tentunya diharapkan akan ada banyak cameo seperti ini yang dimunculkan di dalam seri ini.

Bagi saya pribadi, episode 2 ini semakin mempertegas karakter dari kelima orang bajak laut, terutama Marvelous. Dengan cara yang terkesan serampangan dan seenaknya, Marvelous memberikan kesempatan kepada bocah yang mencuri Ranger Key-nya untuk melindungi bumi dengan caranya sendiri.

My score for this episode is an A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: