宇宙海賊の日記

May 28, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第1話 宇宙海賊現る – review –

Episode 1 “Uchuu Kaizoku Arawaru” (宇宙海賊現る)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Nakazawa Shoujirou

Episode perdana Kaizoku Sentai Gokaiger dibuka dengan adegan pertempuran kolosal Legend Taisen atau Legend War antara 34 tim Super Sentai dengan Uchuu Teikoku Zangyack yang bermaksud menguasai bumi. Dengan menggunakan seluruh kekuatan yang tersisa, ke-34 tim Super Sentai berhasil memukul mundur pasukan Zangyack. Bumi kembali damai. Waktu pun berlalu….

Pada suatu ketika, muncul sebuah kapal bajak laut ruang angkasa berwarna merah yang terbang menuju ke bumi. Gokai Galleon yang dipimpin oleh Captain Marvelous mendatangi bumi dengan maksud mencari dan menemukan harta karun terbesar di seantero antariksa. Akan tetapi, mereka dihadang oleh pasukan Zangyack yang kembali muncul untuk menguasai bumi.

Gelombang pertama pasukan Zangyack berhasil dihancurkan oleh Gokai-Ou dan Gokai Galleon melanjutkan perjalanan ke bumi. Mereka mendarat di – mana lagi kalau bukan – Jepang dan langsung bertanya kepada orang-orang tentang harta karun tersebut. Tentu saja, tidak ada seorang pun yang tahu keberadaan benda yang diincar oleh Gokaiger.

Kelima orang bajak laut yang tidak berhasil memperoleh apapun akhirnya memutuskan untuk mencari makan di bumi. Pilihan jatuh kepada sebuah restoran kecil yang menjual kari. Belum sempat menikmati kari pesanan mereka, pasukan Zangyack sudah keburu menyerang bumi. Kelima orang bajak laut yang tahu betapa kuatnya Zangyack memutuskan untuk segera meninggalkan bumi. Akan tetapi, ketika melihat bagaimana Zangyack memperlakukan orang-orang bumi, kelimanya memutuskan untuk bertarung menghadapi pasukan yang dipimpin Kodou-taichou, Shikabanen

Secara pribadi, saya menganggap episode awal Gokaiger ini menarik. Jauh lebih menarik dibandingkan Kamen Rider Decade yang dibuka dengan adegan pertempuran besar antar Kamen Rider yang dilihat oleh Natsumi di dalam mimpinya. Legend Taisen adalah perang besar yang telah terjadi sebelum kedatangan kelima orang bajak laut ke bumi. Kesan yang ditinggalkan pun terasa jauh lebih menggigit.

Bagi Zangyack – yang ternyata sejak dulu sudah berurusan dengan kelompok bajak laut yang menjadi penentang terbesar mereka – keberadaan Gokaiger dan Gokai Galleon merupakan pengganggu rencana mereka. Karena itulah, sejak cerita dimulai pun kelima orang bajak laut sudah merupakan buronan Zangyack.

Adegan pertempuran yang paling kolosal, tentu saja, terjadi pada saat Legend Taisen berlangsung. Meski demikian, durasi adegan pertempuran perdana Gokaiger dengan pasukan Zangyack di bumi sedikit lebih lama dibandingkan dengan durasi adegan pertempuran di episode pembuka seri lainnya. Yang unik dalam pertempuran dalam seri ini adalah adanya pertukaran senjata antara para bajak laut. Dari episode pertama (dan kedua) bisa diketahui kalau Joe (Gokai Blue) dan Luka (Gokai Yellow) adalah tipe petarung jarak dekat yang lebih piawai dalam bertarung dengan menggunakan pedang. Don (Gokai Green) dan Ahim (Gokai Pink) adalah tipe petarung jarak jauh yang lebih memilih untuk bertarung dengan menggunakan pistol. Marvelous (Gokai Red) sendiri bertarung dengan mengkombinasikan pedang dan pistol secara sempurna. Adegan pertukaran senjata ini seakan menjadi trademark bagi Gokaiger dan sekaligus menegaskan karakteristik serta kemampuan masing-masing personil dalam menggunakan senjata.

Adegan lain yang sudah ditunggu-tunggu para fans tentunya adalah perubahan wujud Gokaiger menjadi tim Super Sentai pendahulu mereka. Dengan menggunakan Ranger Key, mereka bisa berubah wujud menjadi anggota tim Super Sentai lain dan menggunakan berbagai macam serangan orisinal tim tersebut. Konsep ini tentu saja sama seperti konsep yang dipakai dalam “Kamen Rider Decade”. Hanya saja, serangan dari tim Super Sentai biasanya terlihat lebih bombastis sehingga efek yang ditimbulkan juga sedikit berbeda.

Oh, dan finishing move kelima orang Gokaiger dengan menggunakan pedang dan Ranger Key juga merupakan adegan yang menarik. Serangan yang wujudnya sederhana namun efeknya mematikan. Kesannya lebih keren dibandingkan beberapa finishing move yang pernah digunakan dalam seri lainnya.

Apakah alasan para Gokaiger bertarung dengan pasukan Zangyack? Ketika anak-anak dan guru mereka menanyakan hal tersebut kepada kelima orang bajak laut, Marvelous menjawab kalau mereka melakukan hal tersebut karena mereka tidak mendapatkan kesempatan menikmati nasi kari yang telah mereka pesan. Benar-benar jawaban yang aneh…

Secara akting, Ozawa Ryota, Yamada Yuki, Ichimichi Mao, Shimizu Kazuki, dan Koike Yui berhasil memerankan kelima karakter utama dengan baik… jauh lebih memuaskan dibandingkan lima aktor dan aktris utama Tensou Sentai Goseiger yang aktingnya sukses bikin saya sakit kepala setelah menonton episode pertama. Kesan pertama seri ini juga jauh lebih baik dibandingkan Goseiger yang rasanya hanya… yah, begitu-begitu saja. Nyaris tak ada ekspektasi ketika selesai menonton episode pertama Goseiger. Kalau boleh jujur, episode pertama Gokaiger ini sama menariknya dengan Samurai Sentai Shinkenger. Maka dari itu, sebenarnya kasihan juga Goseiger yang terjepit di antara dua seri yang punya pendahuluan yang kuat (terutama Shinkenger). Itu seri dodol jadi kebanting-banting sendiri, apalagi akting pemainnya parah.

Skor saya untuk episode pertama ini adalah A, tentu saja. A perfect start for the 35th series of Super Sentai.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: