宇宙海賊の日記

May 31, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第15話 私掠船現る – review –

Episode 15 “Shiryakusen Arawaru” (私掠船現る)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Nakazawa Shoujirou

Episode 15 dibuka dengan kehebohan Don yang mengabarkan tentang naiknya uang hadiah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berhasil menangkap kelima orang bajak laut. Raut wajah Marvelous langsung berubah ketika Don berkata kalau nilai mereka sudah mendekati nilai dari Akaki Kaizoku-dan.

Kali ini, hasil otakara navigate yang dilakukan Navi berbeda dengan yang pernah ia sebutkan sebelumnya. “Danger… danger… dangerous…”. Kelima orang bajak laut menganggap kalau mereka harus mencari benda yang berbahaya yang akan membawa mereka ke harta karun terbesar di seantero antariksa. Pada saat bersamaan, sebuah pesawat luar angkasa berwarna merah yang bentuknya mirip dengan kapal tempur Zangyack sedang terbang mendekati bumi. Free Joker.

Pada saat sedang mencari benda yang dimaksud Navi, mereka bertemu dengan seekor monyeet robot dan seorang pria bajak laut. Rupanya, pria tersebut adalah eks-kru Gokai Galleon yang juga sahabat Marvelous di masa lalu. Kali ini, ia muncul di bumi untuk memperoleh harta karun terbesar di seantero antariksa. Rupanya, pria bernama Vasco ta Jolokia tersebut bekerja sama dengan Zangyack. Ia adalah bajak laut resmi yang keberadaannya diakui oleh Zangyack plus ia memiliki tugas untuk memburu orang-orang yang berani menentang Zangyack.

Meski Marvelous menolak untuk bercerita tentang masa lalunya dan Vasco, Navi angkat bicara tentang apa yang terjadi di antara Aka Red, Marvelous, dan Vasco. Setelah masa lalu terbongkar, Vasco menghubungi Marvelous dan memintanya untuk menemui dirinya di sebuah tempat. Sayang, itu adalah jebakan. Vasco menggunakan lima buah Ranger Key 6th warriors untuk menyerang Marvelous. Keempat kru Marvelous muncul untuk membantu Marvelous namun tak ada yang tahu apa yang sebenarnya diincar Vasco. Setelah lima Ranger Key pertama dikalahkan, Vasco menambah 10 Ranger Key lagi yang kemudian mengalahkan Gokaiger. Ke-10 Ranger Key berhasil meringkus empat orang kru Marvelous dan membawa mereka ke Free Joker. Rupanya, Vasco dari awal memang mengincar keempatnya…

Episode 15, menurut saya, adalah salah satu episode terbaik sejauh ini. Sedikit demi sedikit, masa lalu seorang Marvelous mulai diungkap. Benang merah pun tersambung antara episode 2 dan 15. Vasco, yang (kebetulan) adalah juru masak di Gokai Galleon, mengumpulkan Ranger Key bersama Aka Red dan Marvelous. Akan tetapi, demi menguasai seluruh Ranger Key tersebut, ia berkhianat dan bersekutu dengan Zangyack. Akibatnya, pasukan Zangyack bisa masuk ke dalam Gokai Galleon. Cikal bakal kebencian Marvelous pada Vasco pun dimulai di sini. Baru kali inilah saya melihat kebencian yang begitu luar biasa di dalam diri seorang Marvelous yang selama ini terkesan cuek. Saking bencinya ia pada masa lalu tersebut, ia sampai dua kali bersikap agak kasar kepada Don (yang memang terkesan agak cerewet) gara-gara Don terlalu ingin tahu masa lalu itu.

IMO, Hosogai Kei berhasil memerankan karakter Vasco dengan baik. Saya sendiri sampai merasa super duper sebal sama Vasco sebelum episode 15 selesai saya tonton. Ini gara-gara Vasco tega menembak Marvelous pada waktu pasukan Zangyack menerobos masuk ke dalam Gokai Galleon.

Kalau di Gokai Galleon ada Navi, di dalam Free Joker ada… Sally. Robot monyet luar angkasa milik Vasco ini dipersenjatai dengan simbal dan ia bisa dikatakan piawai bertarung dengan simbal tersebut. Plus monyet menyebalkan ini punya kepribadian yang sama saja dengan majikannya… MENYEBALKAN!

Berbeda dengan Gokaiger yang mengaktifkan Ranger Key dengan menggunakan Mobirates, Vasco mengaktifkan Ranger Key dengan menggunakan terompet. Cara yang unik dan menarik. Karakter Vasco jadi mirip dengan Diend gara-gara ulahnya mengaktifkan Ranger Key. Hanya saja, Vasco mengaktifkan Ranger Key dalam jumlah yang lebih besar plus karakternya pun jauh lebih menyebalkan dibandingkan Daiki. Keuntungan dengan penggunaan terompet ini adalah Vasco bisa mengaktifkan Ranger Key lebih banyak daripada Gokaiger.

Tanpa Monster of The Week, episode ini tetap tidak kehilangan daya tariknya karena menampilkan pertempuran Sentai vs Sentai. Sebuah prelude yang bagus sebelum masuk ke episode 16 yang memang sudah diberi embel-embel “Sentai VS Sentai”. Dengan menawan empat orang kru Marvelous, Vasco bermaksud melakukan transaksi dengan eks-rekannya. Ia menginginkan seluruh Ranger Key, Gokai Galleon, plus Navi. Apa yang akan dilakukan Marvelous dalam situasi seperti ini? Menyelamatkan teman-temannya atau mengejar mimpinya mengumpulkan harta karun terbesar di seantero antariksa sesuai janjinya pada Aka Red?

Hanya saja, ini sedikit aneh, kalau memang Vasco mau memperoleh harta karun terbesar di seantero antariksa, kenapa pula ia memberikan 5 Ranger Key yang sudah dikalahkan oleh Gokaiger kepada Marvelous? Sekedar untuk memanas-manasi Marvelous? Ini yang masih bikin penasaran.

Dibandingkan kondisi di akhir episode 11, akhir episode 15 terasa lebih menegangkan dan membuat penasaran. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

My score for episode 15 is an A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: