宇宙海賊の日記

June 6, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第16話 激突!戦隊VS戦隊 -review-

Episode 16 “Gekitotsu! Sentai VS Sentai” (激突!戦隊VS戦隊)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Nakazawa Shoujirou

Episode ini adalah bagian penutup dari bab mengenai kemunculan Basco ta Jolokia, salah satu karakter yang berasal dari masa lalu Captain Marvelous yang kini menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelima orang bajak laut.

Dengan menggunakan kelicikannya, Basco berhasil menawan keempat rekan Marvelous. Sejak awal, ia mengincar keempatnya untuk dijadikan alat transaksi. Dengan menjadikan keempatnya sebagai sandera, ia bermaksud memperoleh benda-benda yang menjadi ‘syarat’ untuk memperoleh harta karun terbesar di seluruh antariksa: Ranger Keys, Gokai Galleon, dan Navi. Marvelous dipaksa untuk membuat pilihan penting: mewujudkan janjinya kepada Aka Red dan sekaligus mengejar mimpinya atau menyelamatkan empat rekannya dari tangan Basco yang siap menjual keempatnya kepada Zangyack.

Salah satu elemen penting dalam episode ini adalah upaya keempat orang rekan Marvelous untuk membebaskan diri dari Free Joker. Luka mencoba ‘membeli kepercayaan’ dari Basco dengan mengatakan kalau ia siap ‘membuang’ kaptennya karena ia tidak ingin mati, Don berusaha untuk menjadi sahabat Sally yang menjaga sel tempat mereka dikurung, serta Joe mencoba untuk membebaskan mereka dengan cara merangkak melalui ventilasi sempit yang ada di dalam sel. Semuanya gagal karena Basco sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan lolosnya Joe, Luka, Don, dan Ahim. Bagian yang paling hancur, tentu saja, adalah Don yang berusaha untuk meniru gerakan monyet demi menjadikan Sally sebagai sahabatnya.

Di lain pihak, sedikit masa lalu Marvelous kembali terungkap. Kali ini, yang menjadi sorotan adalah pertemuan pertama Marvelous dengan Aka Red di gudang penyimpanan harta Zangyack. Di dalam gudang tersebut, Marvelous menemukan Ranger Key pertamanya: Ranger Key Akaranger dari Himitsu Sentai Goranger. Aka Red muncul dan meminta Marvelous untuk menyerahkan Ranger Key tersebut. Marvelous, tentu saja, tidak mau begitu saja memberikan Ranger Key yang berada di dalam kotak harta itu. Ia bertarung dengan Aka Red dan kalah. Marvelous muda yang tidak memiliki keinginan apapun akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Aka Red dan memulai perjalanan panjang ke berbagai planet untuk menemukan Ranger Key. Adegan ter-epic dalam bagian ini adalah adegan kemunculan Gokai Galleon di hadapan Marvelous muda.

Ingatan Marvelous mengenai pertemuan pertamanya dengan Aka Red membantunya dalam mengambil keputusan. Ia menyiapkan jebakan bagi Basco dengan mengatakan kalau ia siap melakukan transaksi. Ketika keduanya sudah berhadap-hadapan, dua prinsip yang berbeda di antara keduanya kembali berbenturan. Basco menganggap kalau seseorang tidak akan memperoleh apa yang diinginkannya kalau ia tidak melepaskan apa yang dimilikinya sebagai ganti. Marvelous menghadapi prinsip tersebut dengan prinsip khas bajak laut yang telah lama dipegangnya: ia tidak akan menyerahkan Ranger Key kepada Basco tapi ia akan memperoleh kembali teman-temannya… karena bajak laut selalu memperoleh apa yang diinginkannya. EPIC! Apalagi adegan ini dipadukan dengan BGM terkeren Kaizokuki wo Agero!.

Dan apa yang dilakukan Marvelous untuk membebaskan keempat rekannya? Cara gila khas Marvelous, tentunya. Ia memasukkan Mobirates miliknya ke dalam kotak berisi Ranger Key. Ia kemudian melemparkan kotak tersebut ke arah Basco dan para sanderanya. Pada saat itulah, seluruh isi kotak tumpah berhamburan. Melihat Mobirates milik Marvelous melayang bersama Ranger Key, Joe segera menendang Don. Dalam kondisi tangan dirantai ke belakang, Don berhasil menangkap Mobirates dengan… MULUT! Sally menyadari apa yang terjadi tapi Luka dan Ahim menjegal serta menghalanginya untuk menyerang Don. Terakhir, Joe menangkap Ranger Key Shinken Green dengan mulutnya dan memasukkan Ranger Key tersebut ke dalam slot. Sekuat tenaga, ia memutar Ranger Key tersebut untuk mengubah wujud Don. Apa komentar saya soal adegan ini? Gila! Cara yang benar-benar gila khas Marvelous. EPIC of the EPICS for me.

Dalam wujud Shinken Green, Don berhasil membebaskan rekan-rekannya dan merebut kembali Mobirates yang dijadikan kalung oleh Sally. Berikutnya adalah pertarungan 5 lawan 10. Dalam pertempuran kali ini, 10 Ranger Key yang digunakan Basco berhasil dikalahkan oleh para bajak laut.

Selesai? Tidak. Rupanya Basco bukan karakter kacangan yang bisa dikalahkan begitu saja. Kehilangan 10 Ranger Key sekaligus memaksanya mengeluarkan senjata berikutnya yang tersimpan di dalam Sally: Liquidroid Wateru. Liquidroid adalah konsep musuh dalam ukuran raksasa yang harus langsung dihadapi oleh kelima orang bajak laut tanpa harus dikalahkan dalam wujud manusia. Konsepnya mungkin merupakan adaptasi dari Mecha Gigans dari Choudenshi Bioman atau Giganoid dari Bakuryuu Sentai Abaranger. Sesuai dengan namanya, sebagian besar tubuh Liquidroid terbentuk dari air. Jujur, ini konsep yang menarik sehingga ada kesan kalau musuh yang harus dikalahkan oleh kelima orang bajak laut bukan hanya Zangyack, melainkan juga pihak lain meski sebenarnya Basco bekerja untuk Zangyack.

Episode ini ditutup dengan kegembiraan lima orang bajak laut yang berhasil memperoleh 15 Ranger Key baru. Akan tetapi, Basco masih punya ‘kejutan’ bagi mereka. Masih ada Ranger Key lainnya yang tersimpan di balik lengan bajunya…

My score for this episode is an A. Porsi antara adegan drama, adegan komedi, dan adegan pertempuran terasa sangat merata. Plus ada kesempatan melihat sisi manis Marvelous setelah pertempuran usai. Jadi, bisa dikatakan kalau episode ini EPIC. Kalau ada episode yang bisa mengalahkan kedahsyatan episode 15 dan 16 (sampai sejauh ini), pastilah kedua episode itu adalah episode 11 dan 12. IMO, dua bab ini punya kekuatan yang luar biasa dari segi skenarionya.

PS: Dan apa saja Ranger Key yang masih tersisa di tangan Basco? Signalman dari Gekisou Sentai Carranger, Wolzard Fire dari Mahou Sentai Magiranger, Kurokishi Bull Black dari Seijuu Sentai Gingaman, Shinken Red (Shiba Kaoru) dari Samurai Sentai Shinkenger, Deka Master dan Deka Swan dari Tokusou Sentai Dekaranger, Zubaan dari GoGo Sentai Boukenger, dan Kurojishi Rio dan Mele dari Juuken Sentai Gekiranger.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: