宇宙海賊の日記

June 13, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第17話 凄い銀色の男 -review-

Episode 17 “Sugoi Gin-iro no Otoko” (凄い銀色の男)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Katou Hiroyuki

Akhirnya, tiba juga di episode 17 yang, terus terang, tidak terlalu saya nanti-nantikan seperti episode-episode sebelumnya. Kenapa? You’ll know the one and only reason after you’ve finished reading this review.

Seperti rumor yang telah beredar sebelumnya, episode 17 ternyata merupakan lanjutan dari film layar lebar “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen” (ゴーカイジャー ゴセイジャー スーパー戦隊199ヒーロー 大決戦) yang telah diputar sehari sebelumnya secara serentak di jaringan bioskop di Jepang. Jadi, urut-urutan untuk film layar lebar dan episode 17 tersebut adalah: 16話 → 199ヒーロー → 17話.

Dengan cerdik, TOEI memunculkan belasan karakter dari seri pendahulu “Kaizoku Sentai Gokaiger” dan sekaligus ‘memberikan kesempatan’ kepada kelima orang bajak laut untuk meng-unlock kekuatan dari 11 tim Super Sentai pendahulu mereka. 11 kekuatan Super Sentai yang berhasil diperoleh lewat film layar lebar ini adalah: Tensou Sentai Goseiger, Himitsu Sentai Goranger, J.A.K.Q. Dengekitai, Denshi Sentai Denziman, Gosei Sentai Dairanger, GoGo Sentai Boukenger, Kagaku Sentai Dynaman, Dai Sentai Goggle V, Kousoku Sentai Turboranger, Choudenshi Bioman, dan Engine Sentai Go-onger. IMO, rasanya agak aneh saja mengingat kelima orang bajak laut harus bersusah payah untuk memperoleh 6 kekuatan tim Super Sentai lain dalam 14 episode awal tapi mendadak mereka bisa memperoleh 11 kekuatan sekaligus hanya lewat satu film layar lebar yang durasinya kurang dari 90 menit.
Selain dari sinopsis di situs resmi, fakta tentang terbukanya akses kekuatan ini juga bisa dilihat dari serangan baru Gokai-Ou. Dengan menggunakan Ranger Key Goseiger, mereka bisa menggunakan serangan Gokai All Headder Daishingeki yang digunakan oleh Gokai-Ou untuk mengalahkan pasukan Sugormin raksasa dalam jumlah besar yang muncul di kota. Dan, to be honest, saya bersyukur Gokai-Ou tidak memperoleh upgrade apapun yang berhubungan dengan Goseiger. *masih tetap tereneg-eneg sama seri cupu yang satu itu – dan sampai sekarang masih heran, kok dulu bisa suka sama seri itu pada awalnya*

Jadi, begitu episode 17 dibuka, Gokaiger telah memiliki kekuatan dari 17 tim Super Sentai pendahulu mereka. Some parts have been skipped for good but I do hope the mecha will have some upgrades later.

Untuk kesekian kalinya, Navi memberikan hasil otakara navigate yang tidak berhubungan dengan kekuatan tim Super Sentai pendahulu Gokaiger secara langsung. Kali ini, kelima orang bajak laut harus mencari pria berkostum perak.

Di luar dugaan, pencarian pria tersebut diwarnai berbagai adegan komedi yang kadang-kadang sungguh nggak penting. Seperti biasa, para bajak laut (bego) salah menafsirkan kata-kata Navi dan mencari orang yang salah. Sementara itu, seorang pemuda bumi bernama Ikari Gai – yang, SUMPAH MATI, gue benci banget sama ini manusia satu – terus memperhatikan mereka.

Rupanya, pria berkostum perak yang dimaksud Navi adalah… yah, siapa lagi kalau bukan Gai. *sakit kepala kalau mengingat manusia satu itu* Gai yang punya hobi ketawa-ketiwi dan ngomong sendiri rupanya adalah Gokai Silver. Dan apa komentar saya soal Gokai Silver? Thanks God, saya cuma benci sama human form-nya saja. Anehnya, para bajak laut mencari-cari dia dan dia juga seperti mencari-cari bajak lautnya. Baru kali ini ada anggota baru yang mencari timnya sampai seperti ini. *shrugs*

Adegan perubahan wujud Gai menjadi Gokai Silver itu menarik. Instead of inserting the Ranger Key into the slot, he put the Ranger Key into his transformation device. The Ranger Key got scanned and he pushed the button to transform into Gokai Silver. Rupanya sejak awal juga sudah ditekankan kalau Gokai Silver ‘hanya’ bisa berubah wujud menjadi 15 orang 6th hero(es) from previous series. Berbeda dengan Mobirates yang hanya terdiri dari angka-angka, tombol-tombol alat perubahan wujud Gokai Silver terdiri dari angka dan wajah dari 6th hero(es). Hanya angka 5 saja yang terdiri dari 2 wajah: Go-on Gold dan Go-on Silver dari Go-onger.

Meski adegan perubahan wujudnya menarik, TAPI INTRODUCTION LINE-nya si Gokai Silver itu, OMG, panjang banget. Sumpah, nggak perlu perkenalan sampai sepanjang itu, otaku! Dan kenapa pula warna pink ikut di-mention sama Gai? Terus terang bagian perkenalan ini bikin tambah eneg sama Gokai Silver. Koreksi, dia ternyata menyebutkan line perkenalan untuk semua warna yang ada. Merah, biru, kuning, hijau, pink, dan perak. Semua diborong. Pantas perkenalannya panjang. Dasar Super Sentai fanboy. Tetap, saya masih sebal sama ini makhluk satu. *melengos pergi habis edit entry*

Senjata Gokai Silver, Gokai Spear, juga bagus. Senjata ini terdiri dari 2 mode: Gun Mode dan Anchor Mode. Final Wave-nya Gokai Silver, di luar dugaan, lebih brutal daripada kelima orang Gokaiger. Serangan Gokai Shooting Star itu tanpa belas kasihan banget.

Jadi… siapakah Ikari Gai? Fokus di episode 17 yah remaja geje kelahiran bumi yang ingin menjadi anggota keenam Gokaiger. Dia tahu siapa saja anggota Gokaiger dan berusaha untuk menciptakan image Gokaiger yang lebih bersahabat. Jadi, coba bayangkan wajah Marvelous dan Joe yang sungguh amat murah senyum dan bicara dengan suara yang jauh lebih lunak daripada biasanya. *langsung merinding* Untung cuma ada dalam imajinasinya si bego Gai saja. Yang menyedihkan, dia menggantikan posisi Don di dalam imajinasi nggak pentingnya dia dan habis itu diprotes habis sama Don.
Kalau memang ada yang membuat episode 17 ini jadi nggak enjoyable – dan MEMANG ADA SIH!! – pastinya itu adalah human form-nya Gokai Silver itu sendiri. Cerewetnya kebangetan dan merusak mood saja. Somehow he reminds me of Umemori Genta from Samurai Sentai Shinkenger but Genta was still tolerable. Yang satu ini benar-benar hopeless banget. Mana dia berani ngaku-ngaku kalau dia itu fans Super Sentai. Jadi otaku kok ngaku-ngaku sih?

Saya terlalu mengumbar kebencian sama Gai? Er, memang iya sih… *dendam gara-gara suatu hal* …tapi kalau dibandingkan dengan para Gosei-tenshi dari Goseiger, masih lebih mendingan Gai sih. Setidaknya dia nggak bikin mual seperti Arata. *terang-terangan benci* Semoga di episode selanjutnya bakalan ada perbaikan karakter, meski terus terang saya ragu bakalan ada perubahan ke arah yang lebih baik.

Satu lagi… bagian fashion TOEI, tolong ya, itu bajunya Gai diperbaiki sedikit. Selera berpakaiannya Don sudah parah, jangan diperparah lagi dengan selera berpakaian yang lebih rusak dari Gai. Saya tahu orangnya carefree, tapi bukan berarti dia bisa pakai celana 3/4 (atau 5/8?) warna PINK ngejreng di depan orang-orang.

Skor untuk episode ini: cerita dapat B, aksi dapat B, humor dapat C, karakter baru dapat D-. *jahat* Seumur-umur ngikutin Super Sentai, baru kali ini ketemu episode kemunculan 6th hero yang hancur. Biasanya selalu lebih menegangkan, yang ini benar-benar kelewat carefree banget episodenya.

Next episode: 第18話 恐竜ロボットドリルで大アバレ (Kyouryuu ROBOT DRILL de Oo Abare) – a tribute episode to Bakuryuu Sentai Abaranger

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: