宇宙海賊の日記

June 27, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第18話 恐竜ロボットドリルで大アバレ -review-

Episode 18 “Kyouryuu ROBOT DRILL de Oo Abare” (恐竜ロボットドリルで大アバレ)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Katou Hiroyuki

Sama seperti episode sebelumnya, saya tidak memiliki ekspektasi yang terlalu besar untuk episode ini. Hampir seluruh fans mungkin sudah menanti-nantikan episode ini tapi saya dengan jujur bisa mengatakan kalau saya tidak berharap apapun dari episode ini. Oh, mungkin saya punya satu harapan, tapi harapan itu adalah harapan yang AMAT SANGAT JAHAT sekali which shouldn’t be said here for good.

Captain Marvelous akhirnya membawa Gai ke Gokai Galleon untuk bertanya tentang asal-usul kekuatan Gai untuk berubah wujud menjadi Gokai Silver. Reaksi Gai ketika dibawa ke Gokai Galleon untuk pertama kali = pecicilan banget, which made me hate him even more. Well, this is only a personal grudge which shouldn’t be mixed with the review.
Rahasia di balik kekuatan Gai akhirnya terbongkar ketika ia mengatakan kalau ia telah memperoleh tiga kekuatan maha besar dari tiga tim Super Sentai pendahulu mereka: Kyouryuu Sentai Zyuranger, Mirai Sentai Timeranger, dan Bakuryuu Sentai Abaranger. Berbeda dengan proses yang dilewati oleh kelima orang bajak laut, Gai memperoleh kekuatan tersebut lewat mimpi setelah sebelumnya ia terluka demi menyelamatkan seorang gadis cilik yang… SUPER BEGO! Kenapa saya menyebutnya bego? Memangnya ada orang di dunia nyata yang menyadari ada bunga yang cantik yang ditanam di sebuah taman yang diposisikan sebagai pembatas jalan raya dan langsung berlari ke arah taman tersebut tanpa memperhatikan apakah ada mobil yang akan lewat? Nggak ada. JELAS-JELAS NGGAK ADA. Dan itulah penyebab kecelakaan yang menimpa Gai: gara-gara menyelamatkan anak bego. Nggak jagoan, nggak sang anak… sama-sama bego. Ini bagian absurd dari episode 18. Kenapa nggak sekalian si Gai ditabrak sampai lewat saja ya?

Hanya karena Abare Killer, Time Fire, dan Dragon Ranger menganggap tindakan goblok heroik Gai sebagai tindakan yang ‘terpuji’, ia pun memperoleh Gokai Cellular dan Ranger Key Gokai Silver dari human form Abare Killer, Nakadai Mikoto. Bagian ini dibuat terlalu singkat, IMO, jadi kesannya terlalu dipaksakan.

Gai sendiri tidak bisa mengaktifkan kekuatan dari Abaranger, Timeranger, dan Zyuranger karena ia tidak memiliki Ranger Key yang dibutuhkan. Marvelous lalu memberikan kesempatan kepada Gai untuk melihat isi kotak ‘harta karun’ yang penuh dengan Ranger Key. Dugaan Marvelous tepat. Gai membutuhkan Abare Killer Key, Time Fire Key, dan Dragon Ranger Key untuk mengaktifkan ketiga kekuatan itu dan, kebetulan, semua kunci yang dibutuhkan ada di tangan mereka.

Cara Marvelous merekrut krunya pun mulai terungkap di episode ini. Untuk bisa bergabung dengan Marvelous dan menjadi penghuni Gokai Galleon, setiap orang Gokaiger harus bisa ‘memberikan sesuatu’ kepada Marvelous. Joe, Luka, Don, dan Ahim pun menjalani proses ini sebelum bergabung dengan Marvelous. Yang membuat penasaran, tentu saja, adalah apa yang dilakukan oleh Luka, Don, dan Ahim sebelum bergabung dengan Marvelous dan Joe. Sebagai bagian dari ujiannya, Marvelous ‘menyita’ Gokai Cellular dan Gokai Silver Key milik Gai.
Konsep tentang ‘ujian’ dari Marvelous sebelum setiap anggota bisa menjadi penghuni Gokai Galleon adalah konsep yang menarik untuk saya. Saya berharap kalau apa yang dilakukan oleh Luka, Don, dan Ahim kelak akan dibeberkan.

Uchuu Teikoku Zangyack mengirimkan Kodou-taichou-nya, Osogain, untuk membangun pangkalan yang akan dijadikan garis depan dalam upaya menguasai bumi. Dan, KEBETULAN SEKALI, Gai sedang berada di dekat tempat yang diserang oleh Osogain dan pasukannya. Dengan nekad, Gai bertarung dengan Zangyack meski ia tidak bisa berubah wujud. Yah, batas antara kebodohan dan keberanian memang tipis… setipis benang. Keberanian Gai tersebut membuat ia diakui sebagai anggota keenam Gokaiger. Tentu saja, masih ada satu lagi hal yang ditanyakan Marvelous kepada Gai: apakah kau siap untuk bertarung dengan Zangyack dan seluruh pasukannya serta menjadi musuh dari Uchuu Teikoku Zangyack dalam prosesnya? Jawaban Gai mengejutkan. Ia tidak saja siap untuk menjadi musuh Zangyack, ia siap untuk mengalahkan dan menghancurkan Zangyack demi mengembalikan kedamaian alam semesta. Jawaban berani? Tidak juga. *sentimen berat*

Adegan yang bikin kesal: KENAPA JUGA GOKAI SILVER MESTI BERDIRI DI ANTARA GOKAI RED DAN GOKAI GREEN WAKTU BERUBAH WUJUD? DIA BOLEH BERDIRI DI MANA SAJA ASALKAN DI SANA!!! *tambah sentimen*
Back to sanity, salah satu bagian paling epic dalam adegan perubahan wujud kali ini adalah… posenya Gokai Green yang hancur. *ngakak guling-guling* Don, can’t you find a better pose after you have transformed? You’re too cute.

Gokai Silver rupanya termasuk tipikal yang suka sok heroik di tengah pertempuran. Memangnya ada hero yang selama ini sibuk pergi membantu rekan-rekannya bertarung melawan musuh satu-persatu? Please, you are a newbie, nggak perlu pamer kekuatan segala dengan bantu-bantu orang yang sudah sering melawan pasukan musuh. -_-;;; Hampir saja dia kena sabetan pedangnya Joe waktu sok baik hati itu. Kenapa nggak kena sekalian ya?

Adegan konyol: Gokai Red salah memberikan Ranger Key kepada Gokai Silver waktu mereka mau berubah secara kolektif menjadi Shinkenger. Bukannya memberikan Ranger Key Shinken Gold, Gokai Red malah memberikan Ranger Key King Ranger dari Ohranger. Beruntung, SIALNYA, Gai adalah Super Sentai fanboy yang langsung protes begitu menerima kunci yang salah. Halah, apa sih artinya kunci yang salah itu? Terima saja kenapa sih? Cih, this guy annoys me to the highest level.

Selain perubahan kolektif menjadi Shinkenger, kelima orang bajak laut juga memberikan fan service dengan berubah menjadi sixth heroes berkostum perak: Bouken Silver, Gosei Knight, Mega Silver, Gao Silver, dan Go-on Silver.

Bagian terbaik dari episode ini, tentu saja, adalah kemunculan Goujuujin. Saya memang benci sama Gokai Silver tapi saya jatuh cinta berat pada Goujuujin.
Dengan menggunakan Time Fire Key, Gokai Silver bisa memanggil Goujuu Drill, kendaraan tempur berbentuk alat pengebor raksasa yang bisa terbang, dari tahun 3000 AD. Ya, Goujuu Drill dikirimkan dari Provider Base di masa depan ke tahun 20XX untuk digunakan oleh Gokai Silver. Konsep yang menarik, meski terasa rada aneh di bagian logikanya. Mungkin memang ada dalam catatan sejarah di tahun 3000 AD tentang kemunculan Uchuu Teikoku Zangyack di tahun 20XX dan orang masa depan juga tahu semua tentang Gokai Silver dll. Semakin dipikirkan semakin membingungkan, cuekin saja deh.
Dengan menggunakan Dragon Ranger Key, Gokai Silver bisa mengubah Goujuu Drill menjadi Goujuu Rex yang merupakan tribute untuk Zyuranger. Terakhir, dengan menggunakan Abare Killer Key, Gokai Silver bisa mengubah Goujuu Drill / Goujuu Rex menjadi Goujuujin sebagai tribute untuk Abaranger.

Eh, ada sedikit hal yang aneh sih. Kenapa kokpit Goujuu Drill / Goujuu Rex / Goujuujin dibuat sesuai dengan kokpit dari Gokai Galleon / Gokai-Ou sementara Goujuu Drill adalah buatan orang masa depan? Ini jadi suatu pertanyaan yang mengganjal sih. Kalau dibuat sesuai konsep Timeranger sih pertanyaan ini tak akan muncul, tapi karena konsepnya dibuat seperti Gokai-Ou makanya jadi ada ganjalan. Terus juga Gokai Silver bisa dengan cepat mengendalikan Goujuu Drill / Goujuu Rex / Goujuujin tanpa banyak latihan. Memangnya di dalam sana ada tutorialnya ya? @_____@;;; Jelas bagian ini terkesan terlalu cepat dan nggak masuk di akal (lagi).

Dan apakah saya sudah menyebutkan tentang image song-nya Goujuujin yang luar biasa keren? Ha ha ha, saya tak sabar menunggu lagu ini dirilis.

Jadi, apa inti episode 18 ini? Gokai Silver diterima sebagai anggota keenam dan, SUMPAH MATI, antusiasmenya yang berlebihan itu bikin ilfil. Terus lagi senyuman si Gokai Silver itu bikin mual. That’s why I hate him so much, apalagi setelah dia memutuskan untuk berdiri di antara Gokai Red dan Gokai Green which annoys me.

Ini review kok jadi ajang mencela Gokai Silver ya? Ah, who cares lah… memang layak dicela kok itu anak baru. *MASIH TETAP BENCI*

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: