宇宙海賊の日記

July 5, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第19話 15戦士の鎧 -review-

Episode 19 “Juugo Senshi no Yoroi” (15戦士の鎧)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Nakazawa Shoujirou

Episode pertama dari lima episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang akan tayang di bulan Juli. Kali ini, cerita masih berfokus pada karakter keenam, Ikari Gai, yang ditambahkan dengan bagian kegalauan the weakest Super Sentai warrior in history, Don Dogoier. Ada beberapa bagian menarik yang patut untuk diperhatikan dalam episode ini. Apa saja bagian-bagian itu?

Pertama, ‘rahasia’ bagaimana cara ‘menyambungkan’ buckle dari Gokaiger dengan Ranger Key yang tersimpan di dalam kotak harta yang selama ini diletakkan di sisi tempat duduk Captain Marvelous. Singkirkan jauh-jauh pemikiran teknis mengenai hal tersebut. Penjelasannya ternyata lebih ke arah something magical ketimbang something technical. Yang perlu dilakukan hanyalah menyambungkan buckle dari Gokaiger dengan kotak harta dengan menggunakan sehelai benang yang tak terlihat. Sepertinya, hanya Navi yang diberikan kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Setelah buckle tersambung dengan kotak, Gokaiger hanya tinggal mengatakan / memikirkan Ranger Key apa yang hendak mereka gunakan dan, voila, langsung ada di buckle. Sesimpel itulah penjelasannya.

Kedua, kenapa Gokai Silver memiliki sistem yang sama dengan sistem yang digunakan oleh kelima orang bajak laut yang berasal dari luar angkasa? Gokai Silver memperoleh alat perubahan wujudnya dari the deceased warriors sedangkan kelima orang Gokaiger memperoleh alat perubahan wujud mereka dari Aka Red (melalui Marvelous untuk keempat orang lainnya). Karena asalnya berbeda, kenapa sistemnya bisa sama? Hanya Don yang mempertanyakan hal ini. Bagi yang lainnya, masalah ini tidak penting. Joe punya jawaban yang paling simpel untuk pertanyaan ini: “Karena kita sama-sama adalah anggota Super Sentai”.
Kalau mau dipikirkan secara logis, apa yang dipertanyakan oleh Don adalah sesuatu yang masuk akal. Dengan asal kekuatan yang berbeda, kenapa sistemnya bisa sama?

Ketiga, sisi lain dari seorang Don Dogoier yang selama ini tidak pernah diperlihatkan kepada siapapun. Siapa yang tahu kalau Don ternyata punya buku kumpulan resep tulisannya sendiri yang berisi resep-resep makanan yang paling cocok untuk dipersiapkan di berbagai macam kondisi yang dihadapi oleh Gokaiger? Tak ada seorang pun yang tahu kalau Don ternyata selalu memperhitungkan faktor nutrisi untuk semuanya setiap kali ia mempersiapkan makanan. Dengan teliti dan mendetail, ia menuliskan semuanya di dalam sebuah buku resep.

Keempat, Don dan Gai ternyata memiliki kepribadian yang kurang lebih sama. Don merasa kalau Gai lebih bisa diandalkan daripada dirinya sedangkan Gai pun merasakan hal yang sama. Baginya, Don adalah pribadi yang tidak bisa ditirunya karena Don selalu memperhatikan hal-hal yang mendetail. Bedanya, Don punya kecenderungan untuk langsung terpuruk dan merasa rendah diri kalau harus membandingkan dirinya dengan Gai sedangkan Gai cenderung lebih ceria dan tanpa beban dalam menghadapi hal yang tidak bisa dilakukannya. Hal ini jelas terlihat ketika Don menyadari kalau masakan Gai ternyata lebih enak daripada buatannya dan semua memuji masakan Gai. Belum lagi ketika Gai memperoleh pujian dari orang-orang di sekelilingnya. Ketika ia harus bertarung bersama dengan Gai, Don malah berusaha untuk menyaingi Gai yang berujung pada rentetan masalah bagi dirinya sendiri.
Saking terpukulnya Don, ia bisa langsung menolak ajakan Gai untuk bertarung melawan musuh karena ia merasa kalau ia hanya akan membuat dirinya terlihat semakin menyedihkan pada saat bertarung bersama Gai. Dalam keterpurukannya, Don sepertinya memang punya kecenderungan untuk menarik diri dari orang yang dianggapnya lebih superior daripada dirinya. Suatu sikap yang manusiawi namun berpotensi destruktif dalam berbagai situasi.

Kelima, Gai dapat menggabungkan dua buah Ranger Key menjadi satu dengan menggunakan kekuatan imajinasinya. Ia pertama kali melakukannya ketika menggabungkan Ranger Key Go-on Wings. Dalam situasi di mana mereka harus menghadapi Kodou-taichou, Uorlian, tanpa bantuan yang lain, Don menyadari kalau Gai mungkin saja bisa menggabungkan 15 Ranger Key yang dimilikinya menjadi satu. Apa yang dipikirkan oleh Don ternyata bisa diwujudkan. 15 Ranger Key bisa digabungkan menjadi satu Ranger Key berwujud jangkar yang berwarna emas. Kali ini, Gokai Silver bisa berubah wujud menjadi Gokai Silver Gold Mode. Final Wave dari Gold Mode adalah serangan yang menggabungkan serangan-serangan dari 15 orang 6th heroes & heroine.

Keenam, karena Gai resmi menjadi anggota Gokaiger yang terus mengganggu aktivitas Zangyack, kepalanya pun akhirnya dihargai 100 ribu Zagin oleh Zangyack. Sebagai pembuka, jelas angka itu 1000 kali lipat lebih tinggi dibandingkan harga 100 Zagin yang dikenakan bagi kepala Don di episode 1. Dan dibandingkan si anak baru, selisih harga antara kepala Don dan kepala Gai masih berbeda 20 kali lipat. 5000 Zagin vs 100 ribu Zagin.

Dibandingkan dengan 2 episode sebelumnya, episode 19 lebih terasa acceptable buat saya. Mungkin karena faktor Don Dogoier yang dipasang untuk menjadi penyeimbang bagi seorang Ikari Gai. Ikari Gai dengan optimisme yang terasa berlebihan plus Don yang cenderung pesimis dan tidak percaya diri rupanya adalah kombinasi yang pas. Dengan bantuan dari Navi, Don akhirnya bisa menerima kehadiran Gai setelah sebelumnya ia cenderung bersikap sinis dan menarik diri dari Gai. Lewat episode ini juga kita bisa melihat bagaimana karakter seorang Don yang selalu digambarkan lemah dan nyaris tidak bisa diandalkan di dalam pertempuran. Dengan caranya sendiri, Don menjadi penopang semuanya di lini belakang lewat masakannya. (Dan ketika hal tersebut direnggut dari dirinya, ia pun merasa begitu terpukul) Selain masakan, Don juga selalu menjadi penyeimbang bagi semua orang yang menjadikan karakter-karakter dalam seri ini lebih hidup. Not to mention that he is the source of my inspirations to write naughty fanfics.

Dan apa pendapat saya setelah menyaksikan episode 19 ini? DON DOGOIER IS JUST TOO LOVELY!! Tidak salah kalau misalnya ada orang yang menganggap salah satu faktor yang menguatkan cerita seri ini adalah Don and his goofiness (meski Gai juga cenderung goofy dan jelas sangat menyebalkan).

Score for this episode: A.

Next: 第20話 迷いの森 (Mayoi no Mori), a tribute episode to Seijuu Sentai Gingaman

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: