宇宙海賊の日記

July 18, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第21話 冒険者の心 -review-

Episode 21 “Boukensha no Kokoro” (冒険者の心)
Skenario: Shimoyama Kento
Sutradara: Takemoto Noboru

Another tribute episode. This time, it is a tribute to 2006′s GoGo Sentai Boukenger.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penayangan seri “Kaizoku Sentai Gokaiger”, dua episode tribute ditayangkan berurutan tanpa ada episode filler di antara keduanya. Pertanda TOEI berusaha memasukkan sebanyak mungkin tribute episode ke dalam seri ini? Bisa jadi. Tentunya ini bukan hal yang jelek kan?🙂

Kesan yang saya tangkap setelah menyelesaikan episode 21 ini hanya satu: TOEI berhasil membawa kembali aura petualangan dan perburuan harta karun ala episode-episode awal Boukenger lewat episode ini. Kehadiran karakter tamu, Akashi Satoru yang merupakan former Bouken Red, dan acara perburuan Precious yang ditampilkan seakan melemparkan saya kembali ke masa 5 tahun yang lalu ketika Boukenger ditayangkan.

Bagi penonton yang belum sempat menonton film layar lebar “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 HERO Daikessen“, lewat episode ini kita memperoleh kepastian kalau Grand Power milik Boukenger telah resmi menjadi milik kelima orang bajak laut setelah film layar lebar tersebut diputar.

Apa saja poin penting dan menarik yang ada pada episode 21 ini? Beberapa poin penting tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama, Marvelous gusar setelah tahu kalau Basco tahu dimana ia bisa menemukan para senshi dari 34 tim Super Sentai pendahulu Gokaiger. Kegusaran Marvelous bertambah karena Basco dapat merebut paksa Grand Power milik mereka tanpa harus ‘memperoleh izin’ dari para pemilik kekuatan. Dalam situasi tersebut, ia memaksa Navi untuk melakukan otakara navigate secara akurat tanpa memberikan berbagai petunjuk yang sulit dipecahkan oleh para bajak laut. Di sini bisa diketahui kalau Navi hanya bisa melakukan ramalannya ketika saatnya tiba. Seandainya saatnya belum tiba, ia tidak bisa melakukan apapun biarpun dipaksa. Bagi Gokaiger, jelas ini merupakan titik lemah mereka. Basco bisa saja memperoleh semua Grand Power yang tersisa sementara Gokaiger harus menunggu saat yang tepat tersebut tiba.

Kedua, tentu saja, kemunculan Akashi Satoru sebagai bintang tamu di episode ini. Fumetsu no Kiba datang ke Gokai Galleon tanpa disadari oleh keenam orang bajak laut. Kehadirannya, tentu saja, mengejutkan semuanya. Kali ini, ia meminta bantuan Gokaiger untuk membantunya mengamankan Precious, Yomi no Shinzou, yang konon bisa membangkitkan makhluk yang sudah mati. Pada awalnya, Marvelous enggan ikut campur dalam perburuan harta karun tersebut. Akan tetapi, pancingan dari Satoru tepat mengenai umpan sehingga mau tak mau Marvelous ikut ambil bagian dalam perburuan itu… karena gengsinya. *GUBRAK*

Ketiga, kembalinya karakter musuh dari seri asli “GoGo Sentai Boukenger”. Kali ini, yang dimunculkan adalah Ryuuwon, pendiri Jaryuu-ichizoku. Sebelumnya Ryuuwon telah terbunuh di seri aslinya namun para bawahannya berusaha membangkitkan Ryuuwon dengan memanfaatkan kekuatan yang tersimpan di dalam Yomi no Shinzou. Selain harus bersaing dengan Jaryuu-ichizoku, Gokaiger dan Satoru juga harus berhadapan dengan pihak Uchuu Teikoku Zangyack yang kali ini turun ke bumi di bawah komando Insarn. Perburuan harta karun yang melibatkan tiga pihak ini, terus terang, memperkuat aura Boukenger dari episode ini.🙂

Keempat, arti dari bouken atau petualangan. Dalam kegusarannya karena masalah Basco, Marvelous jadi melupakan makna dari petualangan yang selama ini ia jalani, baik bersama Aka Red maupun rekan-rekannya. Kehadiran seorang Satoru yang merupakan petualang sejati membawa kembali makna petualangan bagi sang kapten muda yang tidak sabaran itu. Entah terinspirasi Satoru atau tidak, Marvelous ‘meminjam’ beberapa line dari Satoru ketika Gokaiger bertarung menghadapi Ryuuwon.

Kelima, pastinya adalah wujud dari Grand Power milik Boukenger yang berhasil diperoleh Gokaiger. Dengan menggunakan Ranger Key Boukenger, Gokaiger dapat melakukan summon atas Dai Bouken meski hanya dalam bentuk ilusi seperti ketika mereka mengakses Grand Power milik Gekiranger. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan kecil di sini. Ketika sosok Dai Bouken menghilang, GoGo Ken yang digunakan masih tertinggal sehingga Gokai-Ou bisa menggunakan pedang unik tersebut untuk mengalahkan lawan. Konsep yang lumayan menarik meski saya berharap bisa melihat wujud Grand Power yang lebih luar biasa dibandingkan ilusi Dai Bouken yang bisa bergerak sendiri dan GoGo Ken yang bisa digunakan oleh Gokai-Ou.

Keenam, pembuktian kalau Marvelous sebenarnya adalah petualang… versi gila. *siap-siap dilempar* Kenapa saya bisa menulis begitu? Karena memang begitulah faktanya. Satoru jelas-jelas berkata kalau Yomi no Shinzou yang sudah masuk ke dalam tubuh Ryuuwon harus dihancurkan karena sudah tidak bisa dikeluarkan lagi. Tapi Marvelous membuktikan kata-katanya kalau seorang bajak laut akan memperoleh semua yang ia inginkan. Dengan menggunakan tangan kosong, ia berhasil mengeluarkan Yomi no Shinzou dari dada Ryuuwon dan mengamankannya. Melakukan apa yang nyaris mustahil dan berhasil sepertinya memang sudah jadi ciri khas seorang Marvelous.

Secara keseluruhan, episode 21 mungkin tidak sekuat episode tribute untuk Samurai Sentai Shinkenger. Akan tetapi, episode ini saya anggap cukup berhasil membawa kembali kenangan ke masa lalu ketika Boukenger masih ditayangkan. Episode ini juga ditutup dengan sedikit misteri kecil yang mungkin akan membuat penasaran sebagian fans. Apakah Satoru memang sempat bertemu (lagi) dengan Aka Red? Kapan? Dimana? Lalu, apakah sebenarnya peran Satoru bagi Aka Red dan Gokaiger? Sekedar memberikan Grand Power milik Boukenger kepada Gokaiger ataukah ia juga berjanji untuk mengajarkan arti ‘petualangan’ kepada Marvelous? The mysterious line: 「これでいいんだろ? アカレッド」

Skor untuk episode 21: B+

「ちょっとした冒険だな」

*yang merasa super excited karena ada banyak line-nya Satoru yang dipakai Marvelous di episode 21 ini* YAY FOR GOKAIGER AND BOUKENGER!!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: