宇宙海賊の日記

August 1, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第23話 人の命は地球の未来 -review-

Episode 23 “Hito no Inochi wa Chikyuu no Mirai” (人の命は地球の未来)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Sakamoto Taro

Episode terakhir dari lima episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan di bulan Juli 2011. Episode ini adalah tribute episode untuk seri “Kyukyu Sentai GoGo V” yang ditayangkan pada tahun 1999-2000. Harapan saya, semoga episode yang kali ini bisa lebih baik daripada episode 20. *JUJUR*

Selain sebagai tribute episode yang menampilkan karakter tamu dari seri pendahulu, episode ini juga menjadi episode spesial bagi Luka dan Ahim. Kedua heroines ini mendapat porsi pemunculan yang lebih besar dibandingkan karakter lainnya dan sekaligus menjadi fokus di sini. Dan apa saja hal menarik yang ada di episode ini?

Pertama, tentu saja, adalah kata kunci yang diberikan oleh Navi kepada keenam orang bajak laut. Kata kunci kali ini relatif singkat: “menolong orang”. Akibatnya, berbagai interpretasi salah pun muncul. Yang jadi korban, sialnya, adalah Gokai Boys. Marvelous dan Gai mencoba untuk membantu orang-orang tua yang hendak menaiki tangga yang tinggi. Pertama, Marvelous menggendong satu orang tua. Selesai? Belum. Di bawah sana, Gai sudah mengumpulkan lebih dari lima orang tua yang minta di-piggy-back ke atas. Ketika keduanya sudah selesai dengan ‘tugas’ yang benar-benar menguras stamina itu… eng ing eng, lebih dari 30 orang tua lainnya sudah menunggu di bawah untuk digendong ke atas. Jelas-jelas bencana bagi Marvelous gara-gara Gai serta interpretasi mereka yang salah tentang “menolong orang”.
Nasib tak kalah buruk dialami Joe dan Don yang hendak membantu seseorang tapi malah akhirnya ditangkap banci dan didandani habis-habisan. Bencana… itu jelas-jelas bencana bagi keduanya.😛

Kedua, kemunculan karakter tamu, Tatsumi Matsuri, yang mewakili anggota GoGo V. Matsuri muncul dan memberikan bantuan kepada ibu hamil yang kebetulan bertemu dengan Luka dan Ahim. Kali ini, sang ibu hamil dan anak perempuannya yang memberitahukan keduanya kalau Matsuri adalah salah satu heroine yang ikut bertarung dalam pertempuran legendaris menghadapi Zangyack beberapa tahun yang lalu. Setelah kehilangan kekuatannya pun, Matsuri tetap menjalankan profesi sebagai perawat.

Ketiga, tentu saja, kemunculan Basco. Kali ini Basco muncul dan mengincar kekuatan maha besar milik GoGo V. Kalau biasanya Basco hanya ditemani oleh Sally, kali ini ia juga dibantu oleh pasukan Gormin dari Zangyack. Kemunculan mereka, tentu saja, semakin menegaskan hubungan ‘mesra’ yang terjalin di antara Basco dengan Zangyack. Kali ini, Basco kembali menggunakan Ranger Key yang berbeda untuk menghadapi Gokaiger: Zubaan, Kurojishi Rio, dan Mele.

Keempat, kekuatan maha besar milik GoGo V yang diterima oleh Gokaiger. Sama seperti kekuatan maha besar dari GoGo Sentai Boukenger, kekuatan maha besar milik GoGo V tidak memberikan perubahan wujud yang berarti pada Gokai-Ou. Ketika Ranger Key GoGo V digunakan, Gokai-Ou dapat menggunakan selang air untuk memadamkan api yang menjadi kekuatan Fireroid Meran yang dilepaskan oleh Basco. Selain serangan semprotan air, serangan lain dari kekuatan maha besar GoGo V yang diperoleh Gokaiger adalah Gokai Prominence yang wujudnya sedikit banyak menyerupai wujud serangan GoGo V.

Selain bertitik berat pada karakter-karakter wanita, episode ini juga berfokus pada ‘keluarga’. Luka dan Ahim berubah wujud menjadi anggota dari Fiveman dan Magiranger (selain GoGo V) yang notabene adalah keluarga.

Ah ya, sedikit masa lalu Luka juga terkuak di episode ini. Kata ‘keluarga’ sendiri memiliki arti yang besar bagi Luka yang gagal menyelamatkan nyawa adiknya dulu.

Bagi saya pribadi, EPISODE INI JELAS-JELAS MENYEBALKAN, karena seakan-akan menegaskan rumor yang saya terima 2 hari sebelum episode ini ditayangkan. APA-APAAN DENGAN ADEGAN MARVELOUS MENGGENDONG LUKA ITU? BUANG SAJA DIA KE SELOKAN… ATAU MAU KE DALAM SALURAN PEMBUANGAN AIR JUGA SAYA RESTUI!! BUANG KE MANA SAJA ASALKAN BUKAN DI GENDONGAN MARVELOUS!! *mulai menggila* POKOKNYA JAUH-JAUH DARI MARVELOUS, ITU SAJA!!

Secara keseluruhan, tidak ada yang terlalu istimewa dari episode ini. Cukup menarik namun tidak meninggalkan kesan yang mendalam, sama seperti tribute episode untuk Seijuu Sentai Gingaman. Semoga tribute episode berikutnya, episode 25 dan 26, bakalan lebih memuaskan dan punya skenario yang lebih kuat dibandingkan episode ini.

Skor untuk episode ini: C+

PS: Mengingat kebencian yang begitu besar terhadap Luka, rasanya aneh kalau ulasan ini bisa selesai ditulis tanpa banyak ngamuk-ngamuk sendiri… meski jelas objektivitas saya menghilang tanpa jejak selama proses penulisan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: