宇宙海賊の日記

August 15, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第25話 海賊とニンジャ -review-

Episode 25 “Kaizoku to Ninja” (海賊とニンジャ)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Katou Hiroyuki

Akhirnya, sampai juga di pertengahan cerita seri ini. Kenapa begitu? Normalnya, setiap seri Super Sentai terdiri dari 48-51 episode. Jadi ya jelas normal-normal saja kalau menganggap kita mulai memasuki separuh cerita bagian belakang kan?

Episode 25 (dan 26) adalah episode tribute yang ditujukan untuk seri yang diproduksi pada tahun 2002-2003, Ninpuu Sentai Hurricaneger. Karena itulah, format penulisan judul untuk episode 25 pun mengadopsi format yang digunakan oleh “Ninpuu Sentai Hurricaneger”.

Untuk membawa kembali ‘aura’ Hurricaneger ke dalam seri yang diproduksi 8 tahun setelah seri aslinya berakhir, dua orang musuh yang memiliki wujud yang sama dengan musuh-musuh di seri asli pun dimunculkan. Kali ini, musuh yang harus dihadapi oleh para bajak laut adalah Kodou-taichou, Satarakura Jr. dan Sandaaru Jr., yang merupakan penerus dari Satarakura dan Sandaaru. Satarakura dan Sandaaru merupakan dua dari tujuh anggota Ankuro Nanahon Yari yang paling kuat yang merupakan bagian dari Uchuuningun Jakanja. Dua seiyuu yang dulu menyuarakan kedua karakter ini, Shimada Bin dan Ikeda Shuuichi, kembali dipercaya untuk mengisi suara Satarakura Jr. dan Sandaaru Jr.. Cara yang sama juga digunakan ketika episode tribute untuk Juuken Sentai Gekiranger dan GoGo Sentai Boukenger ditayangkan. Bagi saya, terkadang cara seperti ini malah membuat seri ini lebih menarik karena beberapa fans memiliki kesempatan untuk bernostalgia.

Apa saja poin-poin yang menarik dari episode 25? Berikut adalah beberapa hal yang saya anggap cukup menarik…

Pertama, Gai masih tetap berusaha memperkenalkan 34 tim Super Sentai kepada para bajak laut yang berasal dari luar angkasa. Kali ini, ia memberikan pengarahan secara langsung kepada rekan-rekannya. Sayangnya, hanya Don dan Ahim yang menganggap penjelasan tersebut penting. Marvelous dan dua orang lainnya membuktikan kalau mereka adalah contoh murid yang bandel di sekolah. Melalui episode 25, penonton akan tahu kalau para bajak laut telah berhasil memperoleh 22 dari 34 kekuatan maha besar yang harus mereka kumpulkan.

Kedua, tentu saja, kemunculan Satarakura Jr. dan Sandaaru Jr. yang kini bekerja di bawah Uchuu Teikoku Zangyack. Rencana yang hendak mereka jalankan adalah menghancurkan bumi dengan misil-misil yang dibuat dari biji kastanye. Untuk memperoleh kastanye dan biji-bijinya, Satarakura Jr. mengejutkan orang-orang dan mengubah mereka semua menjadi kastanye.

Ketiga, kemunculan tiga anggota inti Ninpuu Sentai Hurricaneger: Shiina Yousuke, Nono Nanami, dan Bitou Kouta. Ketiganya masih belum memutuskan apakah mereka akan mempercayakan kekuatan maha besar Hurricaneger kepada para bajak laut atau tidak. Baru kali inilah, 3 orang anggota inti tim Super Sentai pendahulu Gokaiger muncul (kecuali kalau kita mau menganggap Doggie Kruger adalah anggota inti Tokusou Sentai Dekaranger juga). Ketiganya meminta agar Don, Ahim, dan Gai menyerahkan Ranger Key Hurricaneger kepada mereka agar mereka bisa pergi ke boki-kuukan ciptaan Satarakura Jr. untuk menyelamatkan Marvelous-tachi. Apa yang bakal dilakukan oleh ketiga orang bajak laut yang masih tersisa di dunia nyata tersebut? Sepertinya, Don dan Ahim memiliki pandangan yang sedikit berbeda dengan Gai.

Keempat, kemunculan tak terduga dari Karakuri Musha Fuuraimaru yang memberikan bantuan kepada Goujuujin yang sedang bertarung menghadapi Sandaaru Jr. raksasa.

Dibandingkan dengan episode tribute lainnya (selain episode 11 dan 12 yang merupakan episode tribute untuk Samurai Sentai Shinkenger, tentunya), episode 25 menampilkan cerita yang lebih menarik dan dalam ketimbang episode tribute yang hanya terdiri dari 1 episode saja. Cerita dengan sengaja digantung pada bagian yang membuat penasaran: apakah Ranger Key Hurricaneger akan diserahkan kepada ketiga orang ninja atau tetap dipertahankan oleh Don, Ahim, dan Gai?

IMO, ketimbang disebut sebagai episode tribute untuk Hurricaneger, episode ini sebenarnya lebih cocok diberi judul Kaizoku Sentai Gokaiger vs Hurricaneger. Formatnya sendiri sudah pas untuk V-Cinema kok. *diketok* Cerita yang menarik dan perkembangan cerita yang (sepertinya bakalan) lebih gila lagi. Benar-benar sebuah pembuka yang bagus untuk episode tribute yang terkesan kolosal.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: