宇宙海賊の日記

August 22, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第26話 シュシュッとTHE SPECIAL -review-

Episode 26 “Shushutto THE SPECIAL” (シュシュッとTHE SPECIAL)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Katou Hiroyuki

Episode penutup dari 2 episode yang dialokasikan untuk tribute kepada Ninpuu Sentai Hurricaneger. Dibandingkan episode sebelumnya dan episode tribute bagi Samurai Sentai Shinkenger yang juga terdiri dari 2 episode, episode ini adalah tribute episode yang paling menarik sampai saat ini. Tentu saja, ada beberapa bagian yang menjadikan episode ini lebih menarik dibandingkan episode-episode lainnya yang telah ditayangkan.

Pertama, tekad dari Don dan Ahim yang memutuskan untuk menyerahkan Ranger Key Hurricaneger kepada Yousuke, Nanami, dan Kouta. Keduanya memilih untuk mempercayai Hurricaneger yang jelas-jelas menyatakan kalau mereka masih belum mempercayai Marveloustachi. Kesiapan keduanya ditunjukkan oleh jawaban yang diberikan Ahim atas pertanyaan Yousuke, “Apa yang akan kalian lakukan seandainya kami memilih untuk tidak mengembalikan Ranger Key (Hurricaneger) ini?”. Jawaban Ahim: “Kalau sampai hal itu terjadi, kami akan merebut kembali Ranger Key tersebut secara paksa”. Kali ini, Don dan Ahim membuktikan kalau mereka punya kekuatan tekad yang kuat meski mereka mungkin tidak sekuat keempat rekan mereka.

Kedua, kuis neraka yang kejam yang diberikan Satarakura Jr. kepada Marvelous, Joe, dan Luka. Karena saya tidak pernah menonton “Ninpuu Sentai Hurricaneger” secara kontinu, saya jadi tidak punya gambaran tentang karakter Satarakura yang merupakan ‘ayah’ dari Satarakura Jr. selain sikapnya yang terkadang terlalu santai dan seenaknya yang jelas diturunkan langsung kepada Satarakura Jr. sebagai penerusnya. Jujur, bagian kuis ini adalah bagian yang relatif sulit untuk dimengerti karena bahasa Jepang yang saya kuasai tidak cukup dalam untuk menangkap arti dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Hanya ada satu pertanyaan yang bisa saya tangkap dari semua pertanyaan yang ada: pertanyaan yang diberikan oleh Yousuke kepada Satarakura Jr. yang menjadi kunci kekalahan Kodou-taichou tersebut.

Ketiga, pengakuan Hurricaneger akan ‘kekuatan tekad’ dari Marvelous, Joe, dan Luka. Ketiganya memilih untuk tidak menjawab satupun pertanyaan yang diberikan oleh Satarakura Jr. meski mereka harus menghadapi hukuman dari sang pemberi kuis. Ternyata ketiganya punya alasan sendiri untuk melakukan itu: demi melindungi orang-orang yang telah diubah menjadi kastanye oleh Satarakura Jr..

Empat, adegan pertarungan kolaborasi Gokaiger dan Hurricaneger. Jujur, meski adegan pertempurannya terasa terlalu singkat, tetap saja adegan pertempuran kali ini digarap dengan GILA… terutama untuk bagian Gokai Red dan Hurricane Red. EPIC SCENES! Bagi orang-orang yang sudah pernah menyaksikan V-Cinema dari seri Super Sentai, mungkin adegan pertempuran di episode ini akan mengingatkan mereka akan adegan dari V-Cinema. Dan karena alasan itulah, saya setuju kalau ada yang menyebut episode 25 dan 26 ini sebagai “Kaizoku Sentai Gokaiger vs Hurricaneger”. Sampai sekarang pun saya masih terbayang-bayang adegan aksi Gokai Red dan Hurricane Red yang, OMG, so damn epic itu.🙂

Kelima, formasi baru untuk Gokai-Ou: Hurricane Gokai-Ou yang merupakan penggabungan dari Gokai-Ou dengan Fuuraimaru. Akhirnya, setelah sekian lama tidak memperoleh upgrade form, kali ini Gokaiger bisa mengakses Fuuraimaru dan menggabungkannya dengan Gokai-Ou. Senjata, special move, dan finishing move dari Hurricane Gokai-Ou semuanya menggunakan shuriken yang semakin menguatkan aura ninja dari Hurricaneger. To be honest, special move dan finishing move dari Hurricane Gokai-Ou itu keren.🙂

Penutup dari episode ini juga dibuat lebih spesial dibandingkan penutup episode reguler lainnya. Kali ini, para ninja berkunjung ke Gokai Galleon dan bersenang-senang dengan para bajak laut. Lalu masih ada lagi adegan foto bersama antara Gokaiger dan Hurricaneger yang akhirnya malah dirusak oleh kemunculan mendadak Navi di depan kamera. *LOL*

Secara keseluruhan, plot untuk episode 25 dan 26 mengalir secara ‘menyenangkan’ dan menarik untuk diikuti dan dinikmati. Belum lagi interaksi yang terjalin di antara para bajak laut dan ninja yang, menurut saya pribadi, terasa lebih menggigit dibandingkan dengan interaksi yang pernah terjalin dengan karakter-karakter dari seri pendahulu lainnya.

Skor yang saya berikan untuk episode 26: A+

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: