宇宙海賊の日記

September 12, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第29話 アバレ七変化で新合体 -review-

Episode 29 “Abare Shichihenge de Shin Gattai” (アバレ七変化で新合体)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Watanabe Katsuya

Episode 29 merupakan episode kedua dari empat episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan September. Kali ini, giliran tribute episode untuk “Bakuryuu Sentai Abaranger” (2003-2004).

Dibandingkan episode 28 yang cenderung dewasa dan kelam, episode 29 memiliki cerita yang relatif lebih ceria dan ringan. Selain disuguhi adegan-adegan penyamaran Ahim de Famille, beberapa adegan yang mengundang tawa juga dimasukkan ke dalam episode ini.

Shichihenge yang bisa diterjemahkan sebagai ‘tujuh perubahan’ merupakan kata kunci bagi episode ini. Shichihenge merupakan salah satu kemampuan khusus yang dimiliki oleh para heroine dalam seri Super Sentai, terutama yang mengenakan kostum berwarna pink. Setelah selama beberapa tahun adegan perubahan shichihenge tidak dimasukkan ke dalam seri Super Sentai, tahun ini adegan perubahan yang… er, cukup spektakuler tersebut kembali tampil. Hanya saja, seperti biasanya, adegan perubahan kostum dan perpindahan lokasi yang terjadi karena perubahan tersebut terasa absurd dan tidak bisa diterima akal sehat. Karena itulah, setiap kali menyaksikan adegan seperti ini, saya memutuskan untuk mengistirahatkan otak saya agar saya dapat dengan leluasa menikmati episode yang diputar tanpa harus berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan logis yang (PASTI) bermunculan. Lagian, mana ada sih monster yang habis ditendang di luar bangunan mendadak muncul di dalam sebuah klinik? Tendang sekali lagi, monsternya muncul di jalan yang jaraknya entah berapa kilometer dari klinik tadi. Absurd kan? Makanya, adegan seperti ini harus dinikmati tanpa logika.

Sekali lagi, Ahim membuktikan diri kalau ia bukan tipe your-ordinary-princess yang terkesan pasrah. Dalam episode ini, Ahim berinisiatif menjebak musuh dengan menyamar menjadi pengantin bersama Gai. Dan gayanya ketika melepaskan tembakan dalam balutan gaun pengantin… OMG, Ahim, you’re truly a fighting princess.

Hal lain yang mengundang senyum (dan mungkin tawa) adalah adegan ketika Kodou-taichou, Daiyaaru, masuk ke dalam Gokai-Ou dan menimbulkan kekacauan di sana. Trio cepat-kaki-ringan-tangan-tapi-tak-pakai-otak, Marvelous, Joe, dan Luka, langsung melepaskan tembakan di dalam ruang kendali. Hasilnya? Rusak berat. Dan kejadian ini membuktikan kalau orang yang paling berjasa di garis belakang adalah Don, sang mekanik kapal, yang jelas-jelas memasang tampang jutek dan bicara dengan nada menyalahkan ke arah tiga orang yang secara serampangan menembakkan pistol di dalam ruang kendali.

Selain dibumbui dengan berbagai adegan penuh humor termasuk dari pihak Zangyack, episode ini juga menampilkan penggabungan baru Gokai-Ou dengan Goujuujin. Penggabungan ini merupakan satu dari dua kekuatan maha besar Abaranger yang selama ini belum pernah digunakan oleh para bajak laut. Dua karakter dari seri “Bakuryuu Sentai Abaranger”, Sanjou Yukito dan Sanjou Emiri, muncul sebagai bintang tamu. Selain Yukito yang memberitahukan wujud lain dari kekuatan maha besar Abaranger, Emiri juga memberikan Ranger Key Abare Pink yang tidak pernah eksis. Jelas saja tidak pernah eksis, itu kan cuma karakter khayalannya dia saja. Dan apa yang terjadi ketika Ahim berubah wujud dengan menggunakan Ranger Key Abare Pink tersebut?

Sebagai tribute episode, episode yang satu ini terasa lebih menghibur dan ringan meski dalam kadar yang wajar. Setelah pada minggu sebelumnya dicekoki dengan episode yang gelap, mungkin memang episode ringan seperti inilah yang paling cocok untuk mengembalikan mood penonton yang mayoritas anak-anak. Suka atau tidak suka, ini toh ‘hanyalah’ acara untuk anak-anak.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: