宇宙海賊の日記

September 19, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第30話 友の魂だけでも -review-

Episode 30 “Tomo no Tamashii Dake Demo” (友の魂だけでも)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Watanabe Katsuya

Episode 30 merupakan episode ketiga dari empat episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan September. Kali ini, giliran tribute episode untuk “Choujuu Sentai Liveman” (1988-1989).

Entah disengaja atau tidak, ada sebagian kisah dan kejadian dalam Gokaiger yang mungkin mengingatkan para fans Super Sentai akan kisah dan kejadian yang pernah terjadi dalam Liveman. Ya, kisah tentang teman yang kemudian berubah menjadi musuh. Dalam Liveman, hal tersebut digambarkan lewat tiga karakter yang menjadi petinggi Volt: Doctor Kemp, Doctor Mazenda, dan Doctor Obuura. Sebelum menjadi musuh dari Amamiya Yuusuke, Oohara Jo, dan Misaki Megumi, ketiganya adalah rival dari Yuusuke, Jo, dan Megumi di sekolah Academia yang merupakan sekolah elit tempat para siswa dan siswi jenius dari seluruh dunia berkumpul. Dalam Gokaiger, kisah tentang teman yang berubah menjadi musuh ini ditampilkan lewat karakter Joe Gibken dan Sid Bamick yang diubah menjadi Barizorg oleh Uchuu Teikoku Zangyack.

Kisah kelahiran Barizorg dan misteri tentang siapa yang telah mengubah Sid Bamick menjadi Barizorg akhirnya diungkapkan di episode 30. Mad scientist dari Zangyack, Zaien, adalah sosok di balik perubahan Sid Bamick menjadi Barizorg. Melalui alat penyimpan data milik Zaien yang jatuh ketika sedang bertarung menghadapi Joe dan Ahim, rahasia di balik kelahiran Barizorg perlahan-lahan terbongkar. Dengan bantuan dari Oohara Jo – yang disebut Navi sebagai ‘singa yang piawai dalam menggunakan skateboard‘ dalam ramalannya – Joe berusaha untuk menemukan cara mengubah kembali Barizorg menjadi Sid Bamick. Kepedihan Joe ketika mengetahui Barizorg tidak dapat diubah kembali menjadi Sid Bamick sama seperti kepedihan yang dirasakan Oohara Jo yang harus bertarung melawan teman-temannya sendiri 23 tahun yang lalu. Lewat seorang Oohara Jo, Joe akhirnya bisa menerima fakta kalau Sid Bamick tak akan kembali lagi, tapi ia tidak akan membiarkan orang lain merasakan kepedihan dan penderitaan yang sama dengan dirinya dan Sid Bamick.

Keputusan untuk mengungkapkan rahasia di balik penciptaan Barizorg dalam tribute episode untuk Liveman merupakan keputusan yang tepat. Mungkin memang dibutuhkan seseorang yang memiliki kepedihan dan masa lalu yang sama untuk membuka mata Joe tentang Barizorg dan Sid Bamick. Setelah memperoleh suguhan episode yang mengundang tawa di episode 29, episode 30 merupakan episode yang benar-benar bertolak belakang dengan episode sebelumnya. Penonton kembali disuguhi kisah yang menyentuh tentang sahabat yang ‘dipaksa’ menjadi musuh dan bagaimana seorang hero berusaha untuk mengembalikan sang sahabat yang telah berubah itu. Apa yang terjadi di antara Joe dan Sid Bamick benar-benar merupakan ulangan dari apa yang terjadi 23 tahun lalu pada Oohara Jo dan teman-temannya dari Academia.

Skenario yang ditulis oleh Komura Junko untuk episode ini terasa cukup sederhana dan tidak bombastis, namun memiliki kekuatan sendiri dan terasa cukup menggigit. Saya sendiri sempat berpendapat kalau tribute episode untuk Liveman ini pantas memperoleh jatah 2 episode. Tapi karena keterbatasan episode, hanya beberapa seri saja yang memperoleh keistimewaan tersebut.

Aura Liveman pada episode 30 ini semakin diperkuat dengan karakter mad scientist Zaien yang suaranya diisi oleh Nakata Jouji. 23 tahun yang lalu, Nakata Jouji-lah yang memerankan karakter Dai-kyoujuu Bias yang merupakan penguasa Volt.

Bagi saya pribadi, episode ini memberikan gambaran tentang apa yang dilakukan oleh Oomura Jo setelah seri Liveman berakhir. Amamiya Yuusuke sempat muncul dalam video spesial, Hyakujuu Sentai Gaoranger vs Super Sentai, yang dirilis 10 tahun yang lalu. Kali ini, giliran Jo yang unjuk kemampuan. This is interesting… truly interesting…

My score for this episode: A

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: