宇宙海賊の日記

September 26, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第31話 衝撃!!秘密作戦 -review-

Episode 31 “Shougeki!! Himitsu Sakusen” (衝撃!!秘密作戦)
Skenario: Shimoyama Kento
Sutradara: Takemoto Noboru

Episode 31 merupakan episode penutup dari empat episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan September. Kali ini, “Chouriki Sentai Ohranger” (1995-1996) yang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan tribute episode. Seperti yang telah disebutkan di dalam berbagai sumber jauh-jauh hari sebelum episode ini ditayangkan, 2 karakter dari “Chouriki Sentai Ohranger”: Hoshino Gorou (diperankan oleh Shishido Masaru) dan Maruo Momo (diperankan oleh Satou Tamao) tampil sebagai bintang tamu. Episode ini juga sekaligus membuktikan kebenaran dari beberapa rumor yang pernah beredar sebelumnya, terutama yang berhubungan dengan aktivitas Basco ta Jolokia.

Episode 31 dibuka dengan adegan Basco yang merebut paksa kekuatan maha besar dari Dengeki Sentai Changeman (1985-1986) dengan bantuan dari Wolzard Fire. Adegan ini membuktikan kebenaran kabar angin tentang Basco yang berhasil mengumpulkan beberapa kekuatan maha besar selama ia absen dari layar kaca. Terakhir kali, Basco muncul di episode 23 ketika para bajak laut berhasil memperoleh kekuatan maha besar Kyukyu Sentai GoGo V.

Di luar dugaan, ada pihak ketiga selain Gokaiger yang mengetahui aksi Basco. Pihak ketiga tersebut adalah U.A.O.H atau United Airforce Overtech Hardware yang berada di belakang Ohranger. Dua anggota Ohranger, Hoshino Gorou dan Maruo Momo, diperlihatkan telah menjadi orang-orang yang memiliki posisi cukup penting dalam U.A.O.H.. Pihak U.A.O.H. yang tahu kalau Basco telah memperoleh kekuatan maha besar Changeman pun memutuskan untuk bertindak. Momo bertugas memberikan kekuatan maha besar kepada Gokaiger sedangkan Gorou menghubungi Basco dan berjanji akan memberikan kekuatan maha besar Ohranger kepada Basco asalkan Basco mau memberitahukan lokasi pesawat induk Uchuu Teikoku Zangyack, Gigant Horse, berada.

Sementara Gorou bertransaksi dan sekaligus beradu kecerdikan dengan Basco, Momo bertugas untuk menahan para bajak laut agar tidak mengacaukan rencana yang telah disusun oleh Gorou. Kalau sampai rencana Gorou gagal, Momo-lah yang akan memberikan kekuatan maha besar Ohranger kepada Gokaiger. Baru tahu saya kalau ternyata kekuatan maha besar bisa ditransfer kesana kemari di antara orang-orang yang tergabung dalam satu tim Super Sentai yang sama.

Kehadiran Basco, tentu saja, tidak lengkap tanpa Ranger Key miliknya. Dalam kesempatan kali ini, Basco mengerahkan sembilan Ranger Key yang tersisa untuk menghadapi Gokaiger: Signalman (dari Gekisou Sentai Carranger ~ 1996-1997), Deka Master dan Deka Swan (dari Tokusou Sentai Dekaranger ~ 2004-2005), Wolzard Fire dan Magi Mother (dari Mahou Sentai Magiranger ~ 2005-2006), Zubaan (dari GoGo Sentai Boukenger ~ 2006-2007), Kurojishi Rio dan Mele (dari Juuken Sentai Gekiranger ~ 2007-2008), dan Shinken Red ~ Hime (dari Samurai Sentai Shinkenger ~ 2009-2010). Dengan memanfaatkan kekuatan maha besar Ohranger yang mengambil wujud bazooka Ohré Bazooka. Baru kali inilah kekuatan maha besar Super Sentai yang ditampilkan berwujud senjata dan bukannya upgrade mecha atau sesuatu yang bersifat non-fisik. Selain Ohré Bazooka, kelima orang bajak laut juga menghadapi para Ranger Key dengan menggunakan serangan dari Ohranger.

Bagian yang paling tidak terduga, tentu saja, adalah wujud sesungguhnya dari Basco. Tidak pernah ada seorang pun yang menulis tentang Basco yang bakal menunjukkan wujud sesungguhnya di episode 31 ini. Ketika semua orang mengira ia terdesak setelah kehilangan sembilan Ranger Key yang terakhir, Basco dengan santainya berubah ke wujud monsternya. Khas Basco: santai dan berbahaya. Dan dalam wujud tersebut, Basco dengan mudah berhasil mengalahkan Gokaiger. Faktor wujud asli Basco yang benar-benar merupakan kejutan ini adalah hal yang paling tidak terduga dari episode 31 ini. Sebuah kejutan menyenangkan yang, terus terang, mengubah cerita ke arah yang sedikit tidak terduga.

Rumor lain yang terbukti kebenarannya adalah rumor tentang dua kekuatan maha besar Super Sentai lainnya yang telah diperoleh Basco. Sebelum memperoleh kekuatan maha besar Changeman, Basco rupanya telah memperoleh kekuatan maha besar dari Choushinsei Flashman (1986-1987) dan Hikari Sentai Maskman (1987-1988). Dan apa yang harus dilakukan oleh para bajak laut agar mereka bisa memperoleh kembali tiga kekuatan maha besar yang ada di tangan Basco? Meski sisa ceritanya bisa ditebak, tetap saja ada unsur fun yang tersimpan di balik setiap skenario yang belum ditayangkan.

My score for this episode: A

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: