宇宙海賊の日記

October 3, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第32話 力を一つに -review-

第32話 力を一つにEpisode 32 “Chikara wo Hitotsu ni” (力を一つに)
Skenario: Shimoyama Kento
Sutradara: Takemoto Noboru

Episode 32 merupakan episode pembuka dari lima episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan Oktober 2011. Episode ini merupakan non-tribute episode yang sekaligus adalah lanjutan dari episode 31. Episode ini juga sekaligus menandakan munculnya senjata baru bagi para bajak laut.

Pasca kekalahan yang menyesakkan dari Basco ta Jolokia, para anggota Gokaiger mulai mencari jalan untuk meningkatkan kekuatan mereka agar dapat menghadapi Basco ketika mereka bertemu lagi. Marvelous, Joe, dan Luka berusaha meningkatkan kemampuan bertarung mereka dengan berlatih. Di lain pihak, Don menempuh jalan lain. Ia memilih untuk meningkatkan kemampuan senjata yang ia miliki. Hasilnya, seperti yang bisa dilihat, adalah Gokai Gun yang menggunakan dua buah Gokai Cylinder sehingga dua buah Ranger Key bisa digunakan bersama-sama. Masalahnya, Gokai Gun tidak dapat menahan kekuatan dari dua buah Ranger Key yang digunakan sekaligus.

Gagal dengan upaya modifikasi Gokai Gun, Don lalu mencoba menciptakan senjata original berupa bazooka yang diaktifkan dengan menggunakan lima buah Ranger Key. Lewat berbagai proses yang menyita pikiran dan waktu, akhirnya Gokai Galleon Buster berhasil diselesaikan.

Gokai Galleon Buster seakan membawa penonton kembali ke masa-masa ketika tim-tim Super Sentai banyak yang menggunakan senjata berbentuk meriam berukuran besar untuk mengalahkan lawan-lawan mereka. Kehadiran Gokai Galleon Buster ini sendiri seperti merupakan tribute kepada berbagai senjata berbentuk meriam yang pernah muncul dan digunakan sebelumnya.

Dalam episode ini juga secara jelas ditegaskan tentang karakter Don yang tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Akan tetapi, dengan kehadiran rekan-rekannya yang menjadi sumber kekuatannya, Don bisa melakukan berbagai hal yang sebelumnya mungkin tak pernah terlintas di dalam benaknya. Salah satu contohnya, tentu saja, adalah menciptakan senjata baru. Don mungkin saja piawai dalam menyetel mesin dan melakukan hal-hal yang berbau teknis, akan tetapi menciptakan senjata jelas bukan bidangnya.

Episode 32 jelas terhubung langsung dengan episode 31 karena Don menggunakan Ranger Key dari Chouriki Sentai Ohranger dan kekuatan maha besar Ohranger untuk menyempurnakan Gokai Galleon Buster-nya. Agar ‘benang merah’ tersebut dapat tersambung, sejak awal pun rancangan Gokai Galleon Buster sudah ‘mengadopsi’ rancangan dari Ohré Bazooka milik Ohranger. Mungkin akan lebih menarik seandainya Gokai Galleon Buster tidak ‘mengadopsi’ konsep yang terdapat pada Ohré Bazooka. Bagi saya, ini adalah hal yang patut disayangkan, apalagi mengingat Gokai Galleon Buster adalah senjata original ciptaan Don. Sempat terlintas sebuah pemikiran kalau Don ‘terpaksa’ menggunakan Ranger Key Ohranger untuk menyempurnakan Gokai Galleon Buster karena ia dikejar-kejar waktu. Sementara ia berusaha menyelesaikan Gokai Galleon Buster, keempat rekannya dibuat tidak berdaya oleh Shieldon. Mungkin memang kekuatan maha besar Ohranger diperlukan untuk mempercepat penyelesaian Gokai Galleon Buster.

Adegan paling epic dalam episode ini, tentu saja, adalah ketika Don muncul dengan membawa Gokai Galleon Buster dan menembakkannya ke arah Shieldon. Sejak awal, saya sudah berharap kalau opening theme dari seri ini akan digunakan untuk adegan tersebut dan, VOILA, harapan tersebut dikabulkan.

Kalau bicara soal wujud Gokai Galleon Buster… ehem, bentuknya sedikit aneh. Masa’ meriam bentuknya seperti kapal bajak laut?😛 Tapi saya suka dengan konsep lima Ranger Key yang dibutuhkan untuk mengaktifkan Gokai Galleon Buster. Satu lagi keunikan Gokai Galleon Buster: bagian yang terbuat dari kaca / plastik yang berbentuk layar kapal yang digunakan untuk mengunci target. Entah kenapa, rasanya lucu dan menarik banget.

Bagi saya, episode 32 berhasil membawa kembali aura seri Super Sentai klasik ke dalam seri “Kaizoku Sentai Gokaiger”. Plus, tentu saja, hubungan saling percaya di antara keenam orang bajak laut yang digambarkan dengan begitu jelas serta secuil kejadian di masa lalu. Mungkin episode ini bukan yang terbaik, tapi jelas episode ini memiliki kekuatannya sendiri.

My score for this episode: A-

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: