宇宙海賊の日記

October 10, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第33話 ヒーローだァァッ!! -review-

Episode 33 “HERO Daaaa!!” (ヒーローだァァッ!!)
Skenario: Ishibashi Daisuke
Sutradara: Sakamoto Tarou

Episode 33 merupakan episode kedua dari lima episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan Oktober 2011. Episode ini merupakan tribute episode untuk seri yang ditayangkan pada tahun 1993-1994, Gosei Sentai Dairanger. Tampil sebagai ‘perwakilan’ dari Dairanger adalah Tenkasei Ryou, yang dulu dikenal sebagai Ryu Ranger. Aktor Wada Keiichi kembali tampil sebagai Tenkasei Ryou khusus untuk episode ini.

Secara pribadi, tidak ada yang bisa dianggap istimewa dari episode ini. Tapi, tentu saja, episode ini juga tidak mengecewakan. Mungkin karena saya secara pribadi kurang menyukai karakter Ikari Gai yang menjadi sorotan di dalam episode ini makanya saya jadi sedikit ‘dingin’ dalam menanggapi ceritanya. Hi hi hi, jelas faktor sentimen berperan penting dalam hal ini.

Meski demikian, episode ini mengajarkan suatu hal penting kepada Gai dan (mungkin) kita semua. Karena bisa berubah wujud menjadi Gokai Silver, Gai jadi ‘terperangkap’ dalam pemikiran kalau ia hanya bisa menjadi pahlawan ketika ia berubah wujud. Ketika ia kehilangan Gokai Cellular, alat perubahan wujud miliknya, dunia serasa berakhir. Jalan untuk menjadi seorang pahlawan telah tertutup. Beruntung, masih ada seorang veteran, Tenkasei Ryou, yang mengingatkan Gai tentang hal yang (mungkin) telah dilupakan oleh Gai selama ini. Bahkan tanpa berubah wujud pun seseorang bisa menjadi pahlawan bagi orang lain. Asalkan keinginan untuk melindungi orang lain itu ada, seseorang tetap bisa menjadi pahlawan. Lagipula, apa pentingnya menjadi seorang pahlawan? Bukankah jauh lebih penting seandainya kita bisa melindungi orang lain tanpa harus menonjolkan diri kita sendiri? Mungkin ini adalah hal kedua yang ingin diajarkan oleh Ryou kepada Gai meski ia tidak secara gamblang menyatakannya. Terus terang, bagian inilah bagian yang paling baik dari episode ini selain adegan-adegan perubahan wujud menjadi Hyakujuu Sentai Gaoranger, Juuken Sentai Gekiranger, dan, tentu saja, Gosei Sentai Dairanger.

Secara pribadi, saya beranggapan kalau kekuatan skenario episode 33 ada pada karakter Ryou yang muncul untuk memberikan bimbingan kepada juniornya. Lewat episode ini juga ditunjukkan kalau Ryou telah mengenal kelima orang bajak laut yang berasal dari luar angkasa. Tentu saja, Ryou adalah salah satu veteran Super Sentai yang sempat tampil dalam film layar lebar “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen“.
Kalaupun ada yang kurang, mungkin kekurangan itu ada pada cerita yang terkesan terlalu ringan serta desain monster yang sangat ‘parah’. Tingkat keseriusan episode ini langsung anjlok gara-gara sang monster yang wujudnya memprihatinkan dan suaranya pun amat sangat tidak meyakinkan.

My score for this episode: B

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: