宇宙海賊の日記

November 7, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第37話 最強の決戦機 -review-

Episode 37 “Saikyou no Kessenki” (最強の決戦機)
Skenario: Shimoyama Kento
Sutradara: Watanabe Katsuya

Episode 37 merupakan episode pertama dari empat episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan November. Setelah pada 2 episode terdahulu fans disuguhi tribute episode, kali ini giliran non-tribute episode yang ditayangkan. Meski non-tribute episode cenderung kurang ‘dahsyat’ kalau dibandingkan dengan tribute episode yang selalu menghadirkan bintang tamu dan menjadi ajang nostalgia fans-fans lama, episode 37 dan 38 berbeda. Kenapa? Kedua episode ini bisa dikatakan merupakan episode krusial yang mungkin saja bakalan menjadi penutup bagi sebuah bab dan sekaligus menjadi awal yang baru pula.

Salah satu sorotan utama dalam episode 37 adalah Great Waltz, kendaraan perang terkuat yang dikirimkan oleh penguasa tertinggi Uchuu Teikoku Zangyack, Akudosu Giru, kepada anaknya, Waruzu Giru, yang memegang posisi sebagai komandan tertinggi pasukan Zangyack yang ditugaskan untuk melakukan invasi ke Bumi. Ketidakmampuan Waruzu Giru dalam menumpas para bajak laut luar angkasa akhirnya sampai di telinga ayahnya yang menugaskan dua orang Dogormin, yang merupakan pengawal pribadi Akudosu Giru yang kekuatannya setara dengan Kodou-taichou, untuk membawa Great Waltz ke Gigant Horse. Lewat adegan-adegan yang ditampilkan dalam episode kali ini, kita akhirnya mengetahui kalau bahkan Akudosu Giru pun menyadari inkompetensi anaknya sendiri sebelum ia mengirimkan Waruzu Giru untuk memimpin pasukan yang bertugas melakukan invasi ke Bumi. Karena itulah, Sanbouchou Damaras ditugaskan untuk mendampingi Waruzu Giru ke bumi. Tanpa diketahui oleh sang ayah dan Damaras, Waruzu Giru tahu kalau keduanya menganggap dirinya bodoh dan tidak kompeten. Karena itulah, ia memutuskan untuk mengendarai sendiri Great Waltz dan menyapu bersih para bajak laut yang telah menjadi duri di dalam daging bagi Zangyack.

IMO, desain dari Great Waltz tidak bisa dibilang terlalu keren gara-gara ada wajah yang mirip dengan wajahnya Waruzu Giru di bagian dadanya. Kesannya malah jadi sedikit norak, kalau boleh jujur. *kabur sebelum ada yang protes* Untuk kemampuan… well, standar robot musuh banget ya. Pertama kali keluar sih kuat, nanti pasti langsung kalah di pertarungan kedua setelah robot jagoannya memperoleh form yang baru. Serangan-serangannya punya wujud yang lumayan… meski serangan terkuatnya malah nggak terasa istimewa banget kedahsyatannya. *fans yang banyak komplain*

Hal lain yang cukup menarik dari episode ini adalah arti ‘melindungi sesuatu’ bagi Marvelous (dan para bajak laut yang berasal dari luar angkasa) dan Gai. Bagi Gai, kata ‘melindungi’ berarti melindungi Bumi namun Marvelous memiliki persepsi yang berbeda mengenai hal itu. Sepertinya, ‘melindungi sesuatu’ terasa lebih personal bagi Marvelous mengingat ia masih tetap hidup berkat pengorbanan Aka Red ketika mereka diserbu oleh pasukan Zangyack pasca pengkhianatan Basco ta Jolokia dulu. Mungkin karena alasan itu pula makanya Marvelous memutuskan untuk mengorbankan dirinya ketika Goujuu Gokai-Ou pun tidak dapat mengimbangi kekuatan Great Waltz yang dikemudikan oleh Waruzu Giru. Secara paksa, Marvelous ‘mengeluarkan’ kelima rekannya dari kokpit Goujuu Gokai-Ou sementara ia sendiri tetap tinggal untuk menghadapi Great Waltz. Apakah ia bermaksud melakukan hal yang sama seperti Aka Red?

Episode 37 dan 38 jelas menjanjikan sesuatu yang tidak kalah bombastis kalau dibandingkan dengan tribute episode. Kalau sebelumnya para bajak laut berusaha untuk menemukan kekuatan maha besar dari tim Super Sentai pendahulu mereka, kali ini mereka akan menemukan kekuatan maha besar milik Kaizoku Sentai Gokaiger… kekuatan maha besar mereka sendiri. Dan dengan demikian, pertanyaan Machalcon tentang wujud kekuatan maha besar Gokaiger pun akan segera terjawab. Pertanyaan dari Machalcon di awal episode 37 sudah memberikan sedikit hint tentang apa yang mungkin akan terjadi di episode 37 dan 38. Lalu, jawaban tentang akhir dari hubungan Joe dan Barizorg pun akan terjawab….

My score for this episode: A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: