宇宙海賊の日記

December 5, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第41話 なくしたくないもの -review-

Episode 41 “Nakushitakunai Mono” (なくしたくないもの)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Takemoto Noboru

Episode 41 merupakan episode pertama dari empat episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada bulan Desember 2011. Meski (sepertinya) seluruh episode yang ditayangkan di bulan Desember ini bukanlah tribute episode, tetap saja episode-episode ini patut untuk dinantikan. Kenapa? Masa lalu dari 2 orang bajak laut, Ahim de Famille dan Don Dogoier bakal dikupas di episode 41 s/d 43. Episode 41 digunakan untuk menceritakan kisah masa lalu Ahim sedangkan episode 42 dan 43 akan membawa kita melihat kenyataan dan masa lalu di balik misteri karakter Don Dogoier.

Dari sisi Uchuu Teikoku Zangyack, setelah vakum selama 2 episode pasca tewasnya Waruzu Giru di episode 38, mereka kembali aktif di episode ini. Penguasa tertinggi Zangyack, Akudosu Giru, akhirnya memutuskan untuk datang sendiri ke Gigant Horse. Imbas dari kedatangan tersebut adalah penahanan Damaras yang dianggap turut memiliki andil dalam tewasnya Waruzu Giru. IMO, mungkin TOEI menganggap kalau sekaranglah saat yang tepat untuk mengangkat karakter Damaras ini ke bawah sorotan lampu sorot setelah sekian lama hanya menjadi ‘karakter pendukung’ meski bisa dikatakan kalau ia jauh lebih kompeten ketimbang sang komandan muda yang emosian. Sebenarnya patut disayangkan, kenapa karakter Damaras tidak ditonjolkan sejak jauh-jauh hari instead of being given the spotlight now?

Dari sisi para bajak laut, Ahim akan ‘dipertemukan’ dengan Zatsurigu, salah satu anggota pasukan pengawal khusus yang bertugas melindungi Akudosu Giru, penguasa tertinggi Zangyack. Zatsurigu adalah sosok yang dikenal sebagai Wakusei no Hakaishin atau Dewa Penghancur Planet yang telah menghancurkan ribuan planet. Salah satu planet yang menjadi korbannya, tentu saja, adalah planet kelahiran Ahim, planet De Famille. Karena itulah, Ahim menunjukkan reaksi yang berbeda ketika Zatsurigu muncul di hadapannya. Untuk pertama kalinya, Ahim seperti kehilangan ketenangan dan sifat cinta damainya.

Selain berkisah tentang dendam kepada Zatsurigu yang tersimpan di dalam hati Ahim, episode ini juga menjawab rasa penasaran fans tentang proses bergabungnya Ahim dengan para bajak laut. Ahim memutuskan untuk bergabung dengan Gokaiger karena ia ingin membalas dendam atas kematian ayah dan ibunya serta kehancuran planet kelahirannya. Akan tetapi, proses di balik bergabungnya Ahim serta alasan yang digunakannya merupakan hal-hal yang bisa dikatakan cukup menarik. Ahim memutuskan untuk bergabung dengan Gokaiger sambil membawa selembar poster dengan foto Captain Marvelous di atasnya. Kepada Marvelous, Joe, Luka, dan Don, Ahim berkata kalau ia ingin menjadi seorang bajak laut sebagai simbol perlawanan planet de Famille terhadap Zangyack. Meski para penghuni planet tersebut telah tercerai-berai ke berbagai belahan jagat raya setelah penyerbuan Zangyack, Ahim tetap ingin mempertahankan kebanggaan atas planet tersebut. Dengan bergabung bersama para bajak laut yang menentang Zangyack, Ahim tahu kalau wajahnya pun akan terpampang di poster sebagai buronan Zangyack. Ia dengan sengaja ingin membiarkan wajahnya dipajang di poster sebagai bukti kalau ia masih hidup dan akan terus bertarung menghadapi Zangyack. Logikanya mungkin sedikit aneh, tapi Ahim jelas punya caranya sendiri untuk mewujudkan rencana balas dendamnya. Yes, she is, indeed, not your ordinary Princess.

Episode yang disiapkan bagi Ahim ini juga memiliki berbagai adegan kenangan akan Ahim dari Marvelous, Joe, Luka, dan Don. Dan bagi keempatnya, Ahim adalah sosok yang tak tergantikan karena mampu membawa kedamaian kepada empat orang yang sering ribut sebelum Ahim bergabung dengan mereka.🙂

Sama seperti episode yang menampilkan kisah masa lalu Luka, adegan battle dalam episode kali ini juga diiringi lagu “Pirates Girls” yang dibawakan oleh Gojo Mayumi dan Sister MAYO. Adegan pertempuran menghadapi Zatsurigu pun dibuat dengan (benar-benar) menampilkan Ahim sebagai karakter utama. Kali ini, Ahim ‘berganti-ganti’ pasangan dengan kelima bajak laut lainnya untuk mengalahkan Zatsurigu. Bersama Gai, ia berubah menjadi Go-on Wings. Setelahnya, ia dan Don berubah menjadi Gouraiger. Setelah itu, ia berubah menjadi Gosei Pink bersama dengan Luka yang berubah menjadi Gosei Yellow. Giliran berikutnya, ia berubah menjadi Deka Swan sedangkan Joe berubah menjadi Deka Master. Terakhir, Ahim dan Marvelous sama-sama berubah menjadi Shinken Red. Sungguh adegan yang brilian. Seakan masih belum cukup, kali ini Ahim yang dipercaya untuk menghabisi Zatsurigu dengan menggunakan Gokai Galleon Buster. Ketika Ranger Key Gokai Pink dimasukkan ke dalam slot, suara yang terdengar adalah… Pink Charge!!

Judul episode ini, “Nakushitakunai Mono” atau yang berarti Something I Don’t Want To Lose, di luar dugaan, ternyata berhubungan dengan keinginan Marvelous dan yang lainnya, bukan keinginan Ahim. Bagi Marvelous dan rekan-rekannya, senyuman Ahim merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena itulah, mereka tidak ingin kehilangan senyuman tersebut.

Terlepas dari berbagai hal yang sudah sebelumnya sudah saya sebutkan secara random… bahkan kelewat random dan rasanya malah mengacaukan ulasan ini, fokus dari episode ini adalah Ahim, pertalian yang lahir di antara dirinya dengan para bajak laut lainnya, serta posisinya di dalam Gokaiger. Dan selain menampilkan drama yang ditulis secara memikat, episode ini juga dibumbui dengan sedikit humor ringan yang menyegarkan dan (mungkin) sedikit gila di bagian awalnya. Dibandingkan dengan episode yang berkisah tentang masa lalu Luka, saya jelas lebih memilih episode ini. Bukan karena saya tidak menyukai Luka, tapi karena episode ini memang lebih menarik dibandingkan episode tentang masa lalu Luka.

My score for this episode: A+.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: