宇宙海賊の日記

December 19, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第43話 伝説の勇者に -review-

Episode 43 “Densetsu no Yuusha ni” (伝説の勇者に)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Katou Hiroyuki

Melanjutkan kisah tentang masa lalu Don Dogoier yang dibuka di episode 42, episode 43 menjawab rasa penasaran fans mengenai masa lalu Don yang dibuat begitu misterius di awal namun ternyata biasa saja. Seperti yang telah dinyatakan oleh penulis skenario Arakawa Naruhisa dalam wawancara yang dimuat di salah satu majalah edisi bulan September, Don Dogoier ternyata memang ‘hanyalah’ seorang pria berlatar belakang biasa yang bergabung dengan para bajak laut.

Rumor mengenai Don Dogoier, seorang pria legendaris yang telah membantai naga-naga jahat yang menghancurkan beberapa planet di seantero antariksa, dimentahkan oleh pengakuan Don kepada Navi di bagian awal episode 43. Ia mengaku kalau artikel dan foto yang dimuat di majalah Josei Seven yang dibaca oleh Ahim serta tanda lahir berbentuk bintang di lengan kirinya adalah buatannya sendiri. Ia melakukannya karena iseng. IMO, rasanya agak aneh ketika mendengar pengakuan Don mengenai keisengan tersebut, mengingat Don telah berhasil membangun image sebagai karakter yang lebih serius dibandingkan teman-temannya berkat skenario yang ditulis oleh Arakawa-sensei untuk episode 8.

Selain menampilkan pengakuan Don kepada Navi serta tamparan yang diberikan Navi kepada Don yang begitu pathetic setelah menyadari ia tinggal seorang diri, episode ini juga menampilkan adegan yang memperlihatkan sepak terjang Don ketika ia baru bergabung dengan Gokaiger dulu. Dari adegan kilas balik tersebut, kita jadi bisa mengetahui bagaimana awal mulanya Don memilih untuk menggunakan dua buah pistol untuk bertarung… lengkap dengan adegan pertarungan yang sedikit gila khas Don. Adegan kilas balik juga memperlihatkan bagaimana Don memperoleh Mobirates dan Ranger Key Gokai Green untuk pertama kalinya dari Captain Marvelous serta ‘pesan sponsor’ yang diberikan Marvelous kepada Don yang merasa kalau ia tidak bisa melakukan apa-apa sebagai seorang Gokaiger. “Lakukan saja apa yang bisa kamu lakukan.”

Seperti yang telah diketahui sebelumnya dari bocoran-bocoran cerita yang telah beredar jauh-jauh hari sebelum episode ini ditayangkan, penguasa tertinggi Uchuu Teikoku Zangyack, Akudosu Giru, yang kini memimpin langsung pasukan Zangyack, memerintahkan agar Captain Marvelous dieksekusi langsung di hadapan penduduk bumi. Tujuannya? Membunuh harapan penduduk bumi tentang para bajak laut yang dianggap sebagai penolong mereka, tentu saja. Dan, bisa ditebak, Don muncul untuk menyelamatkan Marvelous. Rasanya sedikit mengejutkan melihat Don memilih untuk muncul dari depan dan bukannya mencari ‘jalan belakang’ yang lebih aman untuk menyelamatkan Marvelous. Bahkan Marvelous, yang percaya kalau Don akan datang, pun terkejut ketika melihat Don datang dari depan. Adegan kedatangan Don, yang bermaksud untuk membuat dustanya tentang dirinya sebagai pahlawan legendaris menjadi kenyataan, terasa semakin heroik dengan tambahan vocal trackTsuwamono-tachi ~Uchuu Kaizoku no Theme~” yang dibawakan oleh salah satu penyanyi tokusatsu legendaris, Miyauchi Takayuki. A perfect choice for one of the most heroical scenes ever.

Sebuah ‘kejutan kecil’ juga dipersiapkan di dalam episode 43 ini. Ketika melihat Joe dan yang lainnya menghilang setelah diserang oleh Basco menjelang akhir episode 42, saya jadi bertanya-tanya siapa yang menyelamatkan mereka. Apakah mereka berhasil menyelamatkan diri mereka sendiri dengan cara yang tidak terduga? Di luar dugaan, Basco ternyata memilih untuk mengkhianati Damaras. Ketika ia melepaskan serangannya untuk menghabisi para bajak laut, Sally ternyata mulai bergerak untuk menyelamatkan mereka dari serangan Basco. Tentu saja, Basco punya maksud tersendiri di balik pengkhianatannya yang tak terduga itu. Ia ingin agar Gokaiger mengumpulkan kekuatan maha besar Super Sentai yang masih tersisa sehingga ia bisa merebutnya dari mereka kelak. Episode 43 juga mengkonfirmasikan keberhasilan Basco dalam memperoleh 2 kekuatan maha besar Super Sentai secara offscreen. Kali ini, ia berhasil memperoleh kekuatan maha besar dari Taiyou Sentai Sun Vulcan (1981) dan Chikyuu Sentai Fiveman (1990). Dengan keberhasilan ini, Basco telah mengumpulkan 5 kekuatan maha besar Super Sentai.

Bagian ter-epic dari episode ini, tentu saja, adalah adegan-adegan pertempuran antara Gokaiger dengan Damaras serta pasukan yang mendampinginya. Don, sebagai karakter yang menjadi pusat perhatian di episode ini, memperoleh porsi adegan pertempuran yang lebih banyak. Tapi tapi tapiiiii, tak ada yang mengalahkan adegan pertempuran ketika keenam orang bajak laut sudah berkumpul. Bahkan sejak adegan perubahan wujud saja sudah terlihat tanda-tanda kalau adegan pertempuran di episode ini bakalan menjadi sesuatu yang luar biasa dan istimewa. *orang yang nyaris mati sesak nafas melihat betapa kerennya ekspresi Ozawa Ryota sebagai Captain Marvelous yang sedang berubah wujud*
Salah satu bagian yang paling menarik dari adegan pertempuran di episode ini, pastinya, adalah perubahan wujud para bajak laut menjadi anggota Super Sentai berkostum hijau. Don berubah wujud menjadi Midoranger dari Himitsu Sentai Goranger, Marvelous berubah menjadi Denzi Green dari Denshi Sentai Denziman, Joe berubah menjadi Shinken Green dari Samurai Sentai Shinkenger, Luka berubah menjadi Shishi Ranger dari Gosei Sentai Dairanger, Ahim berubah menjadi Green Flash dari Choushinsei Flashman, dan Gai berubah wujud menjadi Shurikenger dari Ninpuu Sentai Hurricaneger. Adegan ini sedikit mengejutkan mengingat hal ini sama sekali tidak pernah dimunculkan dalam rumor yang beredar sebelumnya. Rumor yang ada malah menyebutkan tentang perubahan wujud All White dan All Pink.
Adegan yang menarik lainnya dari pertempuran di episode 43 adalah adegan pertempuran menghadapi Damaras yang dilakukan oleh Don dan Marvelous. Khas Don, adegan pertempuran berdua ini menampilkan banyak gerakan akrobatik.
Hal yang paling memuaskan dari adegan pertempuran kali ini adalah… TOEI memutuskan untuk menggunakan lagu pembuka “Kaizoku Sentai Gokaiger” sebagai battle song kali ini, sesuai dengan ekspektasi saya sejak jauh-jauh hari.

Damaras membuktikan diri sebagai salah satu lawan tertangguh bagi para bajak laut, meski saya sendiri masih menyesalkan kemunculan Damaras yang kelewat jarang dalam seri ini. Dibutuhkan satu kali Final Wave dan dua tembakan Rising Strike dari Gokai Galleon Buster untuk mengalahkan Damaras. Sama halnya seperti Ahim yang memperoleh kesempatan untuk menggunakan Gokai Galleon Buster di episode 41, Don pun memperoleh perlakuan yang sama. Rising Strike yang dilepaskan dari Green Charge-nya yang akhirnya menamatkan riwayat Damaras.

Adegan pertempuran mecha untuk episode ini juga dibuat istimewa. Karena, lagi-lagi, Damaras bukan lawan sembarangan, para bajak laut akhirnya melakukan summon atas semua kekuatan maha besar yang merupakan additional parts bagi Gokai-Ou untuk membantu mereka dalam mengalahkan Damaras. Dimulai dari Magi Dragon, Pat Striker, Gao Lion, Fuuraimaru, dan diakhiri oleh Machalcon, Gokaiger berhasil mengalahkan Damaras dengan menggunakan Kanzen Gokai-Ou yang dibantu oleh empat mecha lainnya.

Episode 43 ditutup dengan konklusi yang manis dan memuaskan. Sebagai seorang bajak laut yang dulunya hanyalah seorang pria biasa, Don benar-benar bersyukur karena ia dan teman-temannya bisa berkumpul lagi di meja makan untuk bersama-sama menikmati makanan yang ia siapkan. Sungguh suatu keinginan yang sederhana… sesuatu yang benar-benar khas Don, IMO. Selain itu, ia juga memperoleh pengakuan, setidaknya dari Ahim dan Gai, kalau ia memang seorang pemberani yang telah menyelamatkan Marvelous. Can’t expect something better than this conclusion, really.

IMO, episode ini berhasil mengungkap tuntas misteri masa lalu Don, identitasnya yang sesungguhnya, serta determinasi Don untuk menjadi seorang pemberani… setidaknya bagi rekan-rekannya. Dan bagi saya pribadi, episode 42 dan 43 merupakan dua dari episode-episode terbaik “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang pernah saya tonton… kalau boleh jujur, dua episode inilah yang duduk di posisi teratas saat ini. Yeah, I am that biased and obsessed, I know it clearly.

My score for this episode, of course, is another A+.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: