宇宙海賊の日記

December 26, 2011

海賊戦隊ゴーカイジャー 第44話 素敵な聖夜 -review-

Episode 44 “Suteki na Seiya” (素敵な聖夜)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Sakamoto Tarou

Episode ini merupakan episode terakhir “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada tahun 2011. Karena ditayangkan bertepatan dengan hari Natal, episode ini turut mengusung tema yang sama. Sayangnya, di luar dugaan, episode ini terasa cukup datar dan terkesan biasa-biasa saja. Memang ada beberapa bagian dari episode ini yang cukup menarik, hanya saja… kembali kepada statement awal saya tadi, rasanya datar. Bukan karena saya anti dengan Luka atau Gai – untuk saat ini, saya sedang menyimpan sentimen (negatif) saya terhadap mereka berdua di dalam kardus yang penuh debu di pojokan ruangan – tapi memang karena episode ini tidak membuat saya merasa bersemangat untuk mengulasnya.

Seperti yang sudah-sudah, bounty yang dipasang untuk kepala para bajak laut turut meningkat setelah salah satu petinggi Uchuu Teikoku Zangyack tewas. Pasca tewasnya Damaras, bounty untuk kepala Don Dogoier naik menjadi 300,000 Zagin. Jujur, rasa penasaran saya mengenai bounty yang akan diberikan bagi kepala Don Dogoier setelah Damaras tewas jauh lebih besar ketimbang antusiasme saya akan cerita yang ditawarkan di episode 44 ini. Dan, di luar dugaan, Navi juga turut menjadi buruan Zangyack meski bounty yang ditawarkan hanyalah… 50 Zagin.
Selain para bajak laut, Basco ta Jolokia kini juga diincar oleh Zangyack karena ia dianggap turut punya andil dalam tewasnya Damaras. Kepalanya dihargai 10,000,000 Zagin (WOW!) sedangkan Sally dihargai 50 Zagin.

Episode kali ini kembali menampilkan karakter Kodou-taichou atau Action Commander dari Zangyack yang, oh my God, hancur sehancur-hancurnya. Saingannya paling-paling cuma Jealoushitto saja. Seumur-umur jadi fans Super Sentai, sepertinya baru kali ini ketemu musuh yang jelas-jelas mengaku kalau dia adalah okama. Sepertinya sudah nggak bisa mengharapkan musuh yang lebih hancur dan rusak seperti Bibaboo, Kodou-taichou yang memiliki kemampuan untuk mengubah manusia menjadi boneka dengan menggunakan Biba Stick. Penampilannya… biasa saja sih, sebenarnya. Gayanya? Ampun!

Sedikit di luar dugaan, episode ini (kelihatannya) adalah tribute episode untuk Battle Fever J. Salah satu eks-anggota Battle Fever J, Akebono Shiro (yang diperankan oleh aktor tokusatsu legendaris, Ohba Kenji) muncul dalam episode ini dengan menggunakan penyamaran Sinterklas. Dan kebetulan banget para bajak laut berubah wujud dengan menggunakan Ranger Key Battle Fever J.

Setelah pada minggu sebelumnya disuguhi adegan perubahan wujud All Green, dalam episode ini kita disuguhi adegan perubahan wujud All Yellow. Nggak tahu kenapa, rasanya perubahan wujud kali ini biasa saja.
Perubahan wujud Gokai Silver menjadi Gokai Christmas dengan menggabungkan kekuatan dari Ranger Key Gokai Red dan Gokai Green juga rasanya terlalu dipaksakan dan sama sekali tak ada kesan istimewanya. Apakah cuma warna merah dan hijau saja yang identik dengan Natal? Entahlah…

Setelah di episode 2 kita disuguhi adegan perubahan wujud seorang remaja bumi menjadi Gokai Red, kali ini kita kembali disuguhi adegan perubahan seorang gadis bernama Sayo menjadi Gokai Yellow. Kesan saya? Biasa saja, nggak ada istimewanya sama sekali. Terkejut pun tidak.

Kalau episode ini mau dianggap sebagai tribute episode, kalau boleh jujur dan sedikit sadis, episode ini gagal. Sebagai episode Natal, episode ini memang cukup berhasil membawa aura Natal namun ceritanya tidak cukup kuat untuk menarik minat saya. Mungkin faktor 3 episode terdahulu memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk penilaian saya atas episode ini. 3 episode sebelum episode ini menawarkan cerita yang kuat dan menarik tentang masa lalu dua orang bajak laut… sedangkan episode ini nyaris tidak menawarkan sesuatu yang menarik. Just… plain. Semoga ke depannya tidak ada lagi episode yang kesannya sedikit dipaksakan demi menyesuaikan atmosfer dengan perayaan hari-hari tertentu. BTW, episode Natal-nya Kamen Rider Fourze masih lebih menarik ketimbang episode ini.

My score for this episode… C.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: