宇宙海賊の日記

January 9, 2012

海賊戦隊ゴーカイジャー 第45話 慌てん坊忍者 -review-

Episode 45 “Awatenbou Ninja” (慌てん坊忍者)
Skenario: Komura Junko
Sutradara: Watanabe Katsuya

Episode 45 merupakan episode pertama “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang ditayangkan pada tahun 2012. Sedikit di luar dugaan, episode ini adalah semi-recap episode yang digunakan untuk merangkum berbagai hal yang telah terjadi dalam 44 episode terdahulu. Selain sebagai semi-recap episode, episode ini juga ‘digunakan’ sebagai tribute episode untuk Ninja Sentai Kakuranger.

Dalam episode ini, para bajak laut mulai melakukan review atas kekuatan-kekuatan maha besar Super Sentai yang telah mereka kumpulkan. Dari 34 kekuatan maha besar yang harus diperoleh, 28 di antaranya berhasil dikumpulkan oleh Gokaiger, 5 lainnya jatuh ke tangan Basco ta Jolokia, dan 1 kekuatan maha besar yang terakhir belum dimiliki oleh kedua belah pihak yang bertikai. Apa yang terjadi di episode 40 ketika Domon, salah satu anggota Mirai Sentai Timeranger yang tinggal di abad 31, meminta para bajak laut untuk melindungi kuil Negakure menjadi petunjuk mengenai kekuatan maha besar milik Kakuranger. Secara cerdik, TOEI memberikan hint tentang tribute episode untuk Kakuranger lewat ‘penampakan’ vas berbentuk aneh yang digunakan untuk menyegel Ninjaman yang disimpan di dalam kuil Negakure. Lewat permainan suku kata pada nama kuil yang telah mereka lindungi, Gokaiger berhasil tiba pada kesimpulan kalau petunjuk untuk memperoleh kekuatan maha besar Kakuranger ada pada kuil Negakure.

Selain menampilkan Ninjaman, partner Kakuranger, dalam episode 45, TOEI juga menampilkan aktris Hirose Satomi yang dulu berperan sebagai Ninja White Tsuruhime dalam “Ninja Sentai Kakuranger”. Sekedar catatan, Hirose Satomi memegang rekor sebagai aktris termuda yang tampil sebagai heroine dalam genre Super Sentai. Sampai tahun 2012, rekornya belum terpecahkan. Ia terpilih untuk memerankan Tsuruhime, pemimpin Kakuranger, ketika ia masih berusia 13 tahun. 17 tahun kemudian, ia kembali diminta untuk memerankan Tsuruhime dalam usia 31 tahun. Sedikit disayangkan, Tsuruhime hanya muncul di bagian penutup episode 45. Tentunya bakal lebih seru seandainya Tsuruhime sempat bertemu dengan Gokaiger kan?

Episode 45 juga menampilkan berbagai adegan yang diambil dari episode 1-44. Salah satunya adalah adegan-adegan perubahan wujud Gokaiger menjadi 34 tim Super Sentai pendahulu mereka. Secara pribadi, saya sedikit menyayangkan keputusan TOEI untuk menjadikan episode ini sebagai semi-recap episode. Kenapa? Ketimbang menggunakan episode ini untuk merangkum dan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan Gokaiger kepada Ninjaman, akan lebih menarik seandainya episode ini dijadikan tribute episode untuk tim Super Sentai lainnya. Penjelasan mengenai Gokaiger dan semua yang berhubungan dengan mereka tentunya bisa dilakukan secara off-screen kan?

Secara keseluruhan, episode ini terasa biasa-biasa saja. Tentu saja, sejak kapan ada recap episode yang meninggalkan kesan bagus bagi penonton? Mungkin beberapa hal menarik yang ada pada episode ini hanyalah kemunculan Ninjaman dan Tsuruhime, All Blue transformation, dan All Lion transformation. Sisanya, episode ini hanya episode biasa yang useless yang tidak membawa kita ke arah manapun.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: