宇宙海賊の日記

January 23, 2012

海賊戦隊ゴーカイジャー 第47話 裏切りの果て -review-

Episode 47 “Uragiri no Hate” (裏切りの果て)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Watanabe Katsuya

Tak terasa, hanya tinggal lima episode “Kaizoku Sentai Gokaiger” yang tersisa. Dengan ditayangkannya episode 47 oleh stasiun televisi TV Asahi pada hari Minggu kemarin, berarti tinggal empat episode yang masih belum ditayangkan. Dan, seperti yang diharapkan oleh banyak pihak, cerita akhirnya memasuki bagian klimaksnya.

Dalam episode 47 dikisahkan kalau Gokaiger, yang telah berhasil memperoleh 29 dari 34 kekuatan maha besar Super Sentai yang ada, bertekad untuk menemukan Basco ta Jolokia dan merebut kembali lima kekuatan maha besar Super Sentai yang direbut oleh Basco. Akan tetapi, Basco ternyata memiliki pikiran yang sama. Kali ini, seperti biasanya, Basco duluan yang berhasil menemukan Gokaiger dan menyerang Gokai Galleon dengan mengerahkan dua Roid terakhir yang tersimpan di dalam tubuh Sally: Sunroid Solar dan Goldroid Geronpa.

Beberapa rumor yang berhubungan dengan Basco dan Sally sudah beredar di Internet jauh-jauh hari sebelum episode ini ditayangkan, namun apa yang terjadi sedikit di luar dugaan. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Basco mengkhianati Sally dengan cara melukainya. Alasannya, Sally tidak lagi berguna bagi Basco setelah ia tidak lagi memiliki stok Roid di dalam tubuhnya. Seperti apa yang sudah saya duga sebelumnya, para bajak laut membawa Sally ke Gokai Galleon untuk diobati. Dan saya juga sudah menebak kalau Sally bakalan mengambil kotak berisi Ranger Key ke hadapan Basco karena ‘pengkhianatan’ yang dilakukan oleh Basco adalah bagian dari rencana besarnya untuk memperoleh harta karun terbesar di seantero antariksa. Di luar dugaan, apa yang dilakukan oleh Basco dan Gokaiger terhadap dirinya membuat Sally terjebak di dalam dilema. Hal ini diperlihatkan jelas ketika Sally bingung apakah ia harus mengambil kotak tersebut atau tidak. Dan meski Sally akhirnya membawa kotak tersebut ke hadapan Basco, ia kembali terjebak dalam dilema ketika Gokaiger muncul dan memberitahunya kalau kotak tersebut palsu. Sally akhirnya mengambil keputusan tak terduga ketika ia harus memilih di antara Basco dan Gokaiger. Seorang teman lama yang mengkhianatinya atau musuh yang telah menyelamatkan nyawanya. Dan pilihan Sally adalah….

Plot episode 47, IMO, bergerak dengan kecepatan yang tinggi namun masih tetap dalam batas kewajaran. Nyaris tidak ada bagian yang terasa kedodoran meski cerita bergulir dengan cepat. Beberapa kejutan pun disiapkan untuk episode ini, seperti misalnya bagian Marvelous yang tidak sadarkan diri setelah terkena ledakan bom yang dipasang pada kalung yang diberikan oleh Basco kepada Sally. Saya tidak menduga kalau Marvelous, yang dengan jelas berkata kalau Gokaiger hanya akan merawat Sally di Gokai Galleon dan setelahnya melepaskan Sally, akan melakukan tindakan ‘gegabah’ dengan mencoba melepaskan kalung tersebut dari Sally. Mungkin memang ada semacam ‘pertalian nasib’ di antara Marvelous dan Sally yang sama-sama telah dikhianati oleh Basco.

Bagi saya pribadi, episode ini terasa seperti tribute episode kedua bagi Gosei Sentai Dairanger. Kenapa? Karena para bajak laut menggunakan jurus-jurus yang dulu digunakan oleh Dairanger ketika mereka bertarung menghadapi Basco. Mungkin akan lebih menarik kalau seandainya mereka juga menggunakan jurus-jurus dari Ninpuu Sentai Hurricaneger dan Seijuu Sentai Gingaman secara perorangan dan bukannya kolektif ketika menghadapi Basco. Ha ha ha, banyak maunyaaaaaaaa… tapi, meskipun adegan pertarungannya terasa cukup singkat, penggarapannya dibuat dengan apik.

Episode 47, as expected, digantung di bagian yang benar-benar gawat bagi Gokaiger. Gokai Galleon, 34 kekuatan maha besar Super Sentai, semua Ranger Key, dan Navi akhirnya jatuh ke tangan Basco. Bagaimana cara Navi meloloskan diri dari Basco? Sedikit hint, katanya, ada pada pisau pengupas buah yang dijatuhkan oleh Sally ketika ia hendak meraih buah yang ada di atas meja.

My score for this episode is, of course, another A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: