宇宙海賊の日記

January 30, 2012

海賊戦隊ゴーカイジャー 第48話 宿命の対決 -review-

Episode 48 “Shukumei no Taiketsu” (宿命の対決)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Watanabe Katsuya

Epic. Dramatis. Tragis. Apa lagi kata yang lain yang paling tepat untuk mendeskripsikan episode ini? Entahlah, saya rasa tiga kata tersebut sudah mewakili kesan saya terhadap episode ini.

Episode 48 merupakan episode kedua atau terakhir yang menutup bab tentang Basco ta Jolokia, karakter antagonis yang rasanya bahkan lebih antagonis ketimbang para karakter dari Uchuu Teikoku Zangyack yang notabene merupakan main villain dalam seri ini – yah, setidaknya sebelum karakter Akudosu Giru dan para imperial guards-nya muncul kalau kita tidak mau mengecilkan peran Zangyack dalam seri ini. Sebagai karakter antagonis, Basco jauh lebih meyakinkan ketimbang para karakter yang berasal dari Zangyack. Sayangnya, porsi kemunculan Basco sebagai karakter semi-reguler ‘memaksanya’ untuk lebih banyak bergerak di balik layar ketimbang beraksi di layar kaca setiap minggunya. Bisa dibilang, ‘nasib’ Basco kurang lebih sama dengan karakter Damaras yang juga memiliki kemampuan yang meyakinkan namun hanya turun tangan ketika penulis skenario merasa kalau sudah saatnya riwayat karakter itu ditamatkan.

Dalam episode ini, beberapa fakta mengenai Uchuu Saidai no Otakara atau harta karun terbesar di seluruh antariksa mulai dibeberkan. Quite shocking, in my own opinion. Siapa sangka kalau Navi ternyata adalah pintu gerbang menuju ke Uchuu Saidai no Otakara? Basco akhirnya memberitahukan fakta mengejutkan tersebut kepada Navi dan Gokaiger ketika mereka semua berada di Gokai Galleon. Fakta tak terbantahkan kalau Navi adalah robot burung yang dapat bergerak tanpa sumber energi apapun merupakan petunjuk kalau Navi merupakan ‘makhluk’ istimewa di seluruh antariksa yang memegang peranan penting untuk mencapai harta karun yang, konon, nilainya setara dengan antariksa itu sendiri.

Fakta mengejutkan lain adalah mengenai Uchuu Saidai no Otakara itu sendiri dan kisah yang sebenarnya di balik harta tersebut. Konon, menurut Basco, Aka Red telah membohongi dirinya dan Captain Marvelous tentang harta karun yang sangat berharga. Aka Red sebenarnya hanya bermaksud mengumpulkan semua Ranger Key yang tersebar ke seantero antariksa dan mengembalikan semua kekuatan tersebut kepada para pemiliknya yang sah sehingga mereka bisa berubah wujud lagi. Akan tetapi, bagi Gokaiger, terutama Marvelous – yang telah melepaskan atributnya sebagai anggota Akaki Kaizoku-dan, Uchuu Saidai no Otakara adalah mimpi mereka.

Hal mengejutkan lain yang ditawarkan episode ini adalah kenyataan tentang apa yang terjadi di episode 47 ketika bom yang dipasang oleh Basco (pada kalung yang dikenakan oleh Sally) meledak. Sally, yang akhirnya menyadari perasaan Gokaiger, memutuskan untuk mengorbankan dirinya sendiri dengan memasukkan kalung berisi bom ke dalam pintu dimensi yang terdapat di bagian perutnya sendiri. Berkat ‘jasa’ Sally, Marvelous selamat. Dan Sally menyelamatkan Marvelous sekali lagi ketika Marvelous bertarung mati-matian menghadapi Basco. Marvelous, yang dihadapkan pada situasi yang sangat tidak menguntungkan karena ia ‘hanya’ bersenjatakan pedang sementara Basco bersenjatakan pistol, selamat karena peluru yang ditembakkan Basco mengenai bagian dari kalung Sally yang dibawa oleh Marvelous. Bagi saya, inilah yang saya sebut sebagai bagian ‘tragis’ dari episode ini. Basco memberikan kalung tersebut kepada Sally dan berkata kalau kalung tersebut adalah pelindung. Sally terbunuh gara-gara kalung tersebut namun pecahan kalung tersebut malah menyelamatkan nyawa Marvelous. Kalau bukan ‘tragis’, entah apa kata yang cocok untuk mendeskripsikan makna dari kalung ini.😛

Selain menghadirkan drama dan tragedi dalam komposisi yang pas, episode ini juga menghadirkan beberapa adegan pertempuran yang… epic! Adegan pertempuran antara para bajak laut dengan Ranger Key Gokaiger yang di-summon oleh Basco adalah salah satu adegan pertempuran yang paling menarik yang pernah dibuat. Dengan konsep Ranger Key yang bisa dimaterialisasi oleh Basco dan digunakan sebagai kugutsu atau boneka, adegan seperti ini memang harus dimunculkan untuk episode yang krusial seperti ini. Rasanya seperti melihat heroes dan heroines yang bertarung dengan alter-ego mereka sendiri-sendiri.

Adegan ketika Joe, Luka, Don, Ahim, dan Gai berubah wujud menjadi Denzi Red, Ginga Red, Gosei Red, Magi Red, dan Deka Red untuk bertarung menghadapi Gokai Red juga terasa menarik. Kapan lagi bisa melihat pertarungan seperti ini kalau konsep Ranger Key tidak ada?

Tentu saja, bagian yang paling ‘gila’ dari episode ini muncul ketika Marvelous bertarung untuk yang terakhir kalinya dengan Basco. Sekali lagi, Marvelous menunjukkan sisi reckless-nya ketika ia berusaha menghentikan pergerakan Basco. Dalam wujud Gokai Red, ia menginjak kaki Basco dan menusukkan pedang ke kakinya sendiri sehingga ia dan Basco sama-sama tidak bisa bergerak. Mungkin tak ada yang lebih gila ketimbang kapten yang satu ini. Secara keseluruhan, adegan pertempuran one-on-one antara Marvelous dengan Basco bisa dikatakan impresif. Tapi menjelang berakhirnya pertempuran tersebut, tension-nya jadi semakin meningkat.

Jujur, episode ini melebihi ekspektasi saya. Ketika menyaksikan preview episode ini minggu lalu, saya berharap bakal ada adegan pertempuran enam lawan satu yang kolosal tapi yang saya dapatkan adalah adegan pertempuran satu lawan satu yang malah lebih kolosal lagi. Dan saya masih ingat betapa excited-nya saya ketika Marvelous masuk ke dalam pertempuran dengan iringan BGM “Kaizokuki wo Agero!” yang terasa megah itu… atau ketika Basco akhirnya takluk dan BGM “Kaizoku no Hokori wo Kakete” diputar…. I don’t think I can forget this episode easily, really.

Of course, my score for this impressive episode is another A+. I would consider myself crazy if I scored this episode with ‘only’ B.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: