宇宙海賊の日記

February 6, 2012

海賊戦隊ゴーカイジャー 第49話 宇宙最大の宝 -review-

Episode 49 “Uchuu Saidai no Takara” (宇宙最大の宝)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Takemoto Noboru

Akhirnya, seri Super Sentai yang ke-35 memasuki chapter terakhirnya yang dirangkum dalam 3 episode mulai dari episode 49 sampai dengan episode 51. Dalam episode pembuka chapter terakhir ini, penulis skenario Arakawa Naruhisa dengan royal membeberkan berbagai fakta mengejutkan – yang sebenarnya tidak bisa dikatakan mengejutkan karena sebagian besar fakta tersebut sudah bocor terlebih dahulu di berbagai forum Internet dan scan dari majalah-majalah yang sudah dibagi – mengenai berbagai hal yang ada di dalam universe Super Sentai. Bagi saya, episode ini lebih cocok disebut sebagai episode pembuktian atas rumor-rumor yang santer beredar selama beberapa minggu terakhir.

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Basco ta Jolokia di episode 48, Navi adalah pintu yang akan membawa siapa saja yang berhasil mengumpulkan ke-34 kekuatan maha besar Super Sentai dan memiliki seluruh Ranger Key untuk tiba di Uchuu Saidai no Otakara atau harta karun terbesar di seantero antariksa. Kenapa Ranger Key dibutuhkan? Karena pintu untuk menuju ke harta karun tersebut digembok dengan menggunakan 34 buah gembok yang hanya bisa dibuka dengan Ranger Key para senshi berkostum merah.

Hal lain yang dikonfirmasi dalam episode ini adalah, tentu saja, harta karun terbesar di seantero antariksa. Harta karun yang konon nilainya setara dengan seluruh isi jagat raya tersebut menyimpan ishii atau will atau ‘keinginan’ Bumi di dalamnya. Harta karun tersebut dapat mengabulkan segala macam permintaan, mulai dari menghidupkan kembali planet yang telah hancur sampai membangkitkan kembali orang-orang yang telah meninggal dunia. Bahkan harta karun tersebut dapat menciptakan sebuah dunia yang aman dan damai tanpa Uchuu Teikoku Zangyack. Amazing, huh? Tapi penulis skenario Arakawa Naruhisa dan TOEI tentu tidak dengan mudahnya memberikan kesempatan kepada Gokaiger untuk mewujudkan keinginan mereka. Ada harga yang sangat mahal yang harus dibayar untuk dapat menggunakan harta karun tersebut. Apakah itu? Tak lain dan tak bukan, eksistensi dari 34 tim Super Sentai yang kekuatannya membentuk harta karun terbesar di seantero antariksa itu. Seandainya harta karun tersebut digunakan, eksistensi dari 34 tim Super Sentai pendahulu Gokaiger akan terhapus dari sejarah. Dengan cerdik (dan sedikit licik), Gokaiger ‘ditempatkan’ pada sebuah dilema. Pedang bermata dua, itulah wujud yang sesungguhnya dari harta karun terbesar di seantero antariksa. Apakah para bajak laut akan mengorbankan 34 tim Super Sentai pendahulu mereka demi memperoleh apa yang mereka inginkan?

Selain menampilkan fakta tentang Navi dan Uchuu Saidai no Otakara, episode 49 juga bisa disebut sebagai tribute episode untuk lima tim Super Sentai sekaligus: Taiyou Sentai Sun Vulcan, Dengeki Sentai Changeman, Choushinsei Flashman, Hikari Sentai Maskman, dan Chikyuu Sentai Fiveman. Kali ini, lima orang ‘perwakilan’ dari lima tim Super Sentai yang kekuatan maha besarnya dirampas oleh Basco muncul untuk menyerahkan kekuatan maha besar mereka secara resmi kepada Gokaiger. Unfortunately, cara yang digunakan untuk menyerahkan kekuatan secara kolektif itu sama seperti apa yang terjadi di movieGokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen“.

Tidak hanya itu, episode 49 juga digunakan untuk ‘membunuh’ karakter Insarn. Dalam pertempuran menghadapi Insarn, para bajak laut berubah wujud menjadi Vul Eagle, Change Gryphon, Green Flash, Blue Mask, dan Five Yellow yang mana wujud manusia dari para senshi tersebut muncul di hadapan Gokaiger untuk menyerahkan kekuatan maha besar mereka. Bagian yang paling menarik dari pertempuran di episode ini, IMO, ada pada versi instrumental dari opening theme masing-masing seri yang digunakan sebagai BGM. So nostalgic.

Episode 49 ditutup dengan kemunculan pasukan Zangyack dalam jumlah yang melebihi jumlah yang datang ke bumi dalam Legend Taisen bab pertama yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Seluruh pasukan Zangyack yang tersebar di seluruh penjuru jagat raya berkumpul di bawah komando dari penguasa Zangyack dan siap melakukan penyerbuan besar-besaran.

Plot episode 49 bergerak dengan cepat namun masih tetap menarik untuk diikuti karena berbagai hal yang menggantung akhirnya dijawab di episode ini. Kehadiran beberapa karakter dari seri pendahulu, as expected, menambah warna episode ini meski memang durasi kemunculan mereka sedikit terlalu singkat.

My score for this episode: A.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: