宇宙海賊の日記

February 13, 2012

海賊戦隊ゴーカイジャー 第50話 決戦の日 -review-

Episode 50 “Kessen no Hi” (決戦の日)
Skenario: Arakawa Naruhisa
Sutradara: Takemoto Noboru

Hanya ada satu pendapat yang terlintas di dalam benak saya setelah menyaksikan episode ini subuh tadi. EPIC. Meski beberapa bagian dari episode ini sudah bisa ditebak, cara penulis skenario Arakawa Naruhisa membangun cerita dan ketegangan terasa sangat solid. That’s a veteran writer for you, I guess.

Episode 50 dibuka dengan adegan pertempuran antara Gokaiger dan pasukan kapal tempur Uchuu Teikoku Zangyack yang selama ini tersebar di seluruh penjuru antariksa dan kini telah berkumpul di bumi serta siap untuk melakukan penyerbuan besar-besaran yang skalanya melebihi Legend Taisen yang terjadi beberapa tahun silam. Durasi untuk adegan pertempuran mecha dalam episode ini sedikit lebih lama dibandingkan dengan adegan pertempuran mecha yang selama ini disajikan kepada fans. Menurut saya, adegan pertempuran mecha yang ditampilkan kali ini termasuk yang terbaik. Dalam kesempatan kali ini, Gokaiger menggunakan HAMPIR SEMUA kekuatan maha besar yang bisa mereka gunakan pada Gokai-Ou dan Goujuujin. Magi Dragon, Pat Striker, Gao Lion, Fuuraimaru, dan Machalcon yang merupakan wujud kekuatan maha besar Super Sentai yang memiliki bentuk fisik dan dapat digunakan sebagai additional parts pada Gokai-Ou digunakan dalam pertempuran kali ini. Selain itu, masih ada lagi Gosei Headders dan Geki Beasts yang turut digunakan untuk menghadapi kapal-kapal tempur Zangyack yang memenuhi langit. Sedikit di luar dugaan, ada beberapa kekuatan maha besar yang lain yang juga dapat digunakan pada Gokai-Ou. Pada kesempatan langka ini, Gokaiger menggunakan kekuatan maha besar dari Kagaku Sentai Dynaman dan Chojin Sentai Jetman untuk meningkatkan kemampuan Gokai-Ou. Salah satu formasi eksklusif yang hanya pernah digunakan sekali di movie “Gokaiger Goseiger Super Sentai 199 Hero Daikessen, Goren Gokai-Ou yang merupakan formasi penggabungan dari Gokai-Ou dan Variblune, akhirnya turut dimunculkan dalam seri televisi. Salah satu harapan saya akhirnya terkabulkan di episode ini!

Inti dari cerita episode 50, menurut saya, adalah kebimbangan yang muncul pada diri para bajak laut serta jawaban yang muncul dari dalam diri mereka setelah dikalahkan oleh pasukan Zangyack. Pasca kekalahan telak dari pasukan kapal tempur Zangyack yang menyebabkan Gokai Galleon rusak berat dan tak dapat digunakan lagi, Gokaiger kembali berpikir untuk menggunakan Uchuu Saidai no Otakara untuk menciptakan kembali jagat raya tanpa Zangyack. Tentu saja, mereka tahu kalau ada harga yang sangat mahal yang harus mereka bayar untuk itu: terhapusnya eksistensi 34 tim Super Sentai dari sejarah. Penulis skenario Arakawa Naruhisa dengan piawai menciptakan plot yang, bisa dikatakan, sedikit twisted untuk bagian ini. Lewat berbagai pertemuan dengan beberapa karakter yang berasal dari seri pendahulu dan episode terdahulu, Gokaiger akhirnya membulatkan tekad mereka untuk melakukan sesuatu. Selesai sampai di sini saja? Tentu saja tidak. Para bajak laut yang berasal dari luar angkasa: Marvelous, Joe, Luka, Don, dan Ahim menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana semangat dari 34 tim Super Sentai pendahulu mereka telah merasuk ke dalam diri beberapa orang yang mereka temui. Pertemuan berharga tersebut menyadarkan mereka kalau eksistensi Super Sentai merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi manusia bumi. Karena alasan itulah, mereka memutuskan untuk tidak menggunakan Uchuu Saidai no Otakara. Di lain pihak, Gai yang bertemu dengan Goushi, yang dulu bertarung sebagai Mammoth Ranger dan merupakan bagian dari Kyouryuu Sentai Zyuranger, diminta untuk menggunakan Uchuu Saidai no Otakara untuk menciptakan sebuah dunia tanpa Zangyack. Gai, yang amat sangat mencintai Super Sentai dan berasal dari bumi, menghadapi dilema di sini. Ia memutuskan untuk menuruti keinginan 34 tim Super Sentai yang disampaikan lewat Goushi. Secara pribadi, saya menganggap bagian ini merupakan bagian yang menunjukkan bagaimana para bajak laut mencapai kedewasaan dan kematangan mereka. Marvelous, Joe, Luka, Don, dan Ahim akhirnya menyadari arti dari Super Sentai serta nilai dari planet bumi yang merupakan rumah bagi 34 tim Super Sentai. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk menerima masa lalu mereka yang pahit yang rusak karena ulah Zangyack. Kedewasaan mereka tampak dengan jelas di bagian ini. Di sisi lain, Gai berhasil mencapai kedewasaannya dengan kerelaannya menggunakan Uchuu Saidai no Otakara meski hal tersebut berarti menghapuskan eksistensi Super Sentai yang sangat dicintainya. This part was so well written, really.

Keputusan mana yang akan diambil? Sejak awal, saya sudah menduga kalau Gokaiger akan memilih untuk tidak menggunakan Uchuu Saidai no Otakara. Saya yakin seyakin-yakinnya kalau mereka bakal memilih jalan yang paling ekstrim untuk menghadapi Zangyack. Bagian yang di luar dugaan saya adalah ketika mereka memberikan kesempatan kepada Gai untuk menghancurkan Uchuu Saidai no Otakara. A bit shocking.

Bagian lainnya yang menurut saya amat breathtaking adalah bagian ketika para bajak laut muncul di hadapan Dyrandoh yang memimpin pasukan Zangyack yang siap membantai manusia bumi. Pada bagian ini, Joe, Luka, Don, dan Ahim mengucapkan kalimat yang sama dengan kalimat yang pernah mereka ucapkan ketika mereka bertarung untuk pertama kalinya menghadapi pasukan Zangyack di bumi. So nostalgic. Bagian ini jelas dibuat untuk mengingatkan para penonton pada adegan dari episode 1. Lalu, ucapan Marvelous tentang Super Sentai yang siap mengorbankan nyawa mereka demi melindungi bumi… so epic and touching. Apalagi ketika opening theme “Kaizoku Sentai Gokaiger” diputar pada adegan ini. 200% breathtaking. *is obviously biased*

Jujur, episode 50 melebihi ekspektasi saya. Sejak jauh-jauh hari, saya sudah tahu kalau Goushi bakal muncul di episode ini. Tapi saya tidak menyangka kalau tension yang dipasang untuk episode ini jauh lebih tinggi ketimbang apa yang saya harapkan. Semoga saja hal ini bisa dijadikan pertanda kalau episode terakhir seri ini bakal lebih menarik lagi. Alangkah sayangnya kalau ternyata episode terakhir dibuat lebih ‘tidak menggigit’ dibandingkan episode 50 ini.

My score for this episode is, obviously, an A+.

「命を懸けてこの星を守る! それがスーパー戦隊ってもんだろ」 – マーベラス

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: